Jenis Masakan


Temukan Rahasia Awet Muda Hanya dengan Tiga Makanan Berikut Ini

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Desember 11, 2018

Setelah sebelumnya kita membahas soal menurunkan berat badan, maka langsung saja kita menuju rahasia awet muda. Keduanya tentu berkaitan erat dengan kesehatan dan penampilan. Serunya lagi, makanan menjadi benang merah di antara keduanya.

Yuk, kita cari tahu apa saja beberapa jenis makanan yang kini tengah populer di Indonesia dan perlu dicoba agar kita selalu terlihat awet muda!

Matcha

Minuman es yang terbuat dari matcha adalah salah satu rahasia awet muda.
Matcha yang bercitarasa agak pahit ternyata seru dijadikan minuman segar. (Foto: Shutterstock)

Sepertinya tren matcha dan teh hijau setiap harinya semakin populer saja dan kini, tidak hanya di kalangan pencinta pola hidup sehat saja. Berbagai cafe ataupun restoran semakin gencar menghidangkan minuman ataupun dessert berbahan dasar matcha. Semua orang sepertinya berlomba-lomba untuk mencobanya, meskipun sayang banyak yang di antaranya mengandung gula ataupun lemak.

Matcha sebetulnya berbeda dengan teh hijau. Kalau dengan teh hijau kita biasanya hanya menyeduh untuk mendapatkan rasa teh itu lalu kemudian kita tidak menggunakan sisanya, maka dengan matcha kita mendapatkan semua kandungan gizinya. Ini dikarenakan bubuk matcha berasal dari keseluruhan daun teh hijau.

Teh hijau telah ditelaah kelebihannya secara ekstensif dan disimpulkan memiliki banyak kelebihan yang bisa didapat dengan mengonsumsinya. Contohnya adalah mencegah penyakit arteri koroner, menurunkan tingkat kolesterol jahat, hingga menurunkan kemungkinan terkena macam-macam kanker. Soal kanker ini didasarkan pada temuan bahwa orang Jepang yang terbiasa mengonsumsi teh hijau memiliki resiko kanker yang dibandingkan warga negara-negara lain.

Superfruits!

Mengonsumsi goji berry adalah salah satu rahasia awet muda.
Tampilan goji berry saat dibuat menjadi smoothie bowl. (Foto: Shutterstock)

Buah-buahan berkualitas super semakin banyak ditemukan di zaman sekarang ini dan menjadi kunci rahasia awet muda para artis. Alih-alih mengonsumsi buah yang pada umumnya, kita juga bisa berinvestasi pada buah-buahan unik yang kandungan nutrisinya sangat tinggi. Contoh yang sedang populer-populernya adalah buah delima atau pomegranate. Kelebihannya adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat, meregulasi tekanan darah, serta menurunkan resiko Alzheimer dan kanker.

Satu lagi yang tengah naik daun adalah goji berry, satu buah asal Tibet yang sedang digandrungi para penganut gaya hidup sehat. Berbentuk seperti buah cherry, goji berry memiliki kandungan vitamin C 500 kali lipat daripada sebutir jeruk dan tingkat antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, nutrisinya terdiri dari zat besi, 18 jenis asam amino, kalsium, magnesium, seng, selenium, dan vitamin B-kompleks.

Sementara avokad adalah pahlawan tanpa tanda jasa di Indonesia. Buah-buahan yang biasanya hanya dijadikan elemen minuman penyegar yang diberi banyak gula ataupun susu justru sebetulnya sangat sehat. Maka dari itu konsumsilah dengan cara yang tepat dan kita akan mendapatkan banyak keuntungan darinya. Contohnya dengan membuat sandwich sehat yang menggunakan buah hebat ini.

Misalnya saja kandungan lemak yang menjadikan jantung sehat, serat, serta banyak vitamin serta mineral. Selain itu, avokad juga bisa mencegah inflamasi, melindungi kulit kita dari sinar matahari, dan memperbaiki DNA. Bahkan buah ini juga bisa memperbaiki kondisi osteoarthritis atau nyeri sendi di berbagai bagian tubuh. Badan yang sehat tentu akan menjamin penampilan yang lebih awet muda, bukan?

Probiotik

Rahasia awet muda masa kini adalah minuman kombucha.
Kombucha, minuman kekinian yang dipercaya sangat berkhasiat. (Foto: Shutterstock)

Mikroorganisme yang menyehatkan tubuh dan terdapat pada makanan/minuman yang difermentasi serta suplemen adalah yang kita kenal dengan istilah probiotik. Mikroorganisme ini akan menjaga keseimbangan populasi bakteri dalam tubuh dan memperlancar pencernaan. Tidak hanya itu, probiotik membantu menurunkan berat badan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Meski lazimnya dikaitkan dengan urusan pencernaan, probiotik juga memiliki keutamaan lain yang bisa mengobati diare, kesehatan jantung, mengurangi alergi, hingga memperbaiki kondisi mental. Beberapa makanan dan minuman yang kini ditemukan mengandung banyak probiotik dan mulai populer di Indonesia adalah kimchi, miso, sauerkraut, kombucha, serta tentunya susu dan yogurt ataupun kefir.

Wah, ternyata hanya dari sini saja kita dapat menjaga berat tubuh kita serta membuka tabir rahasia awet muda para selebritis. Kalau belum mencoba sebagian di antaranya maka sempatkanlah dan terapkan gaya hidup sehat mulai hari ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.