5 Masakan Berkuah yang Pas Dinikmati Saat Flu - MAHI

5 Masakan Berkuah yang Pas Dinikmati Saat Flu

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Mei 13, 2022

Tak mengenal musim atau cuaca, siapa saja bisa terkena flu dan batuk. Selain beristirahat dan mengonsumsi obat bila perlu, asupan masakan berkuah akan membantu penyembuhan sekaligus menghangatkan badan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja resep yang praktis dan pas dinikmati saat kurang fit.

Pastinya, fungsi masakan berkuah lebih dari sekadar untuk menghangatkan badan saja. Bisa jadi ada sebagian dari kamu yang justru malah kurang minum air saat flu. Maklum, selera makan menurun dan makanan bisa jadi terasa tawar. Sehingga masakan berkuah bisa menjadi solusi untuk kondisi kamu dan contohnya yang pertama adalah menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan. Kemudian, makanan berkuah hangat cenderung lebih bergizi karena proses masak merebus lebih menjaga kadar gizi bahan ketimbang bila digoreng atau dibakar.

Dengan menyiapkan makanan berkuah yang lezat, semangat makan menjadi meningkat dan menjadi kesempatan untuk kamu menghindari makanan yang digoreng atau berminyak banyak. Begitupun dengan minuman dingin yang juga sementara ini perlu dihindari juga. Kedua asupan kurang sehat ini terkadang sulit dicerna tubuh dan mengganggu kerja saluran pencernaan secara umum

Nah, tanpa menunda lagi, segera saja cek lima resep masakan berkuh yang istimewa dari Masak Apa Hari Ini!

1. Resep Sayur Daun Kelor Kuah Bening

Sayur daun kelor bening tersaji dalam mangkuk putih di atas meja.
Yuk, siapkan sayur daun kelor bening yang menyehatkan ini! (Foto: MAHI)

Sayur bening biasanya terdiri dari sayuran hijau yang cepat matang dan selain bayam, kamu bisa mencoba daun kelor sebagai alternatifnya. Sedap sekaligus terkenal di seluruh dunia sebagai bahan makanan yang super bergizi. Bagian daun dari tumbuhan yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan ini kaya vitamin C, kalsium, potasium, protein, dan beta-karoten. Apalagi sudah banyak yang meriset khasiat daun kelor yang sudah begitu lama dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit.

Tertarik, dong, tentunya untuk memasak sayur daun kelor kuah bening!

2. Resep Sup Jagung Telur Creamy

Perkaya rasa sup dengan tumisan bawang bombay dan wortel terlebih dahulu. Baru kemudian tuangkan air dan Royco Sup Krim Jagung, aduk hingga mengental dan tidak ada gumpalan yang tersisa. Setelah mendidih, kecilkan api dan lanjutkan memasak selama sekitar 1 menit saja. Sementara itu, bumbui dengan merica dan tambahkan telur ayam. Aduk sebentar saja dan sajikan selagi hangat dengan tambahan roti bakar.

Ternyata resep sup jagung telur creamy ini begitu praktis, bukan?

3. Resep Sup Jamur Brokoli Kuah Kecap

Sayuran seperti jamur dan brokoli bisa kamu olah menjadi masakan berkuah yang praktis dan lezat. Pertama, potong-potong dua jenis jamur yaitu shiitake atau hioko, dan juga jamur merang. Lanjutkan dengan menyiangi brokoli dan potong kecil-kecil tomat segar. Terakhir, cincang halus bawang putih dan masak bersama air, jahe, dan jamur. Di tahap terakhir, masukkan brokoli, daun bawang, dan sisa bumbu. Gunakan api kecil saja dan sajikan hangat-hangat. Resep sup jamur brokoli siap untuk dinikmati!

4. Resep Masakan Berkuah Soto Ayam Kampung

Kaldu ayam menjadi faktor utama kelezatan sebuah resep soto ayam kampung. Sandingkan dengan rempah menyehatkan seperti jahe, kunyit, dan serai yang juga berperan dalam menyumbangkan aroma dan kelezatan dari hidangan tradisional ini. Tambahkan juga perasan jeruk nipis dan Bango Kecap Manis yang akan menambah rasa legit dan segar. Di kala kondisi tubuh sedang tidak fit, seporsi resep soto ayam bening rumahan ini adalah obat alami yang selama ini kamu cari-cari.

5. Resep Sup Kacang Merah

Masakan tanpa minyak seperti resep sup kacang merah iga sapi disajikan.
Sup Iga Kacang Merah untuk ide makan siang yang sedap! (Foto: Shutterstock)

Kombinasi gurih kaldu segar dari asam jawa dan sentuhan manis dari gula merah sisir menjadikan kuah sup kacang merah semakin seimbang. Agar lebih mantap, tambahkan Royco Kaldu Sapi serta daging iga yang dimasak menggunakan slow cooker. Jika menggunakan slow cooker, rebus iga dan kacang merah bersamaan hingga empuk selama 4-8 jam, bergantung dari suhu yang digunakan. Kemudian, tambahkan semua sisa bahan dan masak di atas kompor. Proses slow cooking inilah yang akan menjaga keutuhan nutrisi dari setiap bahannya.

Bagaiman dengan kelima masakan berkuah tadi? Semoga jadi obat flu yang mujarab, ya! Jangan lupa untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Pastikan untuk follow dan like, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.