Resep Soto Ayam Kampung Gaya Rumahan - Masak Apa Hari Ini?

Resep Soto Ayam Kampung, Satu yang Selalu Mengundang Selera

Simpan ke bagian favorit

Resep soto ayam kampung, takkan pernah bosan orang Indonesia dibuatnya. Wajib untuk bisa membuatnya di rumah, bukan? Yuk, simak caranya!

1jam 30mnt
4 Porsi
Mudah
Chef Panji|Juli 27, 2020

Hangat menyegarkan, itulah esensi dari semangkuk soto ayam kampung yang tak ada matinya. Tak sulit menemukan sajian yang satu ini, hampir setiap persimpangan atau pujasera memiliki penjaja soto. Disantap sebelum memulai hari atau setelah lelah bekerja, soto ayam selalu berhasil menggugah selera dan memberikan rasa kenyang yang nyaman. Porsinya yang tidak terlalu banyak dan harganya yang terjangkau, membuat sajian satu ini dapat diakses oleh siapa saja. Apalagi ternyata, untuk mengolah resep soto ayam kampung di rumah tidaklah sulit.

Beda resep soto ayam kampung dengan lainnya

Perbedaannya dengan soto ayam pada umumnya adalah pemilihan free-range chicken atau ayam kampung, yang menjadi rahasia utama dari kelezatan kuah sajian ini. Kandungan protein serta lemak yang lebih tinggi dari ayam kampung, membuat tekstur kuah yang lebih kental.

Pembiakan ayam kampung yang lebih alami membuatnya lebih sehat ketimbang ayam broiler. Tekstur daging yang lebih kenyal dan juicy adalah salah satu cirinya. Hal itu membuat resep soto ayam berbahan dasar ayam kampung lebih digemari. Ayam kampung yang dilepasliarkan, kemudian dibandingkan dengan ayam broiler yang didomestikasi juga memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. Sama halnya dengan khasiat telur ayam kampung yang menjadikannya primadona untuk meningkatkan stamina dan kebugaran.

Agar soto ayam semakin lezat

Untuk resep dan cara membuat soto ayam yang lezat, maka kaldu ayam menjadi tulang punggung kelezatannya. Kemudian, sandingkan dengan bumbu rempah khas Nusantara. Jahe, kunyit, dan serai sangat berperan dalam menciptakan sensasi hangat dari semangkuk soto. Tak ketinggalan juga perasan jeruk nipis serta Bango Kecap Manis yang akan menambah kelezatan dan kesegaran dari kuah soto.

Jika berselera, tambahkan juga sedikit sambal goreng ke dalamnya. Di kala cuaca dingin atau kondisi tubuh sedang tidak fit, seporsi hasil masak resep soto ayam ini akan terasa begitu nyaman. Maka dari itu, memasak soto ayam kampung di rumah menjadi salah satu daftar menu wajib untuk dicoba!

Di lain kesempatan, masih banyak resep soto dari Masak Apa Hari Ini yang layak coba. Misalnya soto ayam bening, soto ayam krispi, soto ayam sambal matah, dan beragam resep lainnya. Selamat masak!

Bahan-bahan

Bahan

  • 1 kg dada ayam kampung
  • 100 g soun, seduh, tiriskan
  • 100 g taoge, seduh, tiriskan
  • 2 L air
  • minyak

Bumbu

  • 7 siung bawang putih, haluskan
  • 2 cm jahe, bakar, haluskan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 butir kemiri, haluskan
  • 1 cm kunyit, bakar, haluskan
  • 3 batang serai, memarkan
  • ½ sdt merica butiran, sangrai, haluskan
  • 2 sdt garam

Pelengkap

Cara membuat

1

Didihkan air, rebus ayam kampung dengan lengkuas dan daun salam.

2

Masak hingga ayam empuk. Angkat daging ayam, goreng setengah kering, suwir2 dagingnya.

3

Tumis bawang putih, kunyit, kemiri, jahe dengan 1 sendok makan minyak goreng hingga harum. Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan kaldu ayam. Tambahkan serai, lada, garam dan daun jeruk, aduk rata. Didihkan kembali. Angkat.

4

Siapkan mangkuk saji, atur soun, suwiran daging ayam, tauge. Tuang kuah soto panas di atasnya. Sajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng. Hidangkan bersama sambal rawit, Bango Kecap Manis dan jeruk nipis.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.