Resep Ayam Kuah Kecap Jamur Kancing - MAHI

Resep Ayam Kuah Kecap Jamur Kancing

Simpan ke bagian favorit

Ayam kuah kecap jamur kancing? Seru, bukan? Diolah dengan bumbu semur, sajikan dengan nasi dan tumisan sayur. Berikut adalah resepnya!

1jam
4 Porsi
Mudah
Wina|November 3, 2019

Ayam kuah kecap jamur kancing jadi salah satu resep makanan rumahan yang layak dicoba. Berbumbu dasar semur, menu ini menawarkan protein ganda yang terasa nikmat.

Nah, sebelum mencoba resepnya, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar rasanya tidak gagal. Mulai dari pemilihan ayam hingga kecap, berikut persiapan yang harus dilakukan.

Tips Sajikan Ayam Kuah Jamur yang Lezat

1. Pilih Ayam Bagian Paha

Hidangan ayam kuah ini menggunakan bagian paha. Bertekstur lebih lunak dibandingkan dada, paha ayam juga lebih cepat matang saat dimasak. Paha ayam juga punya rasa yang lebih gurih dibandingkan dada. Meski begitu, kalorinya lebih besar dibandingkan bagian dada.

Untuk opsi lebih sehat, kamu bisa menggunakan paha ayam tanpa kulit. Setelahnya, kita gunakan jamur kancing yang masuk dalam beberapa jamur bernutrisi untuk dimasak. Biasanya jamur yang bernama champignon dijual dalam kemasan di pasar tradisional maupun supermarket.

2. Pilih Jamur yang Segar

Perhatikan bentuk dan aroma jamur untuk mengetahui kualitasnya. Jamur yang baik bisa dilihat dari bentuknya yang masih utuh tanpa ada tanda memar atau sayatan. Pilih jamur kancing yang kepalanya masih utuh dan warna yang putih bersih. Jika ada bercak kecokelatan, berarti kemungkinan jamur sudah tidak segar lagi, bahkan rusak.

Kesegaran jamur juga bisa ditandai dengan tidak adanya bau menyengat. Dikarenakan bertekstur lunak, masukkan jamur di akhir proses memasak untuk hasil yang maksimal, ya.

3. Pilih Kecap Berkualitas

Penambahan kecap pada sajian ini menjadi kunci utama. Pilih kecap dengan kualitas kedelai terbaik seperti Bango Kecap Manis. Kekentalan kecapnya akan membuat rasa menjadi spesial, tanpa perlu menuangkannya terlalu banyak. Warna hitam berkilau yang diberikan Bango Kecap Manis juga akan membuat anggota keluarga lebih berselera untuk menyantapnya.

Dengan pemilihan bahan yang segar, rasa akhir resep ayam kuah ini akan lebih maksimal. Nah, jika kamu penyuka kecap, berikut tim MAHI rekomendasikan resep makanan rumahan lain yang tak kalah lezatnya.

Rekomendasi Resep Makanan Rumahan Praktis Menggunakan Kecap

1. Resep Oseng Tempe

Salah satu menu rumahan yang Indonesia banget, tentunya oseng tempe! Tak hanya mudah dibuat, oseng tempe juga cukup fleksibel untuk disajikan dengan berbagai menu di rumah mulai dari ayam goreng, tumis sayur, atau ikan bakar. Intip resep oseng tempe yang mudah diolah, sajikan untuk keluarga tercinta.

2. Resep Nasi Goreng

Siapa yang bisa menolak lezatnya olahan nasi goreng? Meski sudah banyak versinya, sajian nasi goreng rumahan yang diolah dengan kecap dan telur selalu bikin rindu. Nah, kamu bisa gunakan resep nasi goreng spesial ini untuk sajian penikmat kecap. Tak perlu waktu banyak kok, membuatnya. Jadi bisa dibuat pagi maupun malam, untuk kamu yang sibuk!

3. Resep Semur Telur

Tak lengkap rasanya membicarakan hidangan kecap tanpa semur. Salah satu menu semur praktis yang kamu buat adalah semur telur. Telurnya bisa kamu rebus terlebih dahulu, atau cukup digoreng ceplok. Setelah itu, masak dengan bumbu semur. Disajikan hangat dengan nasi putih, tentunya akan sulit ditolak, nih! Yuk, simak resep semur telur ini.

 

 

Bahan-bahan

Bahan

  • 500 g paha ayam, potong jadi 4 bagian
  • 50 g jamur kancing, cuci bersih
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 sdm saus tiram
  • 3 butir cengkih
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 1 L air
  • 4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 buah tomat
  • 2 cm jahe
  • ½ butir pala

Cara membuat

1

Dalam mangkuk, lumuri ayam dengan perasan jeruk nipis. Aduk rata, diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih.

2

Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum.

3

Masukkan potongan paha ayam ke dalam tumisan bumbu. Masak ayam hingga berubah warna dan tidak berair.

4

Tambahkan cengkih, saus tiram, Bango Kecap Manis, garam, dan gula merah. Aduk rata.

5

Tuang air, aduk hingga merata. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental.

6

Masukkan jamur, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Resep ini pernah dimuat di situs resmi Bango.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.