Jenis Masakan


Resep Cireng Saus Jawara Madu, Cocolan Pedas Manisnya Bikin Lupa Berhenti

Simpan ke bagian favorit

Yuk, bikin resep cireng saus Jawara madu yang bikin ketagihan ini di rumah! Saatnya tangan kamu lihai membuat adonan jajanan yang kenyal, garing, dan gurih ini.

1jam
4 Porsi
Cukup rumit
Valentina|Mei 9, 2020

Kamu termasuk pencinta cireng sejati? Sebelum aku berbagi resep cireng ini, aku ingin membagi fakta tentang asal usul jajanan dari Jawa Barat ini. Cireng datang dari singkatan aci digoreng merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat Sunda di Jawa Barat. Aci adalah sebutan dalam bahasa daerah Jawa Barat untuk tepung kanji atau tepung tapioka. Bukan hanya cireng, nama hidangan yang diambil dari singkatan bahan dan cara memasaknya juga digunakan untuk hidangan lain. Misalnya combro (oncom di jero atau oncom untuk isian), cilok (aci dicolok– tepung kanji ditusuk), dan cimol (aci digemol – tepung kanji dibulatkan). Unik, ya?

Cireng dijajakan dalam beberapa versi, yaitu cireng kosong atau tanpa isi, dan cireng yang diisi dengan tumis oncom atau bumbu kacang. Beberapa tahun belakangan, jajanan berbahan tepung kanji yang berasal dari tanah Sunda memang sudah menjadi jajanan populer di ibu kota. Sensasi kenyal dengan rasa gurih dan pilihan cita rasa pedas bikin banyak orang ketagihan.

Kali ini aku ingin menyajikan cireng saus madu dengan kombinasi madu dan Saus Sambal Jawara yang membuatnya rasanya jadi pedas manis. Setiap cocolannya dijamin bakal bikin kamu lupa berhenti. Yuk, simak resep cireng dengan saus Jawara madu ini!

Bahan-bahan

Satu kantung saus sambal Jawara hot.
Yang diperlukan:
Saus Sambal Jawara Hot
Beli online

Bahan A

  • 50 g tepung sagu
  • 100 ml air

Bahan B

  • 125 g tepung sagu
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • ¼ sdt merica putih bubuk
  • minyak, untuk menggoreng

Saus Jawara Madu

Cara membuat

1

Di dalam panci, didihkan air. Tuangkan ke dalam wadah berisi tepung sagu A, aduk hingga menggumpal.

2

Masukkan daun bawang, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, dan merica, aduk rata. Tambahkan tepung sagu B sedikit sedikit sambil diaduk hingga kalis.

3

Ambil 1 sdm adonan, bentuk bulat pipih. Ulangi proses serupa hingga adonan habis.

4

Goreng di dalam minyak panas dan banyak hingga matang. Angkat, tiriskan.

5

Saus: Panaskan Saus Sambal Jawara Extra Hot, saus tomat, madu, dan air. Masukkan larutan maizena, didihkan kembali. Lanjutkan memasak hingga mengental sambil terus diaduk. Sajikan cireng ditemani saus Jawara madu.

Sajikan resep cireng ini dengan teh hangat atau minuman dingin kesukaan kamu. Mantap!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.