Resep Barobbo Jagung Khas Sulawesi Selatan - MAHI
Semangkuk resep barobbo jagung disajikan dengan ikan asin dan sambal.

Resep Barobbo Jagung Khas Sulawesi Selatan, Menu Sarapan Enak Bergizi

Kalau kamu fans makanan khas Sulsel, maka wajib untuk coba juga yang namanya resep barobbo jagung! Sehat dan lezat, coba resepnya di sini!
Semangkuk resep barobbo jagung disajikan dengan ikan asin dan sambal.
Rian Farisa | Nov 23, 2022

Kebetulan banget, nih! Ada kejutan untuk kamu yang sedang mencari menu sarapan sehat. Masak Apa Hari Ini punya resep barobbo jagung khas Sulsel. Bubur yang kaya gizi dan kaya serat ini mudah untuk dibuat. Eh, tapi, kok, mirip tampilannya dengan bubur Manado? Nah, sebelum memasaknya, kita coba bahas dulu, deh!

Beda Resep Barobbo dan Tinutuan

Kalau barobbo adalah khasnya masyarakat Sulawesi Selatan, maka tinutuan atau bubur Manado adalah kebanggaannya orang Sulawesi Utara. Sama-sama berasal satu pulau, tampilannya mirip, dan juga menggunakan aneka sayuran. Lantas, apa saja yang membedakan keduanya, ya?

Jawabannya adalah penggunaan jagung pada barobbo sebagai bahan dasarnya, dan ini berbeda dengan tinutuan yang khusus menggunakan beras. Perbedaan lainnya adalah kehadiran labu pada tinutuan, dimana ini tidak digunakan pada barobbo. Barobbo lebih sering dipadankan dengan perkedel jagung. Untuk perbedaan terakhir adalah jenis sambal pendampingnya, yaitu sambal terasi pada barobbo dan sambal roa pada tinutuan.

Nah, walaupun topping sayurannya terbilang mirip-mirip, ternyata banyak elemen lainnya yang membedakan, gaes! Yang jelas, keduanya adalah pilihan makanan sehat dari Indonesia yang wajib banget kamu coba. Saat sehat ataupun sedang pemulihan, ingin makanan kaya gizi ataupun ingin yang mengenyangkan, baik barobbo maupun tinutuan adalah pilihan yang tepat!

Rekomendasi Masakan Sulsel Lainnya

Mumpung masih bahas resep barobbo asal Sulsel, jangan sampai ketinggalan juga mencoba resep-resep lainnya asal provinsi ini. Masak Apa Hari Ini sudah banyak membahasnya, lho! Pertama, mulai dulu dengan membuat buras, dan dari sini kamu bisa menikmatinya dengan beragam masakan. Contohnya adalah dengan resep coto Makassar, pallubasa, ataupun sop saudara.

Sebelum melangkah ke sana, apakah kamu sudah siap masak resep barobbo jagung hari ini? Sekalian pergi untuk berbelanja bahan, jangan lupa untuk mampir-mampir ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya! Mumpung di sana, titip follow dan like, ya!

Bahan

4
Porsi
1
buah jagung manis, pipil
1
buah jagung manis, parut halus
200
g udang kupas
50
g daun kangkung
50
g daun bayam
30
g daun kemangi
1
porsi nasi
600
ml air, untuk merebus 
1
sdt garam

Bumbu halus

6
butir bawang merah
2
siung bawang putih

Cara membuat

1

Rebus nasi bersama jagung pipil hingga mendidih. Masukkan jagung parut dan bumbu halus, aduk. Kecilkan api.  

2

Masak hingga nasi menjadi bubur. Tambahkan garam dan Royco Kaldu Jamur, aduk rata. 

3

Setelah itu, masukkan udang, masak hingga setengah matang. Tambahkan kangkung, bayam, dan kemangi. Masak hingga matang. Angkat. Sajikan.  

Bahan-bahan

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur