Bakso ayam kuah dalam mangkuk putih.

Resep Bakso Ayam Kenyal, Gurih, dan Sedap Kuahnya

Resep bakso ayam kenyal dengan isi soun dan sayuran. Gurih, sedap, dan gampang bikinnya. Kini jajan bakso jadi nggak perlu keluar rumah lagi.
Bakso ayam kuah dalam mangkuk putih.
Valentina Limbong | Jul 04, 2023

Bosan sama jajanan di luar? Yuk, cobain resep bakso ayam kenyal dengan isi suun ini! Teksturnya kenyal dan bikinnya ternyata nggak sulit.

Supaya teksturnya lebih kenyal, sebaiknya kamu memilih filet paha ayam ketimbang bagian dada. Daging bagian paha memberi sensasi kenyal dan gurih berkat kandungan lemaknya.

Sebagai alternatif soun, kamu juga bisa menggunakan kwetiau, mi kuning, misoa, atau bihun. Untuk racikan kuahnya, selain menggunakan bagian punggung dan kaki ayam, gunakan bagian tulang dengan sedikit daging. Seperti sayap, tulang paha, atau bagian paha bawah.

Gunakan Royco Kaldu Ayam Spesial apabila ingin menyajikannya untuk semua anggota keluarga. Royco Kaldu Ayam Spesial diracik tanpa MSG dan tanpa pengawet sehingga cocok untuk semua usia.

Yuk, coba bikin resep bakso ayam soun yang kenyal dan gurih ini. Simak juga resep bakso kuah, bakso mercon, dan bakso iga khusus buat kamu pencinta bakso.  Dan jangan lupa ikuti instagram Masak Apa Hari Ini untuk inspirasi jajajan favorit yang bisa kamu buat di rumah.

Bahan

4
Porsi

Bakso ayam

500
g filet paha ayam tanpa kulit, potong-potong
100
g udang kupas
100
g tepung sagu
1
putih telur
2
sdm bawang putih goreng
2
sdm bawang merah goreng
½
sdm garam
½
sdm baking powder
1
sdt merica putih bubuk
100
g es batu
3.5
l air, untuk merebus bakso

Kuah bakso

500
g kaki ayam atau ceker ayam
300
g tulang ayam atau bagian punggung
80
g bawang putih kupas
½
sdm garam
1
sdt merica putih bubuk
120
ml minyak, untuk menggoreng bawang putih
4
l air

Pelengkap

150
g soun, rendam air panas, tiriskan
200
g sawi hijau, potong 3 cm, blansir
4
batang seledri, iris tipis
Bawang merah goreng
Sambal rawit

Cara membuat

1

Adonan bakso ayam: Masukkan daging filet paha, udang, putih telur, bawang putih goreng, bawang merah goreng, garam, Royco Kaldu Ayam, baking powder, dan merica ke dalam food processor. Proses hingga halus.

2

Tambahkan es batu, proses sebentar. Masukkan tepung sagu, proses hingga tercampur rata. Pindahkan ke dalam mangkuk atau wadah tertutup. Diamkan selama 1 jam dalam kulkas. Sisihkan.

3

Kuah bakso: Rebus kaki ayam dan tulang ayam hingga mendidih, kecilkan api. Sisihkan dan masak hingga kaki ayam empuk dan kaldu meresap. Angkat dan sisihkan.

4

Panaskan minyak, goreng bawang putih hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan minyaknya.

5

Masak air untuk merebus bakso di atas api kecil. Masak hingga panas atau tidak sampai mendidih. Sisihkan.

6

Keluarkan adonan bakso ayam dari dalam kulkas. Kepal adonan dan bentuk bulat dengan cara tangan dikepal hingga adonan bakso keluar dari antara jempol dan telunjuk. Bisa juga dibentuk bulat menggunakan 2 buah sendok yang dicelup ke dalam air panas.

7

Celupkan bakso ayam yang sudah dibentuk ke dalam air panas. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis.

8

Masak di atas api kecil hingga matang. Hindari air dimasak hingga mendidih agar bakso tidak terlalu mengembang. Angkat dan tiriskan bakso. Sisihkan.

9

Penyajian: Masak kuah bakso di atas api kecil. Tambahkan bawang putih goreng, garam, merica, dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata. Masak hingga kuah panas. Masukkan 4 sdm minyak sisa menggoreng bawang dan bakso ayam. Sisihkan.

10

Siapkan mangkuk saji, isi dengan soun, sawi hijau, seledri, dan bawang goreng. Masukkan bakso beserta kuahnya. Sajikan bersama sambal rawit, Bango Kecap Manis, dan Jawara Saus Sambal.

Selamat mencoba resepnya!

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr