4 Ide Masakan dengan Telur Setengah Matang | Masak Apa Hari Ini?

4 Ide Masakan yang Lezat Dipadukan dengan Telur Setengah Matang

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Agustus 28, 2021

Tidak dipungkiri lagi kalau telur adalah bahan makanan yang paling serbaguna, bercita rasa lezat, dan gampang diolah, dan harganya terjangkau. Maka tak heran bila telur menjadi favorit banyak orang. Di antara sekian olahannya, salah satu yang menjadi favorit adalah telur setengah matang. Tak hanya dinikmati langsung, telur setengah matang ternyata bisa dipadukan dengan berbagai macam hidangan lezat.

Aneka masakan dengan telur setengah matang

Apa saja yang ide yang bisa kita coba untuk akhir pekan? Berikut adalah di antaranya!

1. Ramen

Semangkuk ramen sayur dengan telur setengah matang.
Apapun jenis ramen-nya, pastikan untuk melengkapinya dengan telur setengah matang. (Foto: Shutterstock)

Masakan khas Negeri Sakura yang kini tengah digandrungi di Indonesia ini dikenal karena kekayaan topping dan macam-macam kuahnya. Segala jenis sayuran ataupun daging bisa menjadi topping masakan ikonik yang satu ini, begitupun tentunya telur setengah matang.

Baik menggunakan kuah shoyu, shio, ataupun toripaitan, ramen adalah kawan sejatinya telur. Dinamakan onsen tamago (telur pemandian air panas) dikarenakan dahulunya telur direbus pada suhu yang tepat sama dengan air pemandian panas. Hasilnya adalah telur yang lembut bagian putihnya, namun kuning telurnya masih meleleh. Sebuah hasil yang sedikit berbeda apabila direbus dengan menggunakan air mendidih. Jadi siapkan resep ramen favoritmu di rumah dan jangan lupa padukan dengan telurnya, ya!

2. Kaya Toast

Kopi, roti bakar, dan telur setengah matang disajikan.
Roti bakar khas Singapura ini paling pas disandingkan dengan telur setengah matang. (Foto: Shutterstock)

Roti bakar dan telur adalah kawan sejati. Biasanya, roti bakar yang kita nikmati diisikan telur goreng ataupun scrambled eggs dan dinikmati saat sarapan. Begitupun juga orang Singapura dengan kaya toast-nya yang terkenal. Roti bakar yang diisikan selai kaya dan mentega ini biasanya dipadukan dengan kopi atau teh, serta tentunya telur setengah matang!

Tak jarang gerai yang berjualan sarapan di Singapura khususnya, hanya berspesialisasi menjual panganan yang sangat nikmat ini. Hadirnya telur setengah matang juga tidak tanggung-tanggung, lho, langsung dua butir. Tambahkan dengan sedikit kecap asin, aduk, dan nikmati!

3. Bubur Ayam

Dari bubur ayam khas Bandung, bubur ayam Cianjur, sampai bubur ayam Hainan, semuanya pas dipadukan dengan telur setengah matang. Bicara soal bubur, bahkan ada juga yang menggemarinya bila digabungkan dengan telur mentah serta tentunya telur rebus matang. Jadi tak perlu cari jauh-jauh lagi untuk ide menu sarapan besok, langsung saja cek resep-resep tadi di Masak Apa Hari Ini!

4. Big Breakfast

Penggemar makan pagi gaya Eropa pasti kenal dengan yang namanya Big Breakfast atau English Breakfast. Pada dasarnya, makanan yang satu ini bisa terdiri dari berbagai macam elemen di dalamnya. Kesemuanya bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan di dapur, begitupun untuk cara masaknya.

Misalnya kita bisa persiapkan roti bakar, baked beans, tomat panggang, tumisan jamur, tumisan kentang, sosis goreng, serta tentunya telur. Biasanya Big Breakfast menggunakan scrambled eggs, tapi telur setengah matang juga tentu menarik untuk ditambahkan. Pastikan untuk mencobanya, ya!

Kandungan gizi pada telur

Selain ide olahannya, sekalian kita bahas juga apa saja sih kandungan gizi dalam telur itu, yuk!

Telur adalah bahan makanan hewani dengan kandungan gizi yang ternyata cukup lengkap. Putih telur adalah makanan rendah kalori dan bebas lemak. Selain itu, putih telur juga adalah sumber protein yang mengandung riboflavin, magnesium, kalium, dan natrium. Sementara kuning telur mengandung proporsi vitamin yang lebih tinggi dari bagian putihnya, di antaranya adalah vitamin B6 dan B12, vitamin A, D, E, K, asam folat, asam pantotenat, dan thiamin. Kuning telur juga mengandung lebih banyak kalsium, mangan, fosfor, selenium, dan seng daripada putih telur1.

Selalu seru bila membahas soal telur, bukan? Ada saja kreasi dan ilmu yang kita dapatkan dari protein murah meriah yang satu ini. Selamat memasak!


Sumber:

  1. North Carolina Egg Association. Yolks vs Whites. Diambil dari https://ncegg.org/egg-nutrition-center/yolks-vs-whites/. Diakses pada 24 Agustus 2021
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.