Sayur sop bakso dalam mangkuk putih.

Resep Sayur Sop Bakso Sederhana dan Lezat, Praktis Untuk Tanggal Tua

Hidangan sayur sop sederhana yang sedap dan mudah dibuat. Cocok buat kamu yang lagi cari resep untuk tanggal tua. Padukan dengan lauk sedap yang nggak kalah ekonomis. Misalnya telur balado, oseng tempe, atau tahu balado.
Sayur sop bakso dalam mangkuk putih.
Valentina Limbong | Feb 05, 2024

Masakan sayur sederhana seperti sayur sop bakso, tumis buncis, atau tumis taoge biasanya jadi menu andalan kalau menjelang tanggal tua. Nah, buat kamu yang lagi cari ide buat menu hemat sebelum gajian, bikin sayur sop bakso, yuk!

Kamu bisa membuatnya dari bakso sapi atau bakso ayam yang pernah kamu buat sebelumnya atau bakso siap saji. Supaya kuahnya lezat dan kaya rasa, tambahkan tulang ayam atau kaki ayam untuk kaldunya. Jangan lupa selalu hadirkan Royco Kaldu Ayam ke dalam racikan sup sayuran ini.

5 Variasi Resep Sayur Sop Rumahan Enak dan Lezat

Selain sayur sop dengan irisan bakso, kamu juga bisa mencoba beberapa variasi resep sop sayuran lainnya. Misalnya dengan protein daging ayam atau daging sapi.

1. Resep Sayur Sop Ayam Kampung
Pilih ayam kampung muda supaya dagingnya cepat empuk. Selain lebih gurih dan kaya rasa, sop berbahan ayam kampung juga cenderung lebih rendah lemak. Cocok buat kamu yang sedang ingin diet.

2. Resep Sop Tulang Sapi Sayuran
Cocok banget buat kamu yang ingin menyajikan hidangan sop tulang sapi a la rumah makan. Selain tulang muda, kamu juga bisa menggunakan tulang sum-sum sapi. Supaya tidak aromanya tidak terlalu kuat, rebus tulang sapi terlebih dulu untuk mengilangkan kotoran dan lemak berlebih.

3. Resep Sayur Sop Ayam Rumahan
Menu andalan harian yang wajib selalu ada setiap minggu di rumah. Bila ingin menyajikan untuk si kecil, gunakan Royco Kaldu Ayam Spesial atau Royco Kaldu Jamur yang dibuat tanpa bahan MSG dan bahan pengawet. Royco Kaldu Ayam Spesial dan Royco Kaldu Jamur juga cocok digunakan untuk menu MPASI.

4. Resep Sayur Sop Iga Sapi
Hidangan ini cocok banget untuk tanggal muda atau saat akan kedatangan keluarga besar ke rumah. Supaya mendapat rasa kaldu yang ‘tebal’ dan kaya rasa, kamu bisa memasak daging iga dalam slow cooker hingga empuk. Jangan lupa sertai sambal rawit dan jeruk nipis, ya!

Selain sebagai menu sayur, hidangan sayur sop juga praktis disajikan sebagai menu sayur sekaligus lauk. Jadi lebih hemat waktu dan energi, kan? Yuk, siapkan bahan membuat sayur sop bakso ini untuk siang nanti! Untuk ide resep lezat dan mudah lainnya, ikuti juga Instagram Masak Apa Hari Iniya!

Bahan

4
Porsi

250
g kaki ayam atau ceker ayam, siangi
10
butir bakso sapi atau bakso ayam, potong 4 bagian
150
g wortel, potong serong
100
g buncis, potong 3 cm
100
g kembang kol, siangi
1
buah tomat, potong 4 bagian
1
lembar daun salam
1
batang selederi, iris 1 cm
1
batang daun bawang, iris 1 cm
1100
ml air, untuk merebus
2
sdm minyak, untuk menumis

Bumbu sayur sop bakso, haluskan:

7
butir bawang merah
5
siung bawang putih
1
sdt garam
½
sdt merica putih bubuk

Cara membuat

1

Rebus kaki ayam atau ceker bersama daun salam hingga mendidih. Buang buih kotor yang mengapung ke permukaan air. Kecilkan api. Sisihkan.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat dan tuang ke dalam panci berisi kaldu ceker, aduk.

3

Tambahkan buncis, kembang kol, dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata. Masak hingga kembang kol hampir matang.

4

Masukkan tomat, seledri, dan daun bawang, aduk hingga layu. Angkat dan sajikan.

Produk

Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr