Resep Bakwan Sayur Renyah, Camilan Enak Anti Sisa - MAHI

Resep Bakwan Sayur Renyah, Camilan Anti Sisa Paling Favorit

Simpan ke bagian favorit

Pas banget jadi teman segelas es teh manis atau es buah, bakwan sayur renyah disukai oleh hampir semua orang. Bikin untuk camilan sore nanti, yuk!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Valentina|Mei 16, 2022

Pencinta bakwan sayur renyah pasti hampir selalu menghadirkan gorengan isi sayuran sebagai menu yang fleksibel untuk segala kesempatan. Cocok untuk momen camilan sore, lauk pendamping, hingga sebagai menu sarapan ataupun untuk buka puasa saat Ramadan. Hasil masak resep bakwan sayur renyah memang takkan pernah cukup untuk sekali makan.

Bakwan sayur renyah dan gurih mungkin adalah salah satu jenis gorengan yang punya banyak sebutan di tiap-tiap daerah. Kalau kamu yang berada di tanah Sunda mengenalnya dengan sebutan bala-bala, sementara di daerah lain ada yang menyebutnya dengan ote-ote (Surabaya, Malang, Blitar), badak (Pekalongan, Semarang), weci atau heci (Madiun, Lumajang), makau (Manado), dan pia-pia (Blora, Pati). Kalau di daerah kamu, adakah sebutan yang berbeda untuk resep bakwan sayuran?

 

Manfaatkan sisa isi kulkas bila ada yang berlebih demi mengurangi kemungkinan terbuangnya makanan. Daripada membeli sayuran baru, kita bisa memanfaatkan manfaatkan yang tersisa apabila kualitasnya masih bagus. Maklum, terkadang kita bingung harus memasak apa padahal masih ada sisa makanan di kulkas yang layak santap. Mari kita sama-sama menjaga bumi ini dari permasalahan food waste yang kini merebak. Indonesia menempati peringkat kedua di dunia untuk food waste dan jumlahnya bisa setara dengan memberi makan 28 juta warga miskin!

Momen di rumah jadi lebih produktif dengan memasak sendiri camilan sore. Dimulai dari gorengan dengan isi wortel, kol, taoge, dan tentu cita rasanya diperkaya dengan tambahan Royco Kaldu Ayam.

Salah satu rahasia kesuksesan bikin resep bakwan sayur renyah tahan lama adalah tambahan tepung beras ke dalam adonannya. Jangan lupa juga untuk memasaknya di atas api sedang supaya bakwan matang hingga ke bagian dalam dan tidak berwarna gelap atau gosong sebelum matang. Sajikan Bakwan Sayur Renyah ini bersama kesegaran es teh manis atau es buah.

Setelah menguasai #ResepLezatAntiSisa ini, kamu tidak sabar ingin mencoba resep camilan lainnya? Pastikan untuk cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

  • 150 g wortel, potong korek api
  • 150 g taoge
  • 150 g kol, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • ½ batang seledri, iris halus
  • 8 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt garam
  • 150 g tepung terigu
  • 70 g tepung beras
  • 220 ml air
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

bakwan sayur renyah
1

Campur semua bahan seperti tepung terigutepung berasRoyco Kaldu Ayam, bawang putih, garam, merica, telur dan tambahkan air. Aduk rata.

bakwan sayur renyah
2

Masukkan wortel, taoge, kol, daun bawang, dan seledri ke dalam adonan tepung. Aduk rata.

bakwan sayur renyah
3

Siapkan minyak panas di atas api sedang. Ambil adonan bakwan dengan sendok sayur, tuang ke dalam minyak. Goreng hingga cokelat keemasan. Ulangi proses hingga adonan habis.

bakwan sayur renyah
4

Angkat dan tiriskanSajikan bersama Saus Sambal Jawara Hot. 

Yuk, belanja bahan untuk bikin bakwan sayur renyah dan bakwan jagung untuk keesokan harinya! Atau kamu juga boleh coba makanan khas Kebumen satu ini, lho!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.