Resep Fried Chicken Saus Telur Asin untuk Menu Sahur - MAHI

Resep Fried Chicken Saus Telur Asin, Lezat untuk Santap Sahur

Simpan ke bagian favorit

Penasaran dengan resep fried chicken dengan saus telur asin? Sajikan saat santap sahur agar semakin bersemangat. Berikut adalah resepnya!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Rian Farisa|Maret 9, 2022

Saus telur asin memang selalu saja menggugah selera makan kita hingga hari ini. Terlebih lagi, makanan dengan saus telur asin ini bisa dengan mudah dipesan secara online. Selain banyak ditemukan di berbagai restoran khas Peranakan, menu yang menggunakan saus telur asin juga bisa dinikmati dengan gaya berbeda di berbagai tempat makan kasual. Contoh menunya adalah cumi telur asin, salted egg croissant, dan resep fried chicken saus telur asin yang akan dibuat Masak Apa Hari Ini .

Menginjak Bulan Ramadan, menu yang satu ini layak banget untuk tampil di meja makan. Tak hanya untuk santap sahur, resep fried chicken ini juga bisa jadi pilihan tepat untuk dinikmati sebagai menu utama berbuka puasa. Ada dua hal yang harus kamu persiapkan agar menu yang satu ini maksimal lezatnya. Pertama adalah adonan basah dan tepung bumbu untuk melumuri ayam dan menjadikannya crispy setelah digoreng. Gunakan campuran air es dan tepung terigu agar hasilnya garing. Baik untuk adonan basah dan tepung bumbunya, tambahkan Royco Kaldu Ayam agar cita rasanya semakin mantap.

Kedua adalah pada racikan saus telur asinnya. Versi praktisnya, kamu bisa menggunakan Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin. Bila suka, kamu bisa menambahkan daun kari agar saus telur asin jadi lebih aromatik. Buat yang belum tahu, daun kari adalah salah satu bumbu rempah yang sering digunakan di dapur Aceh dan Melayu. Misalnya pada masakan kari, gulai, dan ayam tangkap.

Nah, jika menggunakan daun kari sebagai tambahan bumbu, aroma dan rasanya yang khas bakal bikin kamu tambah terus, bahkan di saat makan sahur sekalipun. Maklum, jam sahur membutuhkan kehadiran makanan yang menggoda selera, bukan? Nah, langsung aja coba buat fried chicken saus telur asin yang satu ini, yuk!

Kalau kamu penasaran dengan olahan saus telur asin lainnya, maka kamu juga wajib mencoba resep-resep seperti oseng udang telur asin, cumi telur asin, serta risoles dengan isian salted egg sebagai menu Ramadan kali ini, ya! Jangan lupa untuk followlike, dan jika ada pertanyaan atau ingin request resep, kamu bisa langsung bertanya di kolom komentar akun Instagram Masak Apa Hari Ini.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam (700 g), potong 8 bagian, buang kulitnya
  • 1 sdt garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt merica putih bubuk
  • minyak, untuk menggoreng

Adonan basah

Tepung bumbu, aduk rata

  • 130 g tepung terigu
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • ½ sdt merica bubuk

Saus telur asin

Cara membuat

1

Lumuri daging ayam dengan garam, bawang putih bubuk, dan merica. Diamkan selama 1 jam dalam kulkas. Sisihkan.

2

Tepung bumbu: Aduk rata semua bahan tepung bumbu termasuk Royco Kaldu Ayam. Sisihkan.

3

Adonan basah: Aduk rata semua bahan adonan basah termasuk Royco Kaldu Ayam. Sisihkan.

4

Ambil 2 sdm tepung bumbu, aduk bersama potongan daging ayam. Celupkan daging ayam ke dalam adonan basah, kemudian gulingkan ke atas tepung bumbu sambil diremas agar teksturnya garing setelah digoreng.

5

Panaskan minyak, goreng daging ayam hingga matang dan cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.

6

Saus telur asin: Panaskan margarin, tumis bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Masukkan Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Saus Telur Asin, tumis hingga tercampur rata dan meresap. Angkat.

7

Aduk rata ayam goreng bersama saus telur asin. Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.