5 Makanan Khas Korea Selatan yang Bisa Kamu Buat di Rumah

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|November 3, 2020

Popularitas makanan khas Korea Selatan kini sudah sedemikian meroket. Tidak heran kalau bahkan ia menandingi populernya kuliner Negeri Sakura yang lebih dahulu dikenal di Indonesia. Setidaknya ini dapat dibuktikan dari betapa banyaknya usaha kecil hingga restoran yang muncul beberapa tahun belakangan yang menjajakan begitu banyak makanan khas Korsel.

Sejatinya makanan khas Korea Selatan tidak serumit masakan negeri kita. Hanya saja memang banyak di antaranya yang menggunakan bumbu khas yang spesifik. Itupun kini sudah banyak yang dijual dalam bentuk kemasan di supermarket. Serunya lagi, banyak yang sudah semakin percaya diri untuk memasaknya di rumah. Nah, kapan nih giliran kamu?

Yuk, langsung saja kita simak ide-ide masakan yang layak coba akhir pekan ini!

1. Gimbap atau Kimbap, makanan khas Korea Selatan asal Jepang

Kimbap berbentuk mirip seperti sushi roll khas Jepang yang dibalut dengan rumput laut dan diisikan berbagai bahan. Meskipun masih ada yang mendebatkan asal usulnya, tentu publik Korea tidak lupa kalau dahulunya kimbap sempat dikenal sebagai norimaki.

Bahan-bahan yang biasa diisikan antara lain adalah takuan atau lobak yang dimaniskan, daging sapi, crab stick, ataupun kimchi, bulgogi, sayuran jenis lainnya, hingga keju. Selain dengan isian yang bermacam-macam ini, bentukan kimbap bisa bermacam-macam pula seperti misalnya menyerupai onigiri. Menariknya, snack yang satu ini juga dikonsumsi di negara tetangganya yaitu Korea Utara.

2. Japchae, mirip dengan bihun goreng

Japchae disajikan dalam mangkuk hitam.
Suun goreng khas Korea Selatan ini cocok disajikan kapan saja. (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini tak hanya populer sebagai camilan, namun juga sebagai makanan pendamping utama. Tampilannya tentu orang Indonesia tidak akan asing melihatnya karena kemiripannya dengan suun goreng. Bahkan secara esensi, sebetulnya terbilang mirip beberapa bahan dan cara membuatnya. Yang membedakan tentu adalah rasanya.

Bicara soal bahan utamanya, suun yang dibuat dari umbi-umbian adalah yang tradisional digunakan pada hidangan ini. Japchae dipadukan dengan jamur, wortel, bayam, bawang bombay, dan daun bawang. Proteinnya bisa menggunakan daging sapi. Bumbunya sendiri terbilang sederhana karena hanya menggunakan kecap asin, gula, dan minyak wijen.

3. Bibimbap, rice bowl yang penuh dengan nutrisi

Prinsip dari bibimbap adalah kemudahan. Awalnya hidangan ini hanya menggunakan bahan-bahan sisaan di kulkas dan dipadukan dengan nasi. Menariknya kini, bibimbap menjadi salah satu hidangan terpopuler asal Negeri Ginseng. Tersaji hangat dengan menggunakan mangkuk batu (dolsot bibimbap), hidangan yang satu ini memang selalu sukses membuat air liur terbit.

Meski demikian tidak selalu hidangan ini menggunakan mangkuk batu. Setidaknya berbagai toppingnya bisa sama-sama menggunakan aneka jenis sayur seperti ketimun, jamur, bayam, taoge, dan sayuran khas Korea lainnya. Dagingnya bisa berupa daging sapi, ayam, atau seafood. Bibimbap juga bisa ditambahkan dengan tahu dan menggunakan minyak wijen serta bumbu gochujang.

4. Kimchi, sayuran fermentasi paling populer

Sajian sehat yang satu ini sudah pasti jadi top of mind semua orang ketika mendengar kata masakan khas Korea Selatan. Ibaratnya sama dengan rendang untuk Indonesia, pasta untuk Italia, ataupun sushi untuk Jepang. Kimchi menggunakan sawi putih sebagai bahan utamanya dan dibumbui dengan banyak bahan untuk kemudian diawetkan.

Kimchi dipercaya menyehatkan karena kehadiran mikroorganisme-nya serta nutrisinya yang kaya. Bahkan menariknya, kimchi kini dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Nantikan tanggal mainnya dari Masak Apa Hari Ini yang akan berbagi resep mudahnya!

5. Tteokbokki atau Topokki, camilan khas Korsel paling beken

Topokki disajikan dalam mangkuk hitam di atas meja kayu.
Camilan pedas bikin nagih, itulah topokki! (Foto: Shutterstock)

Dibuat dari tepung beras yang kenyal seperti mochi, tteokbokki adalah camilan yang bikin nagih. Apalagi saat dipadukan dengan bumbu pedas seperti gochujang. Paduannya berupa fish cake, telur, dan juga daun bawang. Tteokbokki bahkan sedap meski hanya berbekal bumbunya saja. Ya, ibaratnya mungkin seperti cilok kalau di Indonesia.

Kini tteokbokki memilik banyak varian. Ada yang menggunakan saus ganjang, ada juga yang menggunakan saus kari, krim, dan bahkan dipadukan dengan seafood. Manakah yang paling kamu favoritkan?

Banyak dari masakan khas Korea Selatan ini akan jadi garapanku berikutnya. Jadi pastikan untuk selalu stay tune bersama Masak Apa Hari Ini untuk tahu cara membuatnya yang mudah di rumah! Sementara itu, kita buat dulu Korean Garlic Bread, yuk!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.