Wedang jahe untuk menjaga daya tahan tubuh.

3 Resep Wedang Jahe, Hangat dan Baik untuk Imun Tubuh

Yuk, masak wedang jahe sendiri di rumah! Variasikan dengan 3 pilihan resep wedang jahe merah yang hangat dan bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.
Wedang jahe untuk menjaga daya tahan tubuh.
Valentina Limbong | Des 24, 2021

Sedang mencari inspirasi cara membuat Wedang Jahe yang unik? Bukan hanya berbahan jahe dan gula merah, variasikan menjadi minuman hangat atau dingin yang lebih unik dan kaya rasa. Sebagai negeri yang kaya dengan rempah-rempah termasuk jahe, membuat minuman hangat atau dingin dari rempah di rumah bukan cuma mudah tetapi juga tentu lebih ekonomis.

Tanaman rimpang ini ada 2 jenis, yaitu jahe kuning dan jahe merah. Segudang manfaat jahe merah dipercata telah diketahui masyarakat Indonesia, mulai dari melancarkan sistem pencernaan, hingga sifat anti-inflamatori mencegah terjadinya peradangan serta meningkatkan imunitas tubuh [1]. Tidak heran jika jahe menjadi rempah yang dicari banyak orang untuk diolah menjadi minuman yang mampu menjaga imun tubuh di tengah penyebaran virus yang sangat mudah masuk ke dalam tubuh terutama disaat kondisi sedang tidak fit. [2]

Salah satu olahan jahe merah yang populer adalah Wedang Jahe. Berasal dari bahasa Jawa yaitu wedang jahe yang berarti minuman yang terbuat dari seduhan jahe. Sebagai warisan nenek moyang, minuman ini terasa hangat dan sedikit pedas. Proses pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan membakar dan memarkan jahe, kemudian diseduh dengan air panas. Beragam pemanis seperti gula aren, gula pasir, gula batu, hingga madu bisa ditambahkan untuk memberi rasa manis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cara membuat wedang jahe sederhana sendiri di rumah! Meskipun simpel, wedang jahe bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Rasanya juga senikmat hasil cara membuat wedang jahe angkringan, lho!

Coba juga intip Instagram Masak Apa Hari Ini untuk dapatkan resep dan tips menarik lainnya seputar memasak. Jangan lupa followlike, dan tulis request di kolom komentarnya, ya!

Bahan

3
Porsi

Wedang Jahe Teh

750
ml air
150
g jahe merah, cuci bersih, bakar, memarkan
2
sdm madu

Wedang Jahe Jeruk

8
cm jahe merah, kupas, iris halus
3
buah pekak, bakar

Wedang Jahe Susu

750
ml air
7
cm jahe merah, bakar, memarkan
100
g gula merah

Cara membuat

1

Wedang Jahe Teh: Didihkan air. Masukkan jahe merah, masak di atas api kecil hingga meresap selama sekitar 30 menit. angkat. Celupkan teh SariWangi Teh Asli, diamkan selama 10 menit. Masukkan madu, aduk rata. Saring dan tuang ke gelas saji.

2

Wedang Jahe Jeruk: Panaskan Buavita Orange dan jahe di atas api kecil hingga meresap ±15-20 menit, angkat. Tuang ke dalam gelas saji, sajikan dengan bunga lawang.

3

Wedang Jahe Susu: Masak air, jahe, dan gula hingga mendidih dan meresap di atas api kecil selama ±15-20 menit, angkat. Tuang SariWangi Milk Tea Teh Tarik, aduk rata. Saring dan tuang ke dalam gelas saji.

Referensi: 

[1] Bode, A. & Dong, Z. (2011). Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. 2nd edition. CRC Press/Taylor & Francis.
[2] Mansour, M. (2013). Ginger consumption enhances the thermic effect of food and promotes feelings of satiety without affecting metabolic and hormonal parameters in overweight men: A pilot study. Metabolism: clinical and experimental.

Produk

SariWangi Teh Asli isi 25 kantong
SariWangi Teh Asli