5 Aneka Olahan Tahu Putih untuk Tanggal Tua - MAHI

5 Aneka Olahan Tahu Putih yang Ekonomis untuk Tanggal Tua

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|November 7, 2022

Sayang kalau hanya digoreng saja karena tahu adalah protein nabati yang punya fleksibilitas di luar nalar. Tahu bisa ditumis, dikukus, dijadikan sup, dibakar, ataupun disemur. Mumpung kamu lagi nggak mager, tidak ada salahnya, lho, kalau mau mulai bereksplorasi dengan aneka olahan tahu putih kali ini. Ada lima resep yang bisa kamu coba, jadi scroll terus ke bawah, ya!

Wait, ngomong-ngomong kenapa harus menggunakan tahu putih, ya? Bukankah ada tahu kuning yang mirip-mirip juga? Betul, sekalian bahas sedikit dulu, deh, beda antara tahu putih dan tahu kuning kalau begitu. Pemanasan dulu sebelum mulai masak!

Tahu Putih vs Tahu Kuning

Keseharian orang Indonesia diwarnai dua pilihan dilematis, apakah kamu team tahu putih atau team tahu kuning? Oke, mari beberkan sedikit cerita di antara keduanya!

Untuk persamaannya, baik tahu putih dan tahu kuning sama-sama punya tekstur padat dan bisa diolah untuk proses memasak yang membutuhkan waktu. Tapi peruntukan keduanya bergantung pada resepnya juga. Mengapa? Semisal kamu ingin menggarap resep opor, maka tahu putih adalah yang semestinya digunakan sehingga kuahnya tetap berwarna putih. Tahu kuning pada saat proses pembuatannya direndam dahulu dalam larutan kunyit, dan bila digunakan untuk menu semacam opor, tentu akan berpengaruh pada warnanya.

Selain itu, tahu kuning juga umumnya sudah dibumbui dengan garam, sehingga kamu perlu berhati-hati menakar bumbunya agar tidak keasinan. Khusus untuk resep-resep berikut, Masak Apa Hari Ini menyarankan penggunaan tahu putih. Nah, makin nggak sabar ingin masak? Cek apa saja resepnya di bagian berikut, ya!

Ragam Olahan Tahu Putih Istimewa dari MAHI

1. Resep sawi putih gulung isi tahu

Hasil masak resep sawi putih gulung isi tahu disajikan.
Nikmatnya kreasi sawi putih gulung isi tahu! (Foto: Shutterstock)

Untuk kreasi masakan tahu putih yang satu ini, mari buat sawi gulung yang diisikan dengan daging cincang, tahu putih, wortel, dan daun bawang. Isikan campurannya ke dalam sawi putih yang sudah dikukus terlebih dahulu agar tidak keras. Setelah diisi, gulung, dan kembali kukus hingga daging menjadi matang. Selebihnya, sawi putih gulung bisa dicocol dengan saus pedas yang nikmat!

Coba masak resep sawi putih gulung, yuk!

2. Resep semur tahu telur

Semur adalah salah satu menu tradisional yang relatif mudah untuk dibuat, apalagi dengan hanya menggunakan tahu putih dan telur yang ekonomis dan tak kalah lezatnya dengan ayam ataupun daging. Kamu cukup menumis bumbu halus dan bahan-bahan aromatik, lalu masak bersama air. Setelah mendidih, bumbui dengan kecap manis, lalu masak bersama telur yang sudah direbus serta tahu yang sudah digoreng. Masak hingga air mulai surut dan bumbu meresap. Setelah itu, langsung, deh, gercep ambil sepiring nasi!

Coba resep semur tahu telur, yuk!

3. Resep tahu telur kecap

Resep ini terinspirasi tahu telur khas Surabaya. Bedanya dengan resep asli yang menggunakan sambal kacang, versi yang satu ini disajikan dengan topping tepung krispi dan berkuah kecap pedas manis segar. Untuk membuatnya, gunakan wajan antilengket agar bentuk terjaga dan mudah dibalikkan. Kalau tidak tersedia, pastikan agar memasak dengan menggunakan wajan yang sudah panas terlebih dahulu sebelum menuangkan minyak.

Coba resep tahu telur kecap ini, yuk!

4. Resep tumis buncis tahu tempe

Olahan tahu putih, tumis buncis tahu tempe, resep masakan tempe disajikan
Inilah resep super simpel yang akan membuat keluarga bahagia! (Foto: MAHI)

Ini dia menu tumisan super simpel yang sayang kalau dilewatkan. Ada paduan kaya gizi antara tahu putih, buncis, dan juga tempe. Kamu hanya perlu menumisnya dengan bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan bumbui dengan garam, merica, serta kecap manis. Sreng, sreng, sreng, tak lama jadi sudah dan menikmatinya dengan nasi hangat saja rasanya selangit!

Coba resep tumis buncis tahu tempe, yuk!

5. Resep tumis tahu hijau

Tak kalah praktisnya dari tumis buncis tahu tempe di atas, resep berikut ini alih-alih menggunakan paduan sayuran seperti kailan, kacang kapri, dan juga jamur shiitake. Tapi sebelum dimasak, tahu perlu dimarinasi terlebih dahulu untuk resep ini. Bumbui dengan minyak, bawang putih, dan cabai merah, diamkan, dan tahu siap untuk ditumis bersama bahan-bahan lainnya.

Coba masak resep tumis tahu hijau, yuk!

Aneka makanan dari tahu putih tadi dijamin bakal meriahkan hari-harimu menyiapkan menu rumahan. Pastinya pas dipadankan dengan aneka masakan lainnya, bukan? Saat ingin berhemat di akhir bulan, aneka olahan tahu putih jelas pilihan yang tepat juga karena ekonomis, enak, dan juga bergizi. Selamat memasak, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.