Rempah-Rempah Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui

Chef Panji|September 18, 2018

Salah satu kunci kelezatan masakan Nusantara terletak pada cita rasa rempah-rempah Indonesia yang khas. Wajib kita syukuri karena negeri ini begitu kaya akan rempah-rempah. Selain mudah didapat dengan harga murah, rempah-rempah yang tersedia tak mengenal pergantian musim.

Kamu pasti sangat akrab dengan rasa gulai, rendang, kari, atau sup daging. Semua masakan tersebut memiliki ciri khas, yakni kehadiran rempah-rempah Indonesia yang berperan memberi rasa dan aroma unik. Ingin tahu rempah-rempah apa saja yang populer digunakan pada masakan Indonesia? Berikut adalah daftarnya.

Pala

Pala memiliki peran penting jika bicara soal sup dan semur. Kamu bisa menggunakan pala dengan cara dimemarkan, diparut, atau dalam bentuk bubuk. Aroma manis yang khas pada pala membuat masakan tertentu seolah takkan lengkap jika tak dibumbui oleh rempah yang satu ini.

rempah-rempah indonesia
Semur takkan lengkap tanpa kehadiran pala. (Foto: Shutterstock)

Jintan

Jintan sangat penting untuk masakan yang mengandung bumbu kari. Misalnya gulai, kari, ataupun nasi kebuli. Pada masakan India, jintan termasuk salah satu rempah yang paling penting dalam bumbu garam masala – termasuk di antaranya adalah kapulaga serta cengkih.

rempah-rempah indonesia
Wangi jintan itu sangat khas dan unik. Yuk, masak dengan bumbu jintan. (Foto: Shutterstock)

Kapulaga

Berbeda dengan kapulaga versi India dan Tiongkok dengan bentuk lonjong dan pipih, kapulaga yang terdapat di Indonesia umumnya berbentuk bulat dengan kulit yang tipis. Sama halnya dengan cengkih, kapulaga juga akrab digunakan pada masakan-masakan seperti nasi kebuli, soto Padang, gulai, kari, atau rendang.

rempah-rempah indonesia
Meski aromatik, hindari juga memasukkan terlalu banyak kapulaga dalam masakan. (Foto: Shutterstock)

Pekak

Pekak disebut juga bunga lawang memiliki sensasi rasa yang mirip dengan adas manis. Salah satu masakan populer khas Gorontalo, Kua Bugis, menggunakan pekak sebagai salah satu dari puluhan bumbu yang dipakai. Karena aroma dan rasanya yang cukup kuat, penggunaan pekak atau bunga lawang pada masakan biasanya hanya sedikit. Di dapur Cina, pekak merupakan salah satu rempah yang ada dalam bumbu ngo hiong.

rempah-rempah indonesia
Bunga lawang sangat khas untuk Kua Bugis. (Foto: Shutterstock)

Cengkih

Sulawesi dan Maluku adalah daerah penghasil cengkih terbesar di Indonesia. Tidak banyak yang tahu, ternyata cengkih juga mengandung antioksidan. Cengkeh populer digunakan pada masakan yang lekat dengan rempah-rempah Indonesia lainnya. Contohnya seperti nasi kebuli, soto Padang, kari, atau gulai khas Sumatera.

rempah-rempah indonesia
Sentilan sedikit rasa pedas dengan rasa unik adalah ciri khas cengkeh. (Foto: Shutterstock)
Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.