5 Menu Diet Sehari-hari yang Mudah Dimasak di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Silmia|Mei 8, 2020

Meracik menu diet memang susah-susah gampang. Di satu sisi kita butuh makanan sehat, di sisi lain kita juga tetap membutuhkan yang memanjakan lidah. Kamu punya pengalaman yang sama?

Untuk menyiasati hal tersebut, kita bisa melakukan diet secara pelan-pelan. Kamu bisa berkomitmen untuk memilih diet mana yang cocok untukmu. Apakah kamu ingin mengurangi asupan gula? Atau mungkin kamu ingin mencoba mengurangi daging-dagingan? Berikut ini ada beberapa menu diet sehat yang bisa kamu coba di rumah!

1. Resep gado-gado

Kita mulai dari yang sajian yang tak asing di lidah kita, gado-gado. Sajian khas Betawi ini bisa dikategorikan makanan sehat karena didominasi oleh sayuran. Ya, makanan ini juga bisa disebut saladnya orang Indonesia, lho. Sayuran pada gado-gado juga tidak melalui proses masak yang berlebihan. Sayuran seperti kol, kentang, dan selada hanya direbus saja.

Tak hanya di Jakarta, kita juga bisa menemukan gado-gado khas Surabaya. Sajiannya tak jauh berbeda, hanya saus kacangnya lebih encer saja. Yuk, lihat resep gado-gado khas Surabaya yang pernah kami buat sebelumnya!

2. Menu diet dari quinoa

Jika ingin mencoba hidangan sehat berbeda, racikan quinoa ini bisa jadi pilihan. Keluarga biji-bijian menjadi salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat. Jika kamu ingin mengurangi asupan gula atau karbohidrat simpel, quinoa bisa jadi solusinya.

Quinoa biasanya dijual di supermarket, tapi sekarang juga bisa kamu beli secara online di berbagai platform e-commerce. Khusus untuk resep quinoa satu ini, kita memasukkan bahan makanan sehat lainnya seperti chickpea atau kacang Arab yang kaya protein hingga zucchini yang sudah kita kenal.

3. Paprika isi daging

Sepiring paprika isi daging dan nasi adalah menu komplet yang unik
Resep paprika isi daging asam manis bisa dibuat di rumah sebagai sajian unik yang sehat. (Foto: Shutterstock)

Ingin menambah asupan energi dari daging-dagingan? Yuk, kita coba resep paprika isi daging ini! Tak hanya rasanya yang mewah, penampilan paprika isi daging ini juga menggugah selera. Diet jadi tak terasa berat.

Sajian daging jadi makanan wajib penganut diet keto. Alih-alih dari nasi atau kentang, mereka memilih lemak sebagai salah satu sumber energinya. Jika kamu penganut diet yang sama, kamu bisa memilih menu paprika isi daging yang lezat ini.

4. Tempe katsu kari

Kamu memilih untuk menghindari daging-dagingan? Berbada dengan diet keto, vegetarian justru menghindari segala jenis daging dan produk turunannya. Mereka meyakini, bahwa protein bisa didapatkan dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Nah, jika kamu sedang menghindari daging-dagingan tapi tetap ingin makan enak, kamu bisa berinovasi membuat tempe katsu kari. Ya, katsu ini tidak terbuat dari daging ayam tapi tempe. Bagaimana membuatnya? Yuk, lihat resep tempe katsu kari ini!

5. Otak otak kukus

Untuk camilan sehat tanpa minyak, kamu bisa memilih resep otak-otak kukus ini. Otak-otak kukus terbuat dari ikan tenggiri yang kaya akan protein dan omega-3. Ikan tersebut dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu yang tidak mengandung gluten.

Adonan tersebut kemudian kita balut dengan daun pisang dan dikukus. Jadi, kita tidak perlu makanan yang digoreng untuk mendapatkan camilan gurih dan lezat. Yuk, kita coba!

Demikian lima menu diet yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Tetap perhatikan kebutuhan tubuhmu , ya, dan terapkan pola makan seimbang!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.