Jenis Masakan


Cara Memasak Bakwan Jagung Agar Tidak Mudah Benyek

Simpan ke bagian favorit

Dilla|Desember 12, 2019

Di antara banyak menu pendamping, bakwan jagung masuk ke dalam daftar favorit. Gorengan berbahan dasar jagung ini memang punya rasa yang gurih. Cocok disandingkan dengan ragam masakan, seperti ayam goreng atau tumis sayuran. Agar teksturnya sempurna, ada beberapa cara memasak bakwan yang bisa kita lakukan.

Meski terkesan sederhana, membuat bakwan jagung memang cukup menantang. Jika salah langkah, bakwan jagung akan mudah benyek, berminyak, atau bantet. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara memasak bakwan yang bisa kamu ikuti. Berikut ulasannya.

1. Cara memasak bakwan dengan mencampurkan terigu

Terigu yang dipakai untuk membuat bakwan memegang peranan penting. Campurkan tepung terigu protein sedang bersama tepung beras dengan perbandingannya kurang lebih 4:1. Jadi jika tepung terigunya 200 gram, gunakan 50 gram tepung beras.

Tepung terigu protein sedang akan mengurangi kemungkinan bantet karena mengandung lebih rendah gluten. Sedangkan tepung beras akan menjaga kerenyahan bakwan lebih lama dibanding tepung terigu.

2. Menggunakan putih telur

Telur memang menambah cita rasa gurih pada bakwan jagung. Namun, menambahkan telur akan membuat teksturnya gampang lembek. Jika ingin merekatkan adonan dengan telur, pilih putih telurnya saja.

Kuning telur mengandung lemak dan kolesterol lebih tinggi dibandingkan bagian putihnya. Hal inilah yang menjadikan bakwan cenderung lebih cepat benyek.

Beberapa bakwan jagung di atas piring kayu dengan sambal.
Bakwan jagung yang renyah bisa dijadikan camilan atau menu pendamping makan siang. (Foto: Shutterstock)

3. Tidak menambahkan air

Kamu juga boleh kok menghindari penambahan air pada adonan. Jangan takut, jagung memang akan mengeluarkan air secara alami. Jumlahnya cukup untuk membuat adonan tercampur rata.

Jika ingin menambahkan air, gunakan air es saja. Air dingin akan menghasilkan adonan yang lebih kering ketika digoreng. Penggunaan air es tidak hanya diperuntukkan untuk bakwan jagung saja, tapi juga bakwan sayur hingga tempura.

4. Menggunakan teknik deep frying

Selain menyiapkan adonan, teknik memasak adalah langkah berikutnya yang perlu diperhatikan. Agar seluruh permukaan bakwan matang sempurna, masaklah dengan metode deep frying. Gunakan wajan yang bagian tengahnya cekung sehingga menampung banyak minyak.

Goreng bakwan dengan api sedang. Biarkan seluruh permukaannya terendam minyak secara merata. Pastikan minyak dalam keadaan panas ketika memasukkan adonan bakwan ke dalam penggorengan.

5. Masukkan sayuran secara bertahap

Jagung yang sudah terkupas.
Selain jagung, kita juga bisa membuat bakwan tahu dan bakwan sayur. (Foto: Shutterstock)

Cara memasak bakwan berikutnya yang perlu diperhatikan adalah langkah memasukkan sayuran dan mengaduknya. Sebelum memasukkan sayuran, kita siapkan adonan tepung terlebih dahulu. Campurkan tepung, air es, dan putih telur lalu aduk. Nah, pengadukannya jangan terlalu kuat ya karena dapat membuat gluten aktif sehingga tekstur akhir bakwan jadi lembek.

Baru setelah itu, kita tambahkan sayuran sedikit demi sedikit lalu aduk kembali. Sayuran ditambahkan ketika kita akan menggoreng bakwan agar teksturnya masih kriuk.

Lima cara memasak bakwan di atas bisa kamu coba untuk menyajikan tekstur bakwan jagung terbaik. Lihat resep lengkap membuat bakwan jagung, dan coba juga resep bakwan tahu yang nikmat ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.