Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah, Enak dan Lebih Hemat

Simpan ke bagian favorit

Yuk, praktikkan cara membuat tempe sendiri di rumah! Modal awal sebelum kamu mulai membuat variasi tempe dari jenis kacang-kacangan lain.

6 Porsi
Cukup rumit
Valentina|September 29, 2020

Siapa bilang kamu nggak perlu tahu bagaimana cara membuat tempe? Sebagai menu sehari-hari, fermentasi dari kacang kedelai ini ternyata mudah dibuat. Kamu hanya membutuhkan kesabaran dan komitmen hingga proses fermentasi tempe ini berhasil. Memang terkesan merepotkan, tetapi bukannya tak mungkin kalau kamu malah ketagihan bikin tempe sendiri setelah melewati proses pembuatannya.

Tempe merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat populer di Indonesia selain tahu. Belakangan tempe digandrungi oleh pencinta makanan organik dan dibuat dalam berbagai variasi kacang-kacangan. Dimulai dari kacang kedelai hitam, kacang tolo, kacang hijau, kacang koro, bahkan hingga kacang edamame. Salah satu bahan penting dalam pembuatan tempe selain kacang-kacangan adalah ragi tempe. Bahan inilah yang akan menyempurnakan proses fermentasinya. Supaya lebih gurih, tambahkan Royco Kaldu Ayam ke dalam adonan tempe.

Ada beberapa alat pendukung yang perlu disiapkan untuk memudahkan proses pembuatan tempe. Misalnya baskom besar untuk proses pencucian dan perendaman kedelai. Kacang kedelai akan mengembang dan menjadikan sehingga kamu membutuhkan baskom dengan ukuran 2-3 kali lebih besar dari volume kacang bahan utama yang direndam. Sementara tampah digunakan untuk proses penirisan kacang kedelai sesudah melewati proses awal. Jangan lupa juga panci pengukus atau dandang untuk mematangkan kacang kedelai sebelum difermentasi.

Yuk, tantang diri kamu untuk mempraktikkan cara membuat tempe rumahan ini! Bahan utama untuk tempe mendoan, oseng tempe, hingga keripik tempe bisa didapat di dapur sendiri.

Bahan-bahan

  • 500 g kacang kedelai
  • ½ sdt ragi tempe
  • daun pisang, untuk membungkus
  • tusuk gigi

Cara membuat

Merendam kedelai dalam baskom berisi air semalaman.
1

Rendam kedelai di dalam wadah berisi air semalaman dengan volume kedelai dan air 1:3. Buang kedelai yang tidak layak ditandai dengan kondisi kedelai yang mengapung sesudah proses perendaman.

Merebus kedelai dalam panci setelah direndam semalam suntuk.
2

Bilas kedelai selama 2-3 kali atau hingga bersih. Rebus dengan perbandingan kedelai dan air 1:3 di atas api sedang selama sekitar 1 jam. Angkat.

Membilas hasil kedelai yang telah direbus.
3

Bilas kedelai dengan air mengalir sambil pisahkan kacang kedelai dari kulit arinya. Lakukan proses membilas ini sambil meremas kacang kedelai supaya kulit arinya terlepas. Rendam kacang kedelai kembali selama 2×24 jam.

4

Bilas kedelai yang sudah direndam dengan air mengalir. Kukus dalam dandang panas hingga matang selama sekitar 40 menit. Angkat.

Mendinginkan kedelai yang sudah direbus di atas tampah dengan kipas angin.
5

Tiriskan kedelai kukus di atas tampah sambil dikipas untuk mempercepat penguapan. Diamkan hingga kedelai kering.

Menambahkan ragi pada kedelai yang tengah dikeringkan di atas tampah.
6

Taburi ragi tempe, aduk rata. Tambahkan Royco Kaldu Ayam, aduk kembali hingga rata.

Membungkus tempe dalam daun pisang.
7

Sendokkan tempe ke atas daun pisang. Ukuran tempe bisa disesuaikan dengan selera kamu. Bungkus sambil dipadatkan, lalu sematkan dengan tusuk gigi.

Hasil cara membuat tempe kini siap untuk diolah dan diletakkan di atas talenan di atas meja kayu.
8

Simpan tempe dalam suhu ruang selama sekitar 36 jam. Tempe siap diolah.

Selamat berpetualang dengan kegiatan baru yang seru ini!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.