5 Tips Masak Enak dengan Bujet 50 Ribu

Wina|Juni 4, 2018

Memasak merupakan pilihan terbaik untuk berhemat dibandingkan harus membeli makan di luar yang kebersihan makanannya belum tentu terjaga. Terlebih ketika harus berhemat, jelas belanja dan masak sendiri adalah pilihan yang lebih cocok untuk dompet. Nah, ingin makan enak yang murah meriah? Berikut 5 tips masak enak dengan bujet 50 ribu rupiah saja.

1. Bubur ayam kuah kuning

Tips Masak Enak
Murmer dan bikin perut kenyang sampai makan siang tiba. (Foto: Shutterstock)

Budaya sarapan sebelum memulai aktivitas adalah yang paling penting untuk orang Indonesia. Salah satunya yang terkenal adalah bubur ayam kuah kuning yang lengkap nutrisinya dan mudah dibuatnya. Agar lebih mudah di pagi harinya, sebaiknya kamu membuat kuah kuningnya di malam sebelumnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: beras, ayam, bawang merah, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, air, kemiri, jahe, ketumbar, kunyit, serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam, garam, dan merica.

Berikut langkah membuatnya:

  1. Masak beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker bersama air kaldu ayam. Ketika sudah menjelang matang, aduk-aduk bubur secara perlahan. Jika bubur masih tergenang air, kembali atur rice cooker ke mode “cooking”. Jika sudah mengental menjadi bubur, angkat dan sisihkan.
  2. Untuk membuat kuah kuning: Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, dan kunyit) bersama daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Masukkan ayam matang yang sudah disuwir-suwir. Tambahkan air dan aduk rata. Bumbui dengan garam dan merica, kemudian masak hingga matang.
  3. Sajikan bubur dengan siraman kuah kuning.

2. Rendang ayam

Tips Masak Enak
Dengan resep ini, kamu paling tidak membutuhnya setengah kilo ayam yang harganya tidak sampai 30 ribu! (Foto: Shutterstock)

Rendang ayam tidak kalah lezatnya dengan rendang sapi. Dengan resep ini, kamu bisa kok makan rendang meski belum gajian. Ada satu tips dariku nih, beli bumbu giling yang sudah siap pakai di pasar. Selain praktis, bumbu giling juga lebih hemat karena kamu hanya membeli yang kamu butuhkan.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan: ayam, santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, Royco Kaldu Ayam, ketumbar, merica, kemiri, kunyit, garam dan minyak sayur.

Berikut langkah-langkah membuatnya:

  1. Cuci bersih ayam dan sisihkan.
  2. Tumis bumbu giling hingga harum kemudian masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Aduk hingga rata kemudian masukkan ayam.
  3. Masukkan santan secara perlahan. Aduk sambil bumbui dengan garam dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga matang. 

3. Tumis kangkung & udang

Tips Masak Enak
Enak dan tinggal ditumis. Semakin istimewa karena tambahan udang yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Ini dia sayur kegemaran orang Indonesia, murah meriah dan nikmat disantap bersama nasi hangat. Tips masak enak dariku adalah: selalu masak kangkung dekat dengan waktu santapnya. Selain itu, daun kangkung mudah berubah warna menjadi hitam. Agar lebih awet, simpan dengan cara merendam akar kangkung di dalam mangkuk.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan: kangkung, udang, bawang putih, cabai merah, Royco Kaldu Ayam, garam dan air.

Berikut cara membuatnya:

  1. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  2. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Masukkan kangkung dan aduk hingga rata serta tambahkan sedikit air. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Aduk sebentar lalu sajikan. 

4. Orek tempe pedas basah

Tips Masak Enak
Ingin lebih hemat? Masak dalam jumlah yang banyak lalu simpan di dalam kulkas. Tinggal dihangatkan saat ingin disantap. (Foto: Shutterstock)

Tips masak enak berikutnya adalah menggunakan tempe, makanan murah meriah kaya protein ini sudah menjadi sahabat semua orang yang ingin makan enak tapi tidak menguras kantong.

Untuk memasak resep ini kamu membutuhkan: Tempe, bumbu iris (bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, daun salam, lengkuas), air, tepung maizena, Kecap Bango Manis, dan Royco Kaldu Ayam.

Berikut langkah membuatnya:

  1. Potong dadu tempe lalu goreng setengah matang. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu iris dengan minyak hingga harum. Kemudian masukkan tempe dan tambahkan sedikit air. Sambil menunggu mendidih, masukkan Kecap Bango Manis dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk hingga rata, kemudian kentalkan dengan larutan maizena. Setelah air mulai surut, angkat dan sajikan.

5. Sop ceker ayam

Tips Masak Enak
Baik sebagai teman nyemil atau lauk makan malam, sop ceker ayam rasanya juara! (Foto: Shutterstock)

Sedang tidak terlalu ingin makan daging ayam? Kamu masih bisa makan cekernya yang sama-sama lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: Ceker ayam, bawang putih, bawang merah, daun bawang, seledri, jahe, Royco Kaldu Ayam, merica, air, dan garam

Berikut langkah membuatnya

  1. Rebus ceker dalam panci presto bersama jahe, bawang putih dan sedikit garam, lalu rebus selamat 25 menit. Jika kamu tidak mempunyai panci presto, rebus lebih lama hingga ceker empuk.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi. Sisihkan.
  3. Panaskan ceker bersama kuah rebusannya. Masukkan tumisan bawang bersama merica dan Royco Kaldu Ayam. Aduk hingga rata, kemudian masukkan daun bawang, seledri, dan merica. Biarkan mendidih kemudian angkat.

Demikian tips masak enak dariku kali ini. Semoga bermanfaat ya. Jadi jangan sedih ketika kantong sedang tipis, karena selalu ada cara untuk tetap makan enak!