5 Ide Menu Sahur Pertama yang Mengundang Selera - MAHI

5 Ide Menu Sahur Pertama yang Mengundang Selera

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|Maret 22, 2022

Tak terasa Ramadan akan segera datang. Ada banyak yang perlu dipersiapkan, mulai dari kesiapan mental untuk ibadah hingga menu makanan sahur dan berbuka. Nah, biasanya menu sahur pertama jadi sesuatu yang krusial. Biasanya tubuh belum terbiasa untuk makan seawal itu, sehingga akan membantu bila menu pertama sahur tampil lezat dan mengundang selera.

Bukan soal rasa enak saja tentunya, menu sahur pertama juga sebaiknya mengandung nutrisi yang baik. Selama berpuasa, kita menahan lapar dan dahaga. Badan juga biasanya masih membiasakan diri di awal bulan Ramadan, maka tidak heran kalau muncul rasa lemas. Sehingga, lebih baik jika kita menyiapkan energi lebih agar tubuh tetap segar selama berpuasa.

Lalu, makanan apa saja yang bisa kita sajikan? Berikut ini adalah ide menu sahur pertama untukmu!

1. Sup bola ayam, menu sahur pertama

Makanan berkuah yang lezat akan membantu meningkatkan selera saat bersantap menu sahur hari pertama. Jika bosan dengan sup biasa, kita bisa berkreasi membuat sup bola ayam. Tak perlu takut ribet, kita bisa mempersiapkan bola-bola ayamnya sehari sebelumnya. Jadi saat pagi, kita hanya perlu mengolah supnya saja.

Selain protein yang bisa kita dapatkan dari ayam, kita juga bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran. Masukkan wortel, buncis, atau brokoli ke dalam sup bola ayam. Lihat resep sup bola ayam, dan nikmati waktu sahur yang menyenangkan!

2. Lumpia isi gado-gado, menu sahur sehat dan unik

Sepiring lumpia isi gado-gado dengan saus kacang
Lumpia isi gado-gado, sajian sehat dan praktis yang tak membosankan. (Foto: MAHI)

Resep gado-gado satu ini berbeda dari biasanya. Bentuknya seperti lumpia, jadi lebih praktis untuk dimakan. Sajian ini jadi ide seru untukmu dan keluarga yang mungkin masih “malas makan” di pagi buta. Sekali gigit, kita tak hanya mendapatkan rasa yang lezat tapi juga makanan kaya serat.

Dalam seporsi gado-gado terdapat mentimun, taoge, kol, kacang panjang, serta telur rebus. Kita bisa mendapatkan protein dari telur rebus, vitamin B dari taoge, dan folat dari kacang panjang. Meski bukan makan besar, sajian ini bisa jadi andalanmu untuk menu pertama yang praktis.

3. Ayam kemangi, inspirasi makanan sahur pertama

Ayam goreng masuk ke dalam daftar menu yang disukai banyak orang. Agar makin spesial, kita bisa menyuntikkan cita rasa kemangi yang segar. Nah, agar mengolah menu sahur pertama ini lebih praktis, amu bisa ungkep ayam di malam hari, atau di sore hari sebelumnya. Jadi, kita tinggal menggorengnya saat menjelang waktu sahur.

Padukan ayam goreng kemangi dengan sajian sayuran, seperti tumisan atau sayur sop agar kebutuhan serat tetap terpenuhi. Yuk, kita simak resep ayam kemangi ini!

4. Tumis cuciwis, ide masak buat sahur pertama

Tak lengkap jika tidak ada sajian tumis sayuran di meja hidang. Tumis cuciwis bisa jadi salah satu menu sahur yang seru. Jika biasanya kita menumis taoge, kangkung, dan bayam, tak ada salahnya mencoba sayuran lain. Cuciwis mengandung asam folat yang tak kalah banyak dari brokoli dan bayam.

Teksturnya yang renyah cocok diolah dengan cara ditumis. Kita bisa menambahkan daging ayam untuk memberikan rasa ekstra gurih. Simak videonya dan coba resep tumis cuciwis ini!

5. Tumis buncis daging cincang, menu makanan untuk sahur pertama

Selain cuciwis, kita juga menyajikan tumis buncis daging cincang. Sayuran yang kaya serat dan protein ini bisa jadi “modal” selama berpuasa seharian. Menambahkan daging sapi cincang pada sajian ini, tentunya akan menambah rasa lezatnya.

Kita bisa membeli daging cincang langsung di supermarket, atau menggiling sendiri menggunakan chopper. Persiapkan daging dari satu hari sebelumnya ya. Menumis tumis buncis daging ini hanya perlu waktu sekitar 30 menit saja. Jadi, tetap praktis untuk waktu sahur. Yuk, coba resep tumis buncis daging ini!

Memang, sahur pertama biasanya disajikan spesial. Selain karena bentuk perayaan menyambut bulan puasa, sajian yang lezat akan membuat kita lebih berselera untuk menyantap makanan di pagi buta. Selamat berpuasa!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.