5 Cara Memasak Beras Merah Agar Lebih Enak | MAHI

5 Cara Memasak Beras Merah Agar Lebih Enak dan Nggak Bikin Bosan

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Juli 31, 2022

Buat yang terbiasa mengonsumsi nasi putih yang pulen, melahap nasi merah memang cenderung terasa seret di tenggorokan. Solusinya, kamu bisa mencoba cara memasak beras merah yang lebih kreatif, yaitu mengolahnya dengan bumbu dan bahan lain untuk memberi rasa nasi merah yang cenderung hambar dan tidak pulen. Sebagai inspirasi, Masak Apa Hari Ini menghadirkan beberapa ide cara memasak beras merah yang bisa kamu ikuti.

Berbagai Variasi Cara Memasak Beras Merah

Nasi beras merah biasanya dimasak dengan kandungan air lebih banyak dari nasi putih karena beras merah memiliki sifat hidrolik, yaitu mudah menyerap air. Memang, sih, nasi merah tak seenak putih, tetapi nasi dari beras merah banyak direkomendasikan berkat kandungan serat dan vitaminnya yang tinggi. Nah, supaya lebih nasi merah tampil lebih menggoda, yuk, coba beberapa cara memasak beras merah lewat variasi ide di bawah ini! Caranya adalah dengan mensubsitusi komposisi beras putih menjadi beras merah.

1. Olah menjadi bubur campur bersama lauk dan sayuran 

Mengolah beras merah sebagai bahan utama bubur campur atau komplet dengan isi lauk dan sayur bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan. Misalnya bubur pedas khas Kalimantan yang memadukan bumbu pedas, sayuran, dan kaldu daging. Selain itu, ada juga bubur nasi khas Manado atau yang juga populer dikenal dengan nama bubur tinotuan. Tekstur nasi merah yang menjadi tercampur bersama bahan lainnya cenderung tak kentara karena bertemu dengan tekstur berbagai ragam sayuran dan bumbu yang kuat. Agar melahap bubur terasa lebih lengkap, jangan lupa sajikan bersama Bango Kecap Manis yang bikin semangkuk bubur lebih mantap!

2. Padukan dengan lauk berbumbu lewat menu nasi bakar  

nasi bakar ayam
Nasi bakar merah dengan lauk berbumbu pedas bisa jadi pilihan paling mantap. (Foto: MAHI)

Suka dengan menu nasi bakar? Saatnya kamu membuat nasi bakar dengan aneka lauk sesuai selera. Misalnya nasi bakar ayam kemangi, nasi bakar ikan tongkol, atau nasi bakar dengan cumi cabai gendot. Masak nasi merah seperti biasa, kemudian aduk rata bersama sebagian bumbu dari lauk yang sudah matang. Misalnya ayam ungkep kemangi, cumi cabai gendot, atau balado tongkol. Siapkan daun pisang, kemudian isi dengan nasi merah dan beri lauk berbumbu ke atasnya. Nasi siap dipanggang di atas bara api hingga harum dan meresap.

3. Jadikan sebagai bahan utama hidangan nasi berempah

Cara memasak beras merah berikutnya adalah mengolahnya bersama lauk dan bumbu rempah kuat dimulai dari proses mengaron nasi. Beras merah diaron bersama bumbu rempah dan potongan  daging yang bikin nasi merah jadi kaya rasa. Cara memasak beras merah ini pasti sukses bikin nasi merah terasa lebih sedap karena sejatinya nasi berempah ini memang dimasak bersama beras yang tidak pulen atau beras basmati. Coba ganti beras basmati pada resep nasi briyani, nasi kebuli, dan nasi mandhi dengan beras merah yang bisa mengubah rasa nasi merah. Variasi lauk utamanya bisa berbahan daging sapi, daging kambing, atau daging ayam.

4. Kombinasikan dengan bahan lain menjadi camilan berbahan dasar nasi

kimbab siap
Ganti komposisi beras putih untuk resep kimbab menjadi beras merah. (Foto: MAHI)

Yuk, coba cari menu camilan berbahan dasar nasi yang sedap! Misalnya cireng nasi, sushi, kimbap, arancini (mirip kroket namun menggunakan nasi), hingga onigiri. Untuk isian sushi, kamu bisa menggunakan lauk yang dimasak lebih dulu seperti daging ayam, salmon, ikan tuna, atau udang yang diaduk rata bersama Hellmann’s Real Mayonnaise dan Jawara Saus Sambal.

5. Nasi goreng selalu jadi pilihan paling praktis

Menyajikan Nasi Goreng Merah dengan taburan bawang goreng.
Nasi goreng merah khas Makassar. (Foto: MAHI)

Disaat tak punya waktu atau banyak pilihan bahan dalam kulkas, memasak nasi goreng bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Kamu bisa mengintip gaya memasak nasi goreng merah a la Makassar, omurice, atau nasi goreng cabai hijau sebagai ide yang tak biasa. Untuk pilihan nasi goreng, selalu sajikan dengan sayuran seperti mentimun, daun selada, atau irisan tomat agar hidangan utama ini tetap komplet.

Yuk, mulai variasikan sumber karbohidrat sehari-hari selain beras putih. Ikuti ragam cara memasak beras di atas agar kamu nggak gampang bosan, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.