Resep Chicken Katsu, Sajian Praktis untuk Keluarga - MAHI
Chicken katsu tersaji dengan kol dan jeruk nipis.

Resep Chicken Katsu, Sajikan Menu Kesukaan Keluarga untuk Akhir Pekan

Puluhan tahun sudah Chicken Katsu dikenal oleh orang Indonesia dan menjadi salah satu masakan Jepang kesukaan. Mari kita pelajari cara memasaknya di sini!
Chicken katsu tersaji dengan kol dan jeruk nipis.
Wina | Apr 27, 2022

Chicken katsu – pastinya seru untuk memasak resep yang sudah sangat kita kenal ini. Di antara sekian banyak masakan Jepang yang sudah menjamur di dunia perkulineran kita setiap harinya, masakan klasik ini pastinya selalu terkenang. Dengan berbekal semangkuk nasi dan saus, maka lengkap sudah makan siang yang sudah dinanti-nantikan itu.

Ngomong-ngomong soal cara membuat chicken katsu ini, aku juga pernah lho berbagi satu resep mirip yang menggunakan sambal balado sebagai kondimennya. Ada lagi satu resep unik yang dinamakan Tuna Katsu dengan saus lada hitam. Ini juga wajib untuk dicoba tentunya! Ternyata perpaduan kedua dunia itu begitu menarik dan ketika tepat untuk diterapkan, rasanya begitu menggoda. Jangan lupa untuk mencoba resep Tempe Katsu kalau ingin lebih bertualang lagi!

Dari segi cara membuat ayam katsu crispy ini, cukup hanya memarinasi ayam dan menyiapkan adonan tepung panir. Campurkan dengan telur juga dan ayam kemudian siap untuk digoreng hingga matang dan keemasan. Bayangkan momen saat memotongnya. Ayam yang masih hangat dan lembap, mengepul seketika setelah dipotong. Wah, tak sabar ingin segera menikmati resep ayam katsu sederhana ini!

Bahan

4
Porsi
3
sdm air jeruk nipis
2
sdt jahe, parut
4
fillet dada ayam, pukul agar melebar
120
g tepung terigu
2
butir telur, kocok ringan
180
g tepung panko
minyak

Cara membuat

1

Aduk rata air jeruk nipis, jahe parut dan Royco Kaldu Ayam. Lumurkan pada fillet dada ayam hingga rata. Diamkan minimal 30 menit agar bumbu meresap.

2

Bedaki fillet ayam dengan tepung terigu, timang-timang – celupkan ke dalam larutan telur, tiriskan – bedaki dengan panko agak tebal dan rata, rapikan bentuknya sesuai bentuk dada ayam. Simpan di kulkas 30 menit agar tepung panko menempel sempurna.

3

Panaskan minyak yang banyak di atas api besar. Goreng ayam satu per satu di atas api sedang hingga matang dan warna keemasan. Angkat, tiriskan. Iris selagi panas, melintang 5 bagian.

4

Santap selagi panas bersama saus katsu dan pelengkap.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Royco.