Jenis Masakan


Ide Menu Buka Puasa Sehat Nan Lezat untuk Keluarga Tercinta

Simpan ke bagian favorit

Maddie|April 8, 2020

Beduk maghrib jadi yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa seharian. Tapi, sebaiknya jangan asal makan, menu buka puasa perlu kita rancang agar tak hanya mengenyangkan perut tapi juga menyehatkan tubuh.

Selama berpuasa, kita memerlukan cadangan energi yang diperoleh dari makanan baik saat berbuka maupun sahur. Untuk itu, kali ini Tim MAHI berbagi ide menu buka puasa sehat nan lezat dari mulai menu pembuka hingga makan besar. Yuk, intip resepnya satu per satu!

1. Jus mangga yoghurt, pembuka yang segar

Buka puasa memang nikmat dimulai dari yang manis dan segar. Jangan asal pilih minuman yang manis-manis, ya. Sertakan buah-buahan yang kaya serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu. Salah satu menu yang bisa kita coba adalah jus mangga yoghurt.

Menurut US Department of Agriculture (USDA) dalam 100 gram mangga terdapat 342 kcal. Mengonsumsi buah-buahan ini saat berbuka puasa dapat mengembalikan energimu. Mengolahnya menjadi jus, dicampur dengan buah beri dan yoghurt tentunya akan lebih spesial. Lihat resep jus mangga yoghurt yang pernah kita bagikan sebelumnya, ya!

2. Semur ayam, menu buka puasa favorit

Masuk ke menu makan besar, lauk pauk apa yang jadi favoritmu untuk berbuka puasa? Salah satu menu praktis dan enak yang bisa dicoba adalah semur ayam. Proses pembuatannya pun tak mencapai waktu satu jam.

Ayam juga mengandung protein dan energi yang bisa jadi andalanmu untuk kembali segar setelah berpuasa seharian. Agar lebih sehat, pilih bagian dada ayam tanpa kulit, ya! Intip resep semur ayam dan sajikan selagi hangat.

3. Ikan mujair bakar, pilihan penggugah selera

Ikan mujair bakar dengan topping sambal dabu-dabu.
Ikan mujair bakar dengan tambahan sambal dabu-dabu? Semakin lezat! (Foto: Shutterstock)

Selain ayam, kita juga bisa memilih ikan tawar dan salah satunya adalah mujair. Ikan yang mudah ditemui di pasar tradisional ini bisa digoreng maupun dibakar. Jika bingung mengolahnya, lihat saja resep mujair bakar ini.

Untuk menghindari bau lumpur pada ikan tawar, kita harus membersihkannya dengan maksimal. Jangan sampai ada insang atau jeroan yang tertinggal karena bisa menyisakan bau tak sedap. Gunakan jeruk lemon atau jeruk nipis saat membersihkannya.

4. Tumis sawi udang, menu pelengkap andalan

Tak lengkap rasanya jika membicarakan menu buka puasa tanpa hidangan sayur. Saat berpuasa, kita membutuhkan asupan serat yang cukup agar pencernaan lancar. Ada banyak olahan sayur yang bisa kita buat, dari sayur bening, sop, hingga tumisan.

Jika lebih suka tumisan, kami merekomendasikan tumis sawi udang yang praktis ini. Sawi cenderung lebih mudah matang. Agar rasanya tidak hambar, tambahkan udang kupas. Hidangan buka puasa pun jadi makin spesial.

5. Sayur daun kelor, sajian yang sehat

Meski sudah lama dikonsumsi masyarakat Indonesia, popularitas daun kelor semakin booming akhir-akhir ini. Alasannya tak lain dan tak bukan karena kandungan gizinya. Daun kelor bahkan sering disebut sebut sebagai superfood! Ia mengandung vitamin C, potassium, kalsium, dan protein yang cocok untuk menjadi “modal” kita untuk berpuasa.

Ada banyak cara mengolah daun kelor. Salah satu menu termudah adalah resep sayur daun kelor. Proses membuatnya hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Jangan lupa untuk menyajikannya selagi hangat, ya.

Demikian lima menu buka puasa yang bisa dipilih untuk Ramadan tahun ini. Yuk, intip juga menu sahur dan menu iftar lainnya yang tak kalah menggiurkan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.