Berkenalan dengan Makanan Khas Gorontalo | Masak Apa Hari Ini?

Yuk, Kenalan dengan 3 Makanan Khas Gorontalo Berikut Ini!

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juli 22, 2021

Sudah pernah jalan-jalan ke Gorontalo? Salah satu provinsi termuda di Indonesia ini dahulunya merupakan bagian dari provinsi Sulawesi Utara. Setelah berdiri menjadi provinsi sendiri, semakin banyak orang Indonesia yang makin mengenal kebudayaannya. Tak terkecuali juga adalah makanan khas Gorontalo yang unik dan bermacam-macam.

Kali ini kita mulai dari tiga makanan khas Gorontalo yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Simak apa saja, yuk, dan coba resepnya di akhir pekan nanti!

1. Binte biluhuta, sup sayur khas yang lezat dan menyegarkan

Binte biluhuta disajikan dalam mangkuk dan didampingi sendok kayu, diletakkan di atas meja kayu.
Jadikan binte biluhuta sebagai menu sarapan atau makan siangmu yang baru! (Foto: Shutterstock)

Binte Biluhuta atau yang juga akrab disebut milu siram adalah sup jagung dengan ikan asap dan kemangi. Binte atau milu berarti jagung dan biluhuta artinya siram. Menu berbahan utama jagung ini sangat populer di daerah asalnya dan juga akrab dijadikan sebagai hidangan sarapan.

Ikan merupakan salah satu protein utama yang dinikmati di Gorontalo karena merupakan daerah pesisir. Banyak sekali menu yang dibuat dari ikan laut. Ada oeloni, ikan woku, satai ikan, ikan bakar dabu-dabu, dan beberapa hidangan berbasis ikan lainnya.Kalau kamu berpikir sup ikan ini amis, sebaiknya kamu coba dulu resep yang ini. Diracik dari ikan segar dengan tambahan jagung manis dan daun kemangi membuat cita rasanya segar dan bebas anyir. Pastikan ikan laut yang kamu gunakan masih segar, ya!

Ikan cakalang asap adalah bahan utama yang digunakan untuk resep ini. Tapi sah-sah saja kalau kamu memasak menggunakan ikan air tawar, misalnya gurami atau nila dengan syarat ikan tersebut harus dimasak terlebih dahulu. Panggang atau bakar ikan untuk mendapat sensasi smokey seperti halnya ikan asap.

Yuk, siapkan bahan-bahan resep Binte Biluhuta ini!

2. Sate sapi panggang belanga, makanan khas Gorontalo wajib coba

Ada beragam olahan daging kaya rempah dari Gorontalo, tidak terkecuali sate sapi panggang belanga. Meski bernama sate, menu ini tidak ditusuk dengan tusuk satai melainkan dipotong tipis, dibumbui dengan berbagai rempah, dan dipanggang. Daripada penasaran, kita coba, yuk, resep sate sapi ini!

Kita gunakan daging sapi bagian has dalam di resep ini. Potong tipis 3×3 cm atau dadu kecil menyerupai sate. Sebelum dimasak dalam bumbu halus, lumuri daging dengan larutan asam jawa dan Bango Kecap Manis selama 1 jam. Kemudian tumis bumbu halus yang terdiri dari rempah eksotis Indonesia seperti kapulaga, cengkih, dan kayu manis. Masukkan daging ke tumisan bumbu dan tambahkan air. Masak hingga bumbu meresap sempurna ke daging. Terakhir, panggang daging di bara api atau grill pan hingga matang. Taburi dengan bawang goreng saat menyajikannya.

3. Kambing bakar khas Gorontalo, warisan kuliner Timur Tengah

Masakan kambing jadi ide cemerlang untuk sajian di momen yang spesial. Rasanya yang lezat tak hanya mengenyangkan, tapi membuat hati senang. Ada ragam menu yang bisa dipilih. Jika ingin berbeda, resep kambing bakar khas Gorontalo patut dicoba.

Kambing bakar belanga diperkenalkan oleh Rumah Makan Diva di Gorontalo. Resep ini diracik oleh pemilik rumah makan tersebut, yang bernama Munifah dan Hamid. Keduanya merupakan keturunan Arab sehingga masakan kambing ini punya cita rasa Timur Tengah. Meski namanya kambing bakar, olahan ini sebenarnya tidak menggunakan pembakaran. Dagingnya dimasak hingga airnya surut dan mengental. Karena dimasak lama, dagingnya empuk dan lembut. Kelezatannya membuat menu ini tak hanya jadi ciri khas RM Diva, tapi disebut-sebut makanan Gorontalo.

Untukmu yang ingin mencobanya, tak perlu jauh-jauh ke Gorontalo. Kamu bisa memasaknya sendiri di rumah. Rasa Timur Tengah bisa didapatkan dari beberapa rempah yang bisa kamu dapatkan di pasar, seperti jintan, cengkeh, dan kayu manis.

Nah, bagaimana dengan ketiga masakan tadi? Menarik tentunya, bukan? Jadikan sebagai wacana di akhir pekan untuk masak bersama keluarga di rumah!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.