Resep Sawi Putih Gulung Isi Tahu - MAHI

Resep Sawi Putih Gulung Isi Tahu, Makanan Viral untuk Takjil

Simpan ke bagian favorit

Siapapun tidak boleh melewatkan menu unik dan viral ini - resep sawi putih gulung isi tahu dengan saus pedas. Yuk, kita coba garap untuk takjil!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|April 1, 2022

Sawi putih, biasa juga disebut Napa cabbage atau Chinese cabbage, adalah satu jenis sayuran yang hadir di berbagai masakan. Sayur ini biasa menjadi bagian dari menu masakan tumisan, kukusan, serta sup. Tapi bagaimanakah caranya agar sawi tampil sebagai bahan utamanya? Jawabannya adalah resep sawi putih gulung yang satu ini! Sempat viral belakangan ini karena isian tahunya yang unik, resep ini bakal bikin kamu tergoda untuk membuatnya di rumah. Masakan ini bisa dijadikan sebagai menu camilan atau takjil di bulan puasa bersama keluarga. Asyik, kan?

Ciri khas sawi putih

Sawi putih adalah sayuran yang khas karena warnanya yang terang sehingga menjadikan hidangan lebih menggugah selera dan terasa bervariasi isiannya. Badan dari sawi putih terdiri dari banyak lembaran, dari yang berukuran besar di bagian luarnya hingga kecil di dalam. Warna badannya putih dengan bagian pinggirannya berwarna hijau. Teksturnya renyah dan berisi serta bisa diolah dalam berbagai potongan.

Untuk resep sawi putih ini, gunakan hanya beberapa lembar besar bagian luarnya agar kamu mudah untuk mengisi dan menggulungnya. Sementara biasanya untuk menu sup atau tumisan biasanya sawi putih dipotong-potong dulu dalam ukuran kecil atau bentuk kotak. Salah satu menu terkenal lainnya yang menggunakan sawi putih dalam bentuk potongan adalah sukiyaki.

Sejarah dan kreasi resep sawi putih di dunia

Bicara soal masakan sawi putih gulung, berbagai negara di seluruh dunia memiliki versinya masing-masing. Dalam bahasa Inggris, olahan sawi putih ini biasa disebut sebagai rolled cabbage (sawi putih gulung) atau stuffed cabbage (sawi putih isi). Sayuran ini pertama dibudidayakan di Cina dan tersebar di seluruh dunia berkat diaspora masyarakatnya. Salah satu menu sawi putih yang terkenal malah berasal dari Polandia yang diisikan daging cincang, bawang bombay, dan nasi.

Sementara itu di Jepang biasa diisikan daging cincang, baluran tepung panko, dan berbagai bumbu serta saus. Sementara itu di Indonesia, kamu mungkin biasa melihat penampilan sawi putih gulung yang dikukus sebagai bagian dari masakan siomay khas Bandung.

Di era modern ini, begitu banyak isian resep sawi putih gulung yang bisa dikreasikan. Salah satu yang menjadi populer di ranah para netizen pencinta kuliner adalah yang diisikan dengan tahu dan dipadukan dengan saus pedas. Menu ringan yang kaya tekstur dan rasa ini bisa kamu sajikan sehari-hari sebagai camilan teman makan dim sum ataupun minum teh. Sementara itu di bulan Ramadan, sajikan sebagai alternatif dari makanan gorengan ataupun yang manis-manis.

Bahan-bahan

saus sambal jawara hot
Yang diperlukan:
Jawara Saus Sambal Hot
Beli online
Royco Saus Tiram 275 ml
Yang diperlukan:
Royco Saus Tiram
royco kaldu ayam spesial
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam Spesial
  • 16 lembar sawi putih bagian luar (besar dan berdaun lebar)

Isi

  • 6 buah tahu putih, haluskan
  • 200 g daging ayam giling
  • 100 g wortel, parut
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 sdm minyak wijen
  • ½ sdt merica putih bubuk

Saus

  • 50 g bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 200 ml air
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Cara membuat

1

Kukus sawi putih dalam dandang panas selama 1 menit atau hingga layu. Angkat dan tiriskan.

2

Saus: Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan tomat, cabai, aduk hingga layu. Tuang air, masukkan Jawara Saus Sambal Hot, Royco Saus Tiram, dan sisa semua bahan. Aduk hingga mengental. Angkat dan sisihkan.

3

Isi: Aduk rata semua bahan termasuk Royco Kaldu Ayam Spesial dan Royco Saus Tiram hingga tercampur rata.

4

Ambil selembar sawi putih. Sendokkan bahan isi ke bagiang tengahnya. Lipat kedua sisinya kemudian gulung sambil dipadatkan.

5

Kukus dalam dandang panas hingga matang. Angkat.

6

Sajikan dengan sausnya

Jangan lupa follow akun dan like berbagai postingan dari akun Instagram Masak Apa Hari Ini! Di sana kamu bisa menemukan ide-ide resep, tips memasak, dan banyak lainnya. Tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan ataupun untuk request resep, ya!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.