Resep Sambal Cumi Asin Cabai Gendot - MAHI

Resep Sambal Cumi Asin Cabai Gendot yang Pedas dan Bikin Nagih

Simpan ke bagian favorit

Ingin resep sambal cumi asin yang bikin ketagihan? Dengan cabai gendot berlimpah bikin santap cumi asin jadi lebih seru. Berikut adalah resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Valentina|Juni 2, 2021

Kamu penyuka cumi asin dengan bumbu pedas? Kalau begitu resep Sambal Cumi Asin Cabai Gendot cocok banget memuaskan selera lidahmu. Kalau biasanya cumi dimasak dengan bumbu cabai hijau, supaya lebih unik dan berbeda kali ini seafood olahan favorit dimasak pedas bersama irisan cabai gendot yang berlimpah. Cabai gendot adalah salah satu jenis cabai berbentuk lonjong dan gemuk seperti paprika berukuran kecil dan lonjong. Cabai ini banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Supaya lebih pedas, aku menambahkan cabai rawit merah ke dalam racikan bumbu halus. Kalau kamu tidak terlalu menyukai cita rasa pedas, substitusi cabai gendot dengan cabai hijau besar, dan hilangkan cabai rawit merah dari racikan bumbu halus. Untuk cumi asin, kamu bisa menggunakan cumi ukuran sedang atau jenis cumi baby.

Sambal Cumi Asin Cabai Gendot bukan hanya sedap dijadikan sebagai pelengkap atau sambal. Tetapi juga sedap disajikan sebagai lauk pendamping. Makin mantap kalau disandingkan dengan sayuran tumisan, misalnya Tumis Genjer, Tumis Kangkung, atau Tumis Cuciwis. Yuk, belanja cumi asin!

Bahan-bahan

Bumbu halus

  • 150 g bawang merah
  • 50 g cabai rawit merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara membuat

1

Panaskan minyak, tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan serai hingga harum.

2

Masukkan cabai gendot, tumis hingga layu.

3

Masukkan cumi, Bango Kecap Manis Light, dan Royco Kaldu Ayam. Masak sambil diaduk hingga matang. Angkat. Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.