Jenis Masakan


5 Masakan yang Cocok Dihidangkan di Hari Kemerdekaan Indonesia

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Agustus 17, 2019

Lomba makan kerupuk hingga pawai tumpeng menjadi perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Kegiatannya ramai diikuti dari pedesaan hingga berbagai sudut kota-kota besar. Anak-anak, bapak-bapak, hingga ibu-ibu turut berpartisipasi, sehingga momen spesial ini memang selalu terkenang.

Tak hanya ikut lomba, biasanya di Hari Kemerdekaan Indonesia, para ibu juga diminta untuk menghadirkan masakan spesial. Kali ini, tim MAHI menghadirkan beberapa resep masakan yang cocok dihidangkan untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Apa sajakah itu?

1. Nasi tumpeng hari kemerdekaan Indonesia

Tak sah rasanya jika merayakan 17 Agustus tanpa kehadiran nasi tumpeng. Selain disajikan untuk dimakan bersama, lomba tumpeng sering dihelat antar RT dan RW. Filosofi tumpeng juga sangat mendalam. Nasi yang berbentuk kerucut melambangkan gunung, dan lauk pauk yang melingkarinya mewakili sumber daya alam di Indonesia.

Orek tempe dan urap sayur melambangkan kekayaan tanaman di Indonesia. Ada pula ayam goreng serta sambal ikan teri yang mewakili kekayaan hewani di negeri ini. Hidangkan makanan Hari Kemerdekaan yang lezat dengan resep tumpeng dari MAHI!

2. Ayam tuturuga

Ayam tuturuga siap untuk dinikmati.
Ayam tuturuga cocok dihidangkan di Hari Kemerdekaan. (Foto: MAHI)

Selain tumpeng, kita juga bisa menghadirkan masakan tradisional lainnya. Salah satu olahan yang pas untuk Hari Kemerdekaan Indonesia adalah Ayam Tuturuga. Masakan khas Sulawesi Utara ini cukup populer karena memiliki rasa pedas yang lezat dan meresap.

Ayam Tuturuga sekilas memiliki penampakan yang mirip opor ayam. Perbedaannya terletak pada muatan cabai yang lebih melimpah dan daun kemangi yang harum. Lihat cara membuatnya pada resep ayam tuturuga.

3. Nasi tutug oncom

Hidangkan sesuatu yang unik tapi tetap tradisional seperti nasi tutug oncom. Makanan khas Sunda ini memiliki cita rasa yang khas, dan cocok disantap bersama di Hari Kemerdekaan. Popularitasnya memang tidak setinggi nasi kuning dan nasi uduk, tapi justru bisa memberikan pengalaman berbeda untuk para tamu.

Cara membuat nasi tutug oncom relatif sederhana. Kita hanya memerlukan oncom berkualitas baik, kencur, dan nasi yang pulen. Lauk yang pas untuk mendampingi tutug oncom adalah ayam goreng, tahu, dan tempe. Tak sulit, kan, mendapatkannya?

4. Bubur merah putih

Menyajikan bubur merah putih.
Sepiring bubur merah putih yang lezat. (Foto: MAHI)

Beralih ke kudapan manis, salah satu masakan yang cocok dihidangkan adalah bubur merah putih. Biasanya, bubur merah putih dibuat saat menyambut kelahiran anak sebagai ungkapan rasa syukur. Meski namanya bubur merah putih, sebenarnya warna bubur bercita rasa manis ini lebih ke cokelat dan putih.

Ciri khasnya ada pada tekstur bubur beras yang kental dengan rasa manis dari gula merah dan wangi dari pandan. Simak resep bubur merah putih untuk dihidangkan saat acara 17 Agustus!

5. Kue lumpur

Untuk camilannya, kita bisa menghadirkan kudapan tradisional seperti kue lumpur. Camilan ini biasanya disajikan di atas wadah anyaman bambu dengan daun pandan, bersama kue tradisional lainnya seperti kue apem dan kue talam. Adonan yang lembut mirip martabak, membuat kue lumpur disukai banyak orang.

Agar lebih hemat, kita bisa membuat kue lumpur sendiri di rumah. Kita juga bisa berkreasi meracik kue lumpur yang berbeda. Simak resep kue lumpur spesial yang menggunakan Royco Kaldu Ayam dan tumisan ayam. Ciptakan momen Hari Kemerdekaan yang istimewa!

Karena biasanya makanan yang dibuat untuk Hari Kemerdekaan disantap bersama-sama, perhatikan jumlah porsi agar tak ada yang kehabisan. Siap mencobanya? Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.