Inilah Cara Memasak Nasi di Kompor Tanpa Mengandalkan Listrik

Simpan ke bagian favorit

Chef Panji|Oktober 8, 2018

Mati lampu di tengah situasi lapar memang bikin sebal. Sehingga inilah untuk  tahu bagaimana cara memasak nasi di kompor. Ini penting bukan hanya pada saat mati lampu, tetapi juga disaat kamu lapar dan tak punya banyak waktu untuk menunggu nasi matang dalam rice cooker. Apalagi kalau kamu ingin hasil yang lebih sedap dan kemampuan memasak lebih meningkat.

Selain lebih cepat dan hemat listrik, memasak nasi di kompor juga membuat nasi lebih awet dan tidak cepat kering atau berubah warna berkat proses menghangatkan dalam penanak nasi elektrik. Sesudah memahami cara memasak nasi di kompor, kamu tentunya takkan perlu lagi mengandalkan rice cooker. Bahkan akan lebih memudahkan kamu saat sedang traveling di alam bebas, misalnya kala mendaki gunung atau sedang menantang diri berkemah di alam bebas seperti pegunungan atau pantai.

Beberapa cara memasak nasi tradisional ini wajib kamu ketahui supaya bekal memasaknya bertambah, diantaranya:

Kukus

Cuci bersih beras, kemudian beri air secukupnya. Masak nasi di atas api sedang hingga airnya terserap habis. Angkat. Kemudian pindahkan nasi ke dalam dandang atau panci pengukus. Masak hingga matang. Pindahkan ke dalam dandang panas, kukus nasi hingga matang.

Aron

Dengan hanya menggunakan panci biasa atau panci liwet, kamu juga bisa memasak nasi tanpa harus mengukusnya. Masak nasi di atas api sedang hingga airnya terserap, sambil sesekali diaduk agar matang merata. Berikutnya kecilkan api dan masak nasi hingga matang sambil kembali sesekali diaduk agar tidak berkerak. Sebaiknya gunakan panci yang bagian dasarnya memiliki material yang tebal agar tak mudah gosong serta berkerak.

cara memasak nasi di kompor
Agar lebih sedap, masak nasi kuning dengan bumbu dan Royco Kaldu Ayam. (Foto: Shutterstock)

Ingin memasak nasi lebih cepat? Rendam beras semalaman, lalu ganti air rendaman, masak nasi seperti biasa. Karena beras sudah menyerap air, maka nasi akan lebih cepat matang. Ingin lebih sedap? Maka masak bersama bahan-bahan berikut ini:

Masak bersama bahan pengharum

Setelah kamu sudah jago dalam memasak manual dengan panci, kamu bisa menambah skill kamu dengan menambahkan bahan-bahan aromatik. Misalnya daun salam, serai, lengkuas, atau daun pandan.

Masak bersama kaldu

Nasi bercita rasa daging bisa kamu dapat dengan mengganti komposisi air dengan kaldu, misalnya kaldu ayam atau kaldu sapi. Sempurnakan dengan sentuhan Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi pada saat menanak nasi.

Masak bersama santan

Untuk memasak nasi liwet atau nasi uduk yang sedap, gunakan santan sebagai pengganti air. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas untuk memberi aroma dan rasa yang sedap pada nasi. Jangan lupa menambahkan Royco Kaldu Ayam untuk cita rasa nasi berbumbu yang lebih mantap.

Masak nasi berwarna

Selain memberi sentuhan kunyit sebagai pewarna nasi, kamu juga bisa bereksplorasi memberi warna lain pada nasi, misalnya bunga telang untuk warna ungu, daun suji untuk warna hijau, dan tomat untuk warna merah.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.