4 Cara Masak Ayam Kecap Rendah Gula

Maddie|Juni 3, 2018

Olahan daging ayam sudah jadi favorit masyarakat Indonesia, terutama masakan khas rumahan seperti ayam kecap. Bagi kamu yang ingin memasak menu ayam kecap yang lebih sehat, sekarang hadir Kecap Bango Light yang 30% lebih rendah gula. Berikut adalah 4 cara masak ayam kecap rendah gula yang nikmat disantap di segala suasana.

1. Ayam kecap khas Chinatown

cara masak ayam kecap
Kamu juga bisa memasak menu ini menggunakan potongan paha atau dada ayam. (Foto: Shutterstock)

Inspirasi menu satu ini datang dari negeri Tiongkok. Meski namanya ayam kecap, tampilannya mirip dengan ayam panggang – mengkilat dan tidak basah. Karena menggunakan satu ekor ayam, menu ini sempurna untuk jamuan makan bersama keluarga atau untuk hari raya.

Untuk memasaknya kamu akan membutuhkan: Ayam utuh, minyak sayur, jahe, daun bawang, bunga lawang, soy sauce, Kecap Bango Light, Royco Kaldu Ayam, dan air.

Berikut adalah cara memasaknya:

  1. Kuliti ayam kemudian bersihkan bagian dalam dan luarnya.
  2. Siapkan panci berukuran besar (panci harus bisa memuat daging ayam beserta rendamannya). Panaskan minyak dan tumis jahe.
  3. Panaskan air dan masak jahe, daun bawang, dan bunga lawang kemudian didihkan. Tambahkan soy sauce, Kecap Bango Light, Royco Kaldu Ayam, garam, dan air. Masak dengan api kecil selama 20 menit.
  4. Gunakan garpu besar untuk memasukkan ayam. Pastikan seluruh bagian ayam benar-benar ikut terendam dengan sempurna.
  5. Setelah ayam masuk, didihkan air selama dengan api sedang selama 5 menit. Selanjutnya, gunakan garpu untuk mengangkat ayam sambil mengeluarkan isi cairan di dalam rongga ayam. Masukkan ayam kembali ke dalam panci dan masak kembali selama 35 menit lalu matikan api.
  6. Tiriskan ayam dan sajikan bersama sisa saus rebusan ayam.

2. Ayam kecap tumis bawang

Waktu menunjukkan pukul empat sore dan kamu belum menyiapkan makan malam? Jangan pesan antar dulu, karena kamu masih punya waktu kok untuk menyiapkan masakan yang satu ini.

Untuk menu ini kamu akan membutuhkan: Ayam, bawang putih, bawang bombay, cabai rawit, merica, minyak wijen, kecap asin, saus tiram, Kecap Bango Light, air, minyak, dan Royco Kaldu Ayam.

Tiga langkah untuk mengolahnya:

  1. Rendam ayam dengan campuran air perasan jeruk nipis, merica, dan Royco Kaldu Ayam. Rendam selama 1 jam lalu goreng ayam hingga matang. Sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga transparan. Masukkan cabai rawit dan tumis beberapa saat.
  3. Tambahkan Kecap Bango Light, minyak wijen, kecap asin dan saus tiram. Masak hingga mendidih kemudian masukkan ayam dan aduk rata. Tuang air dan masak hingga kuah mengental. Sajikan selagi hangat.

3. Ayam Kecap Saus Teriyaki

cara masak ayam kecap
Legit dan manis tapi rendah gula. (Foto: Shutterstock)

Si kecil rewel dan tidak doyan makanan rumah? Ayam kecap saus teriyaki ini bisa menjadi menu andalan untuk menyiasati anak yang pilih-pilih makanan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk cara masak ayam kecap yang satu ini adalah: Ayam, air kaldu, bawang merah, bawang putih, tomat, Kecap Bango Light, garam, saus teriyaki dan Royco Kaldu Ayam.

Berikut adalah cara memasaknya:

  1. Rebus ayam dengan air kaldu selama 15 menit. Tiriskan ayam dan jangan buang sisa air rebusan ayam.
  2. Iris bawang merah, bawang putih, dan tomat. Tumis hingga harum. Masukkan rebusan ayam, aduk rata dan campurkan dengan sebagian air sisa rebusan ayam.
  3. Bumbui dengan tambahan Royco Kaldu Ayam, Kecap Bango Light, dan saus teriyaki secukupnya. Masak hingga air rebusan menyusut. Matikan kompor dan sajikan.

4. Sayap ayam kecap Hawaii

cara masak ayam kecap
Memasak Sayap Ayam Kecap Hawaii ini semudah menghitung satu, dua, tiga! (Foto: Shutterstock)

Cara masak ayam kecap berikutnya begitu murah meriah dan praktis. Resep ayam kecap Hawaii ini cocok dijadikan menu pelengkap jamuan makan malam yang akan jadi kegemaran seluruh keluarga.

Untuk menu ini kamu membutuhkan: Sayap ayam, madu, Kecap Bango Light, dan jus nanas.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Campur Kecap Bango Light, madu, dan jus nanas ke dalam kantong plastik zip lock. Aduk hingga rata lalu masukkan sayap ayam. Aduk kembali hingga ayam terlapisi saus lalu masukkan ke dalam kulkas selama 1 jam.
  2. Langkah kedua, panaskan oven sampai 190C. Lapisi loyang dengan aluminum foil. Tata ayam dan beri jarak satu sama lain, lalu siram dengan sisa saus. Panggang hingga kulit kecoklatan atau sekitar 1 jam 15 menit. Sajikan dengan nasi hangat.