Resep Pempek Panggang, Menu Legendaris dengan Gaya Baru

Simpan ke bagian favorit

Gurih renyah dengan kuah pedas. Simbol betapa lezatnya pempek gaya klasik. Nah, sekarang giliran pempek panggang yang naik ke atas panggung. Mari kita simak video cara membuatnya!

1jam 30mnt
4 Porsi
Level chef panji
Dilla|Juli 12, 2018

Masakan tradisional khas Sumatra Selatan dan sekitarnya ini memang sudah tidak asing lagi. Dengan beragam bentuknya, masakan ini tetap terlihat sederhana meski dari segi rasa selangit enaknya. Satu inovasi yang belakangan sedang populer adalah pempek panggang. Berikut adalah caraku membuatnya.

Kapal selam, lenjer, adaan, kulit, dan begitu banyak bentuk pempek benar-benar membuat pecinta makanan kadang bingung memilihnya. Di satu waktu aku begitu tergila-gila dengan kapal selam dengan isian telurnya yang mantap. Tapi di lain kesempatan, sepertinya kulit lebih memikat hati. Apalagi sekarang sudah ada yang membuat pempek dengan ikan salmon! Wah sepertinya tren makanan tradisional ini tidak akan berakhir dan semua pasti menyukainya!

Belakangan yang membuat penasaran adalah membuat pempek panggang ini. Konsepnya terbilang mirip, hanya saja adonan ikan tenggiri yang telah dibentuk bulat dan pipih akan menjalani proses pemanggangan ketimbang penggorengan. Hasilnya sebagai pengganti kriuk renyah pempek yang digoreng adalah rasa smokey yang cocok untuk protein hewani jenis apapun – apalagi ikan.

Sisanya yang kamu perlu lakukan adalah membuat kuah cuko. Proses perebusan awal mengharuskan kamu menyaring terlebih dahulu ampasnya sebelum membumbui kuah dengan cabai dan kawan-kawan. Setelahnya, pempek panggang siap dinikmati oleh seluruh keluarga. Oh ya, terakhir jangan lupa resep-resep lainnya dariku ya!

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk

Bahan pempek

  • 400 g ikan tenggiri fillet
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 200 g tepung sagu
  • 1 sdm tepung terigu
  • 75 ml air es

Bahan cuko

  • 7 buah cabai rawit merah, haluskan
  • 7 siung bawang putih, haluskan
  • 200 g gula merah, sisir
  • 50 g air asam jawa
  • 4 sdt cuka
  • 500 ml air

Cara membuat

pempek panggang
1

Haluskan ikan tenggiri fillet dengan menggunakan food processor.

pempek panggang
2

Sambil terus diaduk; campur daging ikan dengan air es serta Royco Kaldu Ayam hingga tercampur dengan rata.

pempek panggang
3

Tuangkan tepung sagu, tepung terigu, dan bawang putih yang telah dihaluskan sedikit demi sedikit ke dalam mangkuk yang berisi adonan ikan. Kemudian uleni sampai tidak lengket di tangan.

4

Lumuri tangan dengan sedikit sagu, lalu buat adonan berbentuk bulat pipih.

pempek panggang
5

Gunakan wajan pemanggang di atas api kecil dan panggang hingga pempek matang di kedua sisinya.

pempek panggang
6

Membuat kuah cuko: Didihkan air di panci. Masukkan gula merah, asam jawa, dan cuka di atas api kecil sambil sesekali diaduk. Kemudian matikan api dan saring kuah.

pempek panggang
7

Masukkan bawang putih, cabai rawit, Royco Kaldu Ayam, dan Kecap Manis Bango secukupnya. Lalu masak kembali hingga mendidih.

pempek panggang
8

Pempek panggang siap disajikan bersama kuah cuko.

Ternyata semua bisa kok membuat adonan ikan pempek. Dengan sedikit latihan, tentu semakin lama akan semakin lezat dan begitupun untuk pempek panggang ini.

Selamat menikmati!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.