8 Ide Menu Buka Puasa Sehat dan Enak - MAHI

8 Ide Menu Buka Puasa Sehat dan Enak untuk Keluarga Tercinta

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Maret 29, 2021

Beduk maghrib jadi yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa seharian. Tapi, sebaiknya jangan asal makan, menu buka puasa perlu kita rancang agar tak hanya mengenyangkan perut tapi juga menyehatkan tubuh.

Selama berpuasa, kita memerlukan cadangan energi yang diperoleh dari makanan baik saat berbuka maupun sahur. Untuk itu, kali ini Tim MAHI berbagi ide menu buka puasa sehat nan lezat dari mulai menu pembuka hingga makan besar. Yuk, intip resepnya satu per satu!

1. Jus mangga yoghurt, pembuka yang segar

Buka puasa memang nikmat dimulai dari yang manis dan segar. Jangan asal pilih minuman yang manis-manis, ya. Sertakan buah-buahan yang kaya serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu. Salah satu menu yang bisa kita coba adalah jus mangga yoghurt.

Menurut US Department of Agriculture (USDA) dalam 100 gram mangga terdapat 342 kcal. Mengonsumsi buah-buahan ini saat berbuka puasa dapat mengembalikan energimu. Mengolahnya menjadi jus, dicampur dengan buah beri dan yoghurt tentunya akan lebih spesial. Lihat resep jus mangga yoghurt yang pernah kita bagikan sebelumnya, ya!

2. Semur ayam, menu buka puasa favorit

Masuk ke menu makan besar, lauk pauk apa yang jadi favoritmu untuk berbuka puasa? Salah satu menu praktis dan enak yang bisa dicoba adalah semur ayam. Proses pembuatannya pun tak mencapai waktu satu jam.

Ayam juga mengandung protein dan energi yang bisa jadi andalanmu untuk kembali segar setelah berpuasa seharian. Agar lebih sehat, pilih bagian dada ayam tanpa kulit, ya! Intip resep semur ayam dan sajikan selagi hangat.

3. Ikan mujair bakar, pilihan penggugah selera

Ikan mujair bakar dengan topping sambal dabu-dabu.
Ikan mujair bakar dengan tambahan sambal dabu-dabu? Semakin lezat! (Foto: Shutterstock)

Selain ayam, kita juga bisa memilih ikan tawar dan salah satunya adalah mujair. Ikan yang mudah ditemui di pasar tradisional ini bisa digoreng maupun dibakar. Jika bingung mengolahnya, lihat saja resep mujair bakar ini.

Untuk menghindari bau lumpur pada ikan tawar, kita harus membersihkannya dengan maksimal. Jangan sampai ada insang atau jeroan yang tertinggal karena bisa menyisakan bau tak sedap. Gunakan jeruk lemon atau jeruk nipis saat membersihkannya.

4. Tumis sawi udang, menu pelengkap andalan

Tak lengkap rasanya jika membicarakan menu buka puasa tanpa hidangan sayur. Saat berpuasa, kita membutuhkan asupan serat yang cukup agar pencernaan lancar. Ada banyak olahan sayur yang bisa kita buat, dari sayur bening, sop, hingga tumisan.

Jika lebih suka tumisan, kami merekomendasikan tumis sawi udang yang praktis ini. Sawi cenderung lebih mudah matang. Agar rasanya tidak hambar, tambahkan udang kupas. Hidangan buka puasa pun jadi makin spesial.

5. Sayur daun kelor, sajian yang sehat

Meski sudah lama dikonsumsi masyarakat Indonesia, popularitas daun kelor semakin booming akhir-akhir ini. Alasannya tak lain dan tak bukan karena kandungan gizinya. Daun kelor bahkan sering disebut sebut sebagai superfood! Ia mengandung vitamin C, potassium, kalsium, dan protein yang cocok untuk menjadi “modal” kita untuk berpuasa.

Ada banyak cara mengolah daun kelor. Salah satu menu termudah adalah resep sayur daun kelor. Proses membuatnya hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Jangan lupa untuk menyajikannya selagi hangat, ya.

6. Rendang kentang jamur, mewah dan kaya nutrisi

Ingin masakan baru untuk menu Ramadan tahun ini? Resep rendang kentang jamur ini bisa jadi ide salah satunya sekaligus permulaan bagi kamu yang tertarik menambah kebisaan memasak menu khas dapur Minang. Cocok sebagai makanan sehari-hari, sajian ini juga sangat pas untuk berbuka puasa ataupun salah satu hidangan di Hari Raya Idul Fitri.

Resep rendang dengan menggunakan plant-based ingredients menjadi alternatif yang tak hanya terjangkau secara harga, namun juga lebih sehat. Lihat saja trio bahan yang dipakai di resep ini – kentang, jamur, serta kacang merah. Ketiganya memiliki nilai nutrisi tinggi dan saling melengkapi. Penggunaan Royco Kaldu Ayam dengan formula baru juga menjadi highlight untuk resep ini. Dengan formula baru ini, kaldu diolah dari proses lama merebus ayam, rempah yang kaya, serta garam beryodium.

7. Dimsum ayam, takjil gurih paling favorit

Sudah menemukan resep dimsum ayam yang enak seperti di restoran? Coba dimsum ayam dengan Saus Sambal Jawara ini yang bakal bikin kamu ketagihan bikin dimsum sendiri di rumah. Dengan bahan baku yang mudah didapat, kamu juga bisa menyajikan dimsum ayam atau siomay ayam di dapurmu sendiri.

Sebagai bahan utama, gunakan daging ayam dalam jumlah banyak dan tepung hanya sebagai bahan tambahan untuk memberi tekstur sedikit kenyal sekaligus menyatukan adonan. Agar gurih gurih, gunakan daging giling yang berasal dari filet paha ayam. Bagian ini lebih banyak mengandung lemak sehingga lebih gurih, moist, dan sedikit lebih kenyal. Kukus hingga matang dan hindari mengukusnya terlalu lama supaya daging ayam dalam dimsum tidak terasa ‘kering’. Jangan lupa menggunakan kulit dimsum yang tipis atau kulit pangsit khusus untuk jenis pangsit rebus.

8. Tahu telur goreng krenyes, inovasi resep legendaris

Lalu ada juga resep tahu telur goreng krenyes yang lezat! Beda dengan variasi aslinya yang disajikan dengan sambal kacang, resep modifikasi ini disajikan dengan topping tepung krenyes berkuah kecap pedas yang juga manis, dan segar. Bikin kepengenkan?

Menu ini bisa menjadi salah satu masakan andalan kamu untuk ide makan malam ringan tanpa nasi atau daging. Tahu telur juga bisa disajikan sebagai menu sarapan mengenyangkan atau kalau sedang lapar menjelang makan malam. Dengan bahan-bahannya yang sangat sederhana dan kebanyakan merupakan bahan yang selalu tersedia di dapur membuat resep ini bisa dibuat kapan saja.

Demikian delapan menu buka puasa yang bisa dipilih untuk Ramadan tahun ini. Yuk, intip juga menu sahur dan menu iftar hemat lainnya yang tak kalah menggiurkan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.