Resep Combro Isi Sambal Oncom Kemangi - MAHI

Resep Combro Isi Sambal Oncom Kemangi, Camilan Favorit yang Selalu Bikin Nagih

Simpan ke bagian favorit

Resep combro selalu jadi pilihan favorit kalau bicara soal gorengan dari singkong, Yuk, bikin sendiri Combro Isi Sambal Oncom Kemangi ini!

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Maret 3, 2021

Bicara soal gorengan khas Bandung, kamu pasti setuju kalau resep combro adalah salah satu yang populer selain cireng, misro, atau bala-bala. Camilan yang dibuat dari singkong ini punya tekstur garing di bagian luar, empuk di dalam, dengan sensasi sambal oncom kemangi yang pedas. Selain versi original, ada juga variasi combro mini dan lebih pedas dengan tambahan cabai rawit di dalamnya.

Ciri khas dari adonan combro atau misro adalah tambahan kelapa parut di dalamnya. Kelapa parut ini membuat combro atau misro menjadi lebih empuk dan gurih. Sebagai bekal tips sederhana sebelum membeli bahan-bahannya, rasanya tak salah kalau Masak Apa Hari Ini membagikan juga cara mendapat hasil combro yang enak dan empuk.

Kunci sukses membuat gorengan yang berasal dari singkatan oncom di jero (oncom di dalam) ini adalah memilih singkong yang tepat. Pilih singkong yang sebagian kulitnya terkelupas sehingga kamu bisa melihat bagian kulit arinya. Warna kulit ari merah muda menandakan singkong empuk dan baik untuk diolah. Saat singkong dipotong, warna putih yang merata menandakan singkong masih muda dan empuk. Kalau singkong terasa keras saat dipotong dan terdapat noda lingkaran dalam dagingnya, itu pertanda singkong sudah tua dan keras.

Siapkan bahan membuat resep Combro Isi Sambal Oncom Kemangi ini, yuk! Sajikan bersama minuman hangat atau dingin kesukaanmu yang bikin nyemil terasa lebih mantap.

Bahan-bahan

  • 700 g singkong kupas
  • 120 g kelapa setengah tua, parut
  • 1 sdt garam
  • minyak, untuk menggoreng

Sambal oncom kemangi

Bumbu halus

  • 20 buah cabai rawit merah
  • 15 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cm kencur
  • 1 sdt garam

Cara membuat

Parutan kelapa untuk resep combro tengah disiapkan.
1

Parut halus singkong menggunakan parutan kelapa atau chopper. Aduk rata bersama kelapa parut, garam, dan Royco Kaldu Ayam. Sisihkan.

Menyangrai oncom untuk isian combro.
2

Sambal oncom kemangi: Sangrai oncom di atas wajan antilengket selama 5 menit. Angkat. Sisihkan.

Mencampur dan menumis oncom bersama bumbu halus.
3

Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan oncom, aduk. Masak hingga matang. Tambahkan Bango Kecap Manis Light, Royco Kaldu Ayam, air, daun bawang, dan kemangi, aduk. Masak hingga layu. Angkat. Sisihkan.

Mengisikan oncom ke dalam adonan combro.
4

Ambil 1½ -2 sdm singkong parut, bulatkan. Pipihkan, isi dengan ½ sdm sambal oncom kemangi. Bulatkan. Ulangi proses serupa hingga adonan habis.

Menggoreng combro.
5

Panaskan minyak, goreng combro hingga matang di atas api sedang. Angkat dan tiriskan.

Hasil resep combro disajikan di atas meja makan.
6

Sajikan.

Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.