Resep sop iga sapi disajikan dalam mangkuk.

Resep Sop Iga Sapi Sederhana dan Enak untuk Menu Ramadan

Ternyata racikan resep sop iga sapi rumahan bisa seenak makan di restoran, lho! Simak video cara membuatnya, ya!
Resep sop iga sapi disajikan dalam mangkuk.
Rian Farisa | Feb 16, 2023

Penasaran dengan resep sop iga sapi rumahan yang seenak masakan di restoran? Selamat, kamu sudah menemukan resep yang kamu cari di sini!

Daging iga memang sedang naik daun penggunaannya, meski masakannya sebenarnya sudah lama dikenal oleh jutaan rumah tangga di Indonesia. Namun, masih banyak yang penasaran cara mengolahnya. Meski resep ini mirip dengan sup buntut dari segi penampilan serta komposisinya, penggunaan iga memberikan sentuhan tersendiri yang berbeda. Hal ini karena iga juga terkenal sebagai bagian sapi yang sedap dan juicy. Inilah yang menjadikan resep sop iga sapi spesial di hati para penggemarnya.

Buat kamu yang berencana mengolah resep ini, mungkin bertanya-tanya berapa lama merebus daging iga sapi sampai empuk? Jawabannya, tergantung jenis iga yang kamu pilih dan jenis panci yang digunakan. Biasanya, iga sapi muda dan iga sapi impor akan lebih cepat empuk. Dan penggunaan panci tekan atau presto juga akan membantu memangkas waktu merebus iga sapi. Rata-rata, kamu membutuhkan waktu 30 menit sampai 2 jam untuk merebus iga sapi hingga empuk.

Kunci mendapatkan kuah kaldu yang lezat ada pada penggunaan Royco Kaldu Sapi dan Bango Kecap Manis. Simak resep sop iga rumahan secara lengkap di bawah ini, ya! Bayangkan tersaji hangat dan segar sebagai hidangan buka puasa ataupun untuk menu spesial Lebaran. Mantap!

Jika kamu penasaran dengan berbagai jenis sup atau olahan iga sapi sederhana lainnya, jangan ragu mencoba resep sop konro ataupun gulai iga sapi. Terakhit, pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like!

Bahan

8
Porsi

500
g iga sapi, potong kecil
2.5
L air
5
butir cengkih
2
cm kayu manis
1
butir pala, memarkan
2
cm jahe, memarkan
2
sdm minyak sayur
3
buah kentang, potong dadu
2
buah wortel, potong dadu
2
batang daun bawang, iris tipis
2
batang daun seledri, iris tipis
2
buah tomat, potong delapan

Bumbu halus

8
butir bawang merah
4
siung bawang putih
1
sdt merica putih bubuk

Bahan sambal

10
buah cabai rawit merah, rebus

Cara membuat

sop iga sapi
1

Didihkan 1 L air di panci. Rebus iga selama sekitar 20 menit di atas api kecil hingga mendidih. Angkat, saring.

sop iga sapi
2

Rebus kembali iga dengan 1,5 liter air yang baru. Masukkan cengkih, kayu manis, dan pala. Didihkan selama 60 menit di atas api kecil hingga iga setengah empuk. Sisihkan.

sop iga sapi
3

Panaskan minyak di wajan di atas api sedang. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan bumbu ke dalam rebusan iga. Masak hingga iga empuk.

sop iga sapi
4

Tambahkan kentang, masak hingga matang. Masukkan semua sisa bahan ke dalam panci. Bubuhkan Bango Kecap Manis, masak sedikit lagi hingga matang .

sop iga sapi
5

Sambal: Haluskan cabai rawit, siram dengan kuah iga sapi.

sop iga sapi
6

Angkat dan sajikan Sop Iga Sapi bersama sambal rawit rebus.

Setelah siap dengan berbagai macam menu dan resep sop iga sapi sederhana ini, segeralah tiba waktunya untuk menikmati semua ini bersama keluarga. Ayo yang memasak jangan sampai ketinggalan bersantap, bisa-bisa nanti kehabisan. Selamat makan!

Produk

Sachet 28ml
Sachet 28ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Kemasan Isi Ulang 220ml
Kemasan Isi Ulang 220ml
Botol Plastik 275ml
Botol Plastik 275ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Botol Gelas 620ml
Botol Gelas 620ml
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr