Sambal terong penyet di dalam cobek di atas meja putih.

Resep Sambal Terong Penyet Ikan Jambal, Lauk Sederhana Bikin Ketagihan

Meriahkan meja makan dengan sambal terong penyet ikan jambal. Lauk pendamping untuk sepiring nasi yang bisa bikin ketagihan. Berikut resepnya!
Sambal terong penyet di dalam cobek di atas meja putih.
Wina | Jan 24, 2021

Sambal terong penyet ikan jambal, merupakan varian sambal yang populer di Indonesia. Dilengkapi dengan terung dan ikan asin jambal yang bisa menjadi menu pendamping sepiring nasi hangat. Ada rasa pedas, manis, sekaligus gurih dalam setiap suapannya.

Tidak serumit yang dibayangkan, resep sambal terung kali ini cukup sederhana dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Kedua bahan berupa terung dan ikan jambal digoreng hingga matang. Kemudian, kita akan menggunakan resep sambal bawang untuk penyetannya. Satu rahasia untuk menghasilkan rasa yang maksimal adalah minyak untuk disiram ke sambal. Panaskan minyak dari menggoreng ikan jambal, kemudian siram ke sambal yang telah diulek. Minyak panas ini yang menghilangkan langu dari sambal. Selain itu, di resep ini kita tidak menggunakan garam, karena menggunakan ikan jambal yang memberikan rasa asin yang khas.

Sudah siap mencoba resep ini di rumah? Olahan lain dari terung yang bisa kamu praktikkan di rumah, antara lain resep semur terung daging giling dan resep terung bakar saus tempe.

Bahan

4
Porsi

3
buah terung ungu
50
g ikan asin jambal, cuci bersih, potong dadu kecil
minyak, untuk menumis dan menggoreng

Sambal

100
g cabai rawit merah
10
butir bawang merah
2
siung bawang putih

Cara membuat

1

Belah dua memanjang terung. Potong masing-masing menjadi 3 bagian.

 

2

Panaskan minyak, goreng terung hingga matang. Angkat. Sisihkan. Lalu goreng ikan jambal menggunakan minyak yang sama. Angkat dan tiriskan.

3

SambalUlek cabai, bawang merah, dan bawang putih hingga hancur. Tambahkan ikan jambal dan Royco Kaldu Jamur, aduk rata. Tuang 4 sdm minyak panas sisa menggoreng ikan asin jambal. Aduk.

4

Ambil terung, penyet atau tekan terung menggunakan cobek. Pindahkan ke piring saji. Tuang Bango Kecap Manis ke atasnya. Sajikan.

Sudah siap membuatnya? Selamat memasak!

Produk

Royco Kaldu Jamur
Royco Kaldu Jamur

Sachet 28ml
Sachet 28ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Kemasan Isi Ulang 60ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Botol Plastik 135ml (2 pack)
Kemasan Isi Ulang 220ml
Kemasan Isi Ulang 220ml
Botol Plastik 275ml
Botol Plastik 275ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Kemasan Isi Ulang 550ml
Botol Gelas 620ml
Botol Gelas 620ml