Ikan patin bumbu kuning dalam mangkuk putih dengan jeruk limau.

Resep Ikan Patin Bumbu Kuning Gurih dan Sedap

Resep ikan patin bumbu kuning yang sedap dan bebas bau lumpur. Simak juga tips memasak ikan patin agar tak berlendir dan segar. Yuk, coba resepnya!
Ikan patin bumbu kuning dalam mangkuk putih dengan jeruk limau.
Valentina Limbong | Nov 28, 2023

Bosan dengan menu yang itu-itu saja? Coba resep ikan patin bumbu kuning ini, yuk! Cocok banget dijadikan menu untuk memenuhi selera mereka yang tak suka dengan hidangan laut. Sebagai temannya, masakan ini cocok banget kamu sajikan barengan sayuran tumis dengan orek tempe, bakwan sayur, dan tentunya tambahan sambal.

Tips Resep Ikan Patin Bumbu Kuning Sedap dan Bebas Bau Lumpur

Kesan bau lumpur atau bau tanah seringkali melekat pada masakan ikan air tawar seperti ikan mujahir, ikan mas, ikan nila, dan lainnya. Pada ikan patin, tekstur berlendir juga sering membuat para pemasak ragu mengolahnya. Supaya ikan patin bumbu kuning ini terasa segar, bebas bau lumpur, dan lendir, yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

  1. Banyak yang menyarankan untuk membeli ikan air tawar dalam hidup. Sesudahnya ikan dibiarkan selama 2-3 jam di dalam ember berisi air bersih. Fungsinya untuk meminimalis bau tanah pada ikan. Sesudahnya ikan siap diolah.
  2. Gosok seluruh bagian badan ikan hingga ke dalam rongga perut dengan garam dan air jeruk nipis. Diamkan selama 20-30 menit, lalu cuci bersih. Proses ini membantu mengurangi lendir dan memberi aroma segar pada ikan. Karena ikan sebelumnya sudah dilumuri dengan garam, sebaiknya koreksi rasa terlebih dahulu.
  3. Goreng ikan patin terlebih dahulu sebelum dimasak bersama bumbu kuning untuk membuat ikan lebih ‘kokoh’ dan tidak mudah hancur saat dimasak bersama bumbu.
  4. Selain daun kemangi, bisa juga menambahkan bahan aromatik lain untuk menambah rasa segar. Misalnya irisan kecombrang atau daun ketumbar. Bahan aromatik dapat menambah kesegaran pada masakan, terutama pada bahan-bahan yang memiliki aroma khas seperti ikan air tawar.
  5. Untuk menambah rasa sedap dan gurih pada kuah kuning, jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam ke dalam racikan bumbu ikan patin.

Yuk, siapkan bahan-bahan resep ikan patin bumbu kuning ini! Untuk ide resep ikan air tawar lainnya, coba juga resep pepes ikan nila, pepes ikan mas, gurame bakar, atau pesmol ikan nila. Untuk ide resep sedap khas rumahan lainnya, intip juga Instagram Masak Apa Hari Ini dan jangan lupa untuk follow dan like, ya!

 

 

Bahan

4
Porsi

700
g ikan patin, potong 4 bagian
2
sdm air jeruk nipis
½
sdm garam
4
lembar daun jeruk
3
cm lengkuas, memarkan
1
lembar daun salam
1
batang serai, memarkan
700
ml air
65
ml santan instan
10
buah cabai rawit merah utuh
2
buah tomat, potong 4 bagian
15
tangkai kemangi, petiki daunnya
Minyak, untuk menggoreng

Bumbu halus:

10
butir bawang merah
5
siung bawang putih
3
buah cabai merah besar
4
cm kunyit
1
sdm ketumbar
½
sdt merica putih

Cara membuat

1

Lumuri ikan patin dengan air asam dan garam sambil digosok hingga ke bagian rongga perut. Diamkan dalam kulkas selama 20-30 menit atau hingga meresap. Cuci bersih.

2

Panaskan minyak, goreng ikan hingga permukaannya garing. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

3

Panaskan 2 sdm minyak sisa menggoreng ikan, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, lengkuas, daun salam, dan serai hingga harum.

4

Tuang air dan santan, masak hingga mendidih. Masukkan ikan, cabai rawit, dan Royco Kaldu Ayam. Masak hingga bumbu meresap.

5

Tambahkan tomat dan daun kemangi, aduk hingga layu. Angkat dan sajikan.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr