Hidangan ayam nanking dengan sausnya di atas piring putih. (Foto: Shutterstock)

Resep Ayam Nanking a la Restoran Cina, Lezat dan Juicy

Sajian ayam nanking yang cocok untuk ide masakan Imlek 2024. Simak juga tips memasak ayam goreng tepung bersaus ini agar garing dan juicy.
Hidangan ayam nanking dengan sausnya di atas piring putih. (Foto: Shutterstock)
Valentina Limbong | Jan 16, 2024

Menjelang Imlek 2024, yuk, bikin ayam nanking seenak restoran Cina! Masakan ini dibuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan udang.

Sekilas ayam goreng dengan saus kecap inggris ini nampak seperti chicken katsu dengan potongan tipis. Supaya meja makan makin meriah, biasanya sapi lada hitam, fuyunghai, atau capcay sayuran turut menemani hidangan ini.

Cara Membuat Ayam Nanking Seenak Restoran Cina

Agar hasil ayam goreng tepung dengan saus manis ini juicy dan tidak alot, beberapa tips ini mungkin bisa membantu kamu.

  1. Gunakan perpaduan daging ayam dan udang untuk membuat cita rasa dan tekstur ayam nanking lebih sedap.
  2. Setelah dicampur bersama bumbu, diamkan selama 15-30 menit supaya adonan meresap bumbu dengan baik.
  3. Ratakan adonan daging ayam-udang di atas daun pisang atau baking paper. Hindari memipihkan atau meratakan adonan terlalu tipis atau terlalu tebal. Bila terlalu tipis, ayam goreng jadi cenderung kering. Bila terlalu tebal, maka akan butuh waktu lebih lama untuk matang.
  4. Hindari menggoreng terlalu lama supaya dagingnya tidak kering. Goreng di atas api sedang supaya matangnya merata dan permukaannya berwarna golden brown.
  5. Selanjutnya daun pisang atau baking paper untuk menggoreng daging ayam. Celupkan perlahan ke dalam minyak panas, lalu biarkan adonan terlepas dengan sendirinya.
  6. Kemudian gunakan Royco Saus Tiram yang pas banget digunakan pada masakan dapur Cina. Dibuat dari ekstrak tiram asli, masakan pun jadi seenak restoran.

Sebagai teman ayam nanking, kamu bisa menyiapkan bakmi goreng, tumis daging jamur, dan capcay sayuran. Yuk, siapkan masakan oriental a la restoran untuk disajikan di meja makan Imlek 2024 ini! Untuk inspirasi masakan menarik lainnya, ikuti juga akun Instagram Masak Apa Hari Ini, ya!

Bahan

4
Porsi

400
g fillet daging ayam tanpa kulit, cincang
200
g udang kupas, cincang
1
butir telur, kocok lepas
3
sdm air
½
sdm merica putih bubuk
4
sdm tepung terigu
3
sdm tepung maizena
Minyak, untuk menggoreng

Saus ayam nanking:

4
siung bawang putih, cincang
3
sdm bawang bombay cincang
1
buah tomat, cincang
2
sdm kecap inggris
1
sdm gula pasir
¼
sdt merica putih bubuk
150
ml air
1
sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air
2
sdm margarin, untuk menumis

Cara membuat

1

Aduk daging ayam, udang, telur, air, Royco Saus Tiram, Royco Kaldu Ayam, dan merica dalam mangkuk besar hingga tercampur rata. Tambahkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk hingga rata. Sisihkan.

2

Saus ayam nanking: Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tuang air, dan masukkan semua bahan kecuali larutan tepung maizena. Aduk hingga mendidih. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental.

3

Siapkan selembar baking paper atau daun pisang. Ambil separuh bagian campuran daging ayam-udang dan ratakan hingga melebar.

4

Panaskan minyak banyak dalam wajan di atas api sedang. Celupkan perlahan baking paper atau daun pisang ke dalam minyak panas sambil dipegang salah satu sisinya hingga adonan terlepas dengan sendirinya. Goreng hingga matang di kedua sisinya, lalu angkat dan tiriskan. Ulangi proses serupa untuk sisa adonan.

5

Sajikan ayam nanking bersama sausnya.

Produk

Kemasan 135 ml
Kemasan 135 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr