5 Aneka Takjil Tanpa Santan untuk Buka Puasa

Wina|Mei 28, 2018

Bulan puasa adalah bulannya kita bisa menyantap makanan enak setelah seharian menahan haus dan lapar. Hidangan di bulan puasa biasanya lebih spesial dan banyak macamnya. Khusus kamu yang doyan makanan bersantan, ‘rem’ dulu hasrat ini, ingat santan dapat menyebabkan kolesterol, lho! Berikut aku bagi 5 aneka takjil tanpa santan untuk buka puasa.

Asinan Betawi

Di tengah gempuran aneka takjil serba kekinian yang menghiasi lini masa media sosial kita, makanan lokal seperti asinan Betawi tetap masih banyak penggemarnya. Mirip dengan asinan lainnya, asinan Betawi ini terbuat dari aneka sayuran yang disajikan dengan guyuran saus kacang yang khas. Kuah dari asinan Betawi ini menyimpan sensasi pedas, asin, manis, dan asam.

Karena tidak menggunakan santan, makanan ini aman disantap untuk seluruh anggota keluarga. Abang-abang penjual asinan Betawi keberadaannya memang mulai langka, tapi kamu bisa dengan mudah membuatnya di rumah. Untuk membuat asinan Betawi kamu membutuhkan: selada, sayur asin, tauge, tahu, mentimun, kacang tanah, mie kuning, air, gula merah, kacang tanah goreng, cabai merah, cabai rawit, ebi sangrai, cuka, dan garam.

Cara membuatnya:

  1. Rebus gula merah bersama air hingga mendidih dan gula larut.
  2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan (kacang tanah, cabai merah, cabai rawit, ebi sangrai, cuka, dan garam). Rebus sampai mendidih. Dinginkan.
  3. Tata aneka sayuran dan tahu yang sudag dipoting di dalam mangkuk. Siramkan bumbunya.
  4. Langkah keempat, sajikan bersama kerupuk, mie kuning, dan taburan kacang goreng.

Puding Matcha

aneka takjil
Sajikan bersama anko (pasta kacang merah) dan kinako (bubuk kacang kedelai). (Foto: Shutterstock)

Di gerai-gerai kopi ibu kota, minuman berbasis matcha masih menjadi top seller. Perpaduan rasa manis dan sedikit pahit dari matcha justru membuatnya mudah berpadu dengan aneka takjil atau resep makanan. Pernah mencoba lezatnya puding matcha? Tekstur puding yang halus dan lembut dengan rasa pahit-manis dapat menjadi pilihan menu takjil saat berbuka puasa. Untuk membuat puding matcha kamu membutuhkan: bubuk agar-agar, bubuk matcha, susu cair, gula pasir dan sedikit garam.

Berikut ketiga langkah membuatnya:

  1. Larutkan bubuk matcha dengan beberapa sendok air hangat. Sisihkan.
  2. Masak susu bersama agar-agar, garam, dan gula dengan api kecil. Terus aduk dengan kecepatan konstan agar susu tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan larutan matcha dan masak kembali hingga mendidih.
  3. Masukkan adonan ke dalam cetakan dan dinginkan di dalam lemari es.

Kembang Tahu Kuah Jahe

Aneka takjil
Sajikan bersama potongan kacang pistacchio untuk tampilan yang lebih cantik. (Foto: Shutterstock)

Jajanan yang satu ini menyimpan nostalgia masa kecil bagi kamu yang hobi jajan. Kembang tahu yang lembut disajikan bersama siraman kuah gula merah yang dimasak bersama potongan jahe. Hangat dan bikin tenggorokan adem! Untuk membuat takjil ini kamu membutuhkan: susu kedelai, bubuk agar-agar, jahe, gula merah, air, daun pandan dan garam.

Berikut adalah langkah-langkah membuatnya:

  1. Masak kembang tahu. Kemudian masukkan susu kedelai, agar-agar, dan sedikit garam di dalam panci dengan api rendah. Masak hingga mendidih. Tuang ke dalam mangkuk dan dinginkan.
  2. Masak kuah jahe. Siapkan air di dalam panci, lalu masukkan gula merah, jahe, daun pandan, dan sedikit garam. Masak sambil terus aduk-aduk hingga mendidih. Dinginkan lalu saring kuah.
  3. Sajikan kembang tahu bersama kuah jahe.

Smoothie Bowl

aneka takjil
Sebelum dimakan, wajib foto dulu! (Foto: Shutterstock)

Dari semua aneka takjil kekinian, kamu belum resmi menjadi anak millennial kalau belum mencoba smoothie bowl! Hidangan yang sedang nge-trend ini selain sehat juga estetik dan instagrammable.

Yuk, kita buat smoothie bowl dari buah naga! Untuk membuat takjil ini kamu membutuhkan: buah naga, pisang, susu kedelai, air kelapa. Haluskan seluruh bahan ke dalam blender dan sajikan di dalam mangkuk. Hiasi smoothie bowl dengan aneka buah atau kacang-kacangan sesuai keinginan kamu.

Es Buah Selasih

Yang segar-segar tidak selalu sulit dibuatnya kok. Misalnya es buah selasih yang satu ini. Untuk ini kamu membutuhkan: buah melon, pepaya, kelapa muda, biji selasih, sirup dan air.

Cara membuatnya:

  1. Potong-potong buah dalam bentuk menarik sesuai selera kamu.
  2. Masukkan sirup ke dalam gelas. Masukkan potongan buah bersama kelapa muda dan selasih. Tuang air dingin dan es batu. Aduk dan sajikan.

Selesai sudah beberapa ide untuk aneka takjil tanpa santan dariku. Jangan lupa untuk cek resep-resep dan bumbu-bumbu yang telah kubagi juga ya. Semoga jadi inspirasi untukmu!