Resep Tempe Goreng Tepung Pedas Renyah - MAHI

Resep Tempe Goreng Tepung Pedas, Menu Lauk dan Camilan Favorit

Simpan ke bagian favorit

Nikmati rasa gurih pedas dan renyah dari resep tempe goreng tepung berikut! Sajikan sebagai lauk ataupun camilan, dan nikmati bersama keluarga!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|September 24, 2022

Apakah dua jenis makanan yang selalu bersaing mencari follower terbanyak di Indonesia? Jawabannya adalah tempe dan tahu. Sebagai favorit jutaan umat, keduanya hampir selalu hadir di setiap kesempatan. Untuk menambah koleksi resep kamu di dapur, coba resep tempe goreng tepung pedas berikut ini, yuk!

Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah

Mungkin kamu bertanya-tanya, alih-alih membahas soal tata cara membuat tempe goreng tepung, mengapa malah ada judul cara membuat tempe sendiri di rumah. Jawabannya, kenapa tidak? Ternyata membuat tempe sendiri di rumah sangatlah memungkinkan, bahkan sangat dianjurkan. Prosesnya memang membutuhkan waktu, namun skill ini punya banyak manfaat. Selain lebih hemat, membuat sendiri bahan makanan yang menyehatkan di rumah tentu terasa lebih higienis. Lebih serunya lagi, kamu bisa berkreasi tak hanya dengan kacang kedelai, namun juga jenis kacang-kacangan yang lain.

Untuk kamu yang berminat untuk mulai membuatnya sendiri di rumah, Masak Apa Hari Ini sudah menyiapkan satu video yang kamu bisa cek pada artikel Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah. Selain bahan-bahan pembuat tempe, kamu juga perlu mempersiapkan baskom besar untuk proses pencucian dan perendaman kedelai. Mengapa ukuran besar? Kacang kedelai akan mengembang sehingga kamu membutuhkan baskom dengan ukuran 2-3 kali lebih besar dari volume kacang bahan yang direndam. Selain itu kamu perlu menyiapkan tampah yang akan digunakan untuk proses penirisan kacang kedelai sesudah melewati proses awal. Jangan lupa siapkan dandang juga untuk mematangkan kacang kedelai sebelum difermentasi.

Ide Menu Lainnya Selain Tempe Goreng Tepung

Tempe adalah protein nabati murah meriah yang sangat fleksibel karena bisa diolah sebagai lauk ataupun camilan. Bahkan tempe goreng tepung pedas kali ini bisa merangkap keduanya sekaligus. Sajikan hangat, maka kamu bisa menikmati betapa nikmat dan renyahnya! Untuk resep lauk lainnya, kamu bisa mencoba opor tahu tempe atau tempe bacem. Sementara itu, tak kalah menariknya ada beberapa resep camilan seperti keripik tempe ataupun tempe mendoan!

Apa yang akan kamu masak selanjutnya setelah tempe goreng tepung? Selalu cek koleksi resep Masak Apa Hari Ini dari waktu ke waktu, ya!

Bahan-bahan

jawara cabai tabur bawang goreng
Yang diperlukan:
Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng
  • 300 g tempe, iris tipis
  • 150 g tepung terigu
  • 3 sdm tepung beras
  • 320 ml air
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • Minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Aduk rata tepung terigu, tepung beras, dan air. Tambahkan bumbu halus dan 1 sdm Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. Tambahkan daun bawang, aduk rata.

2

Panaskan minyak, Sisihkan. Ambil beberapa iris tempe, celupkan ke dalam adonan tepung.

3

Goreng tempe hingga matang dan garing. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

4

Siapkan piring saji. Taburi tempe goreng panas dengan sisa Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.