Cara Bikin Jamur Crispy Renyah - MAHI

5 Rahasia Cara Bikin Jamur Crispy Enak dan Renyah Tahan Lama

5 Rahasia Cara Bikin Jamur Crispy Enak dan Renyah Tahan Lama
Tim MAHI |
Favorit:
Sebarkan:

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang luwes diolah menjadi beragam menu. Selain ditumis dan dipepes, salah satu olahan yang sangat populer adalah jamur crispy. Teksturnya yang renyah dan kriuk, menjadikan menu yang satu ini cocok sebagai lauk pendamping maupun camilan. Cara bikin jamur crispy lumayan mudah, tapi kamu harus intip tipsnya agar terasa renyah dan tahan lama berikut ini.

Tips Agar Jamur Crispy Renyah Tahan Lama

Untuk membuat jamur crispy, kamu bisa menggunakan jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, atau enoki. Cara membuatnya sendiri sebenarnya tidaklah sulit. Tapi, tantangannya adalah bagaimana cara membuat jamur crispy renyah dan tahan lama. Mungkin kamu pernah membuat jamur crispy yang kerenyahannya hanya bertahan beberapa jam saja, dan setelah itu menjadi lembek dan tak lagi crispy.

Nah, dengan tips dari Masak Apa hari Ini berikut, kamu bisa segera bereksperimen di dapur untuk membuat jamur crispy yang kerenyahannya bertahan lama, bahkan hingga berhari-hari.

1. Perhatikan jenis tepung

Pada makanan gorengan, terutama yang berlapis tepung, pemilihan tepung yang tepat menjadi kunci gorengan renyah dan kriuk lebih lama. Nah, untuk cara bikin jamur crispy, perlu tepung pencelup basah dan kering. Untuk tepung pencelup basah, pilih tepung terigu, tepung beras, atau tepung maizena. Sedangkan untuk tepung pencelup kering, pilihlah tepung terigu protein sedang.

2. Tambahkan telur pada tepung pencelup basah

Jamur kancing crispy di atas piring putih.
Perhatikan konsistensi tepung pencelup basah, jangan sampai terlalu kental atau terlalu cair. (Foto: Shutterstock)

Tambahkan kocokan telur pada tepung pencelup basah untuk membuat hasil gorengan jamur crispy lebih renyah. Fungsi telur adalah menggantikan air untuk mengencerkan adonan. Perhatikan konsistensi tepung pencelup basah setelah ditambahkan telur, ya. Penggunaan telur yang terlalu banyak, bisa membuat hasil gorengan jamur menjadi keras karena lapisan tepung menjadi terlalu tebal. Sebaliknya, jika adonan tepung pencelup basah terlalu cair, akan susah menempel di jamur dan membuat jamur jadi lembek.  

3. Gunakan baking soda   

Kamu juga bisa menambahkan sedikit baking soda pada adonan tepung pencelup basah. Baking soda akan bekerja pada suhu panas dan membentuk gelembung pada adonan. Ini juga bisa mempengaruhi kerenyahan jamur crispy yang kamu buat.  

4. Remas-remas jamur saat dilapisi adonan kering

Berbagai jenis jamur di atas permukaan kayu.
Remas-remas jamur untuk membentuk gumpalan tepung di permukaannya. (Foto: Shutterstock)

Setelah jamur dicelupkan ke dalam tepung pencelup basah, gulingkan ke atas adonan kering. Pastikan seluruh bagian jamur diselimuti lapisan tepung, ya. Remas-remas sedikit untuk membentuk gumpalan tepung di permukaan jamur. 

5. Rendam dalam minyak

Untuk mendapatkan tekstur jamur crispy yang garing dan kriuk, pastikan kamu menggoreng jamur hingga seluruh bagiannya terendam minyak. Metode menggoreng dalam minyak banyak ini disebut dengan deep fried. Goreng setidaknya tiga sampai lima menit, dan pastikan kamu tidak memasukkan jamur dalam jumlah banyak agar tidak saling menempel dan matangnya maksimal.  

Setelah matang, tiriskan jamur crispy dengan tisu atau paper towel yang food grade sampai semua minyak di permukaannya terserap. FYI, setelah digoreng, kamu juga bisa, lho, memasukkan jamur crispy ke dalam kulkas agar tetap kriuk saat dinikmati. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, cara bikin jamur crispy agar renyah dan kriuknya tahan lama? Kalau mau yang sedikit berbeda, coba resep jamur crispy saus Thailand, yuk. Cocok banget untuk pendamping nasi hangat!

Artikel terbaru