Potongan ayam gohyong dalam piring saji putih dengan sausnya.

Resep Ayam Gohyong Viral Wajib Coba, Garing dan Nikmat

Resep ayam gohyong viral dengan saus manis segar yang bikin nagih. Yuk, cobain sendiri resepnya dan dijamin kamu bakal ogah antre lagi!
Potongan ayam gohyong dalam piring saji putih dengan sausnya.
Valentina Limbong | Mar 30, 2024

Penasaran sama ayam gohyong yang viral dan bikin antrean? Bikin sendiri di rumah, yuk! Resep ayam gohyong ini bisa banget kamu praktikkan di rumah dan dijamin bakal ketagihan bikinnya.

Resep ini berbeda dengan resep ayam ngo hiong atau gohyong ayam klasik yang isinya dibalut dengan kulit tahu atau kembang tahu. Selain itu gorengan klasik ini dimodifikasi dengan racikan saus asam manis segar seperti kuah cuko untuk pempek.

Kalau versi jualan menggunakan daging ayam dengan tambahan bakso dan banyak tepung, cobain deh, resep a la Masak Apa Hari Ini (MAHI). Hanya menggunakan daging ayam dengan tambahan sayur dan sedikit tepung untuk mengikat adonan.

Dengan begitu tekstur dan cita rasa adonan jadi lebih gurih dan juicy. Bukan cuma untuk camilan, gorengan yang mirip egg roll ini juga cocok dijadikan lauk dan bekal si kecil.

Untuk sayurannya, kamu juga bisa menggunakan jamur-jamuran, buncis, atau zucchini. Saat membentuk, pastikan menggulung kulit sambil dipadatkan supaya gorengan ini tidak berongga atau longgar. Pastikan menutup sisi dan ujung lembaran kulitnya agar tidak pecah ketika digoreng.

Selain resep viral ini, coba juga hidangan ayam goreng sedap lainnya dari MAHI. Misalnya ayam goreng bawang putih, ayam chili padi, atau ayam koloke.

Bahan

6
Porsi

Adonan kulit ayam gohyong:

120
g tepung terigu
2
sdm tepung tapioka
½
sdt garam
1
butir telur
2
sdm margarin
250
ml air

Adonan isi ayam gohyong:

700
g fillet dada ayam
1
butir telur, kocok lepas
100
g wortel, cincang
2
sdm bawang goreng
3
siung bawang putih
1
sdt ngo hiong bubuk
5
sdm tepung tapioka
1
sdm minyak wijen
½
sdt merica putih bubuk

Larutan tepung, aduk rata:

3
sdm tepung terigu
6
sdm air

Saus:

200
ml air
4
sdm gula merah
1
sdm asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air
2
siung bawang putih, haluskan
1
sdt garam
10
buah cabai rawit hijau, iris

Cara membuat

1

Kulit: Aduk rata semua bahan adonan kulit hingga menjadi adonan yang mulus. Panaskan wajan datar antilengket di atas api kecil. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan. Masak hingga matang. Angkat dan sisihkan. Ulangi proses serupa pada sisa adonan hingga habis. Sisihkan.

2

Saus: Panaskan air bersama gula merah di atas api kecil hingga gula larut. Angkat. Tambahkan bawang putih, air asam jawa, dan garam. Diamkan hingga tidak panas. Tambahkan cabai rawit, aduk.

3

Isi: Masukkan daging ayam, wortel, dan bawang putih ke dalam chopper. Proses hingga hancur dan tercampur rata. Pindahkan ke dalam mangkuk. Tambahkan semua bahan isi lainnya termasuk Royco Saus Tiram dan Royco Kaldu Ayam, aduk rata.

4

Siapkan selembar kulit, letakkan adonan isi ke atasnya. Gulung sambil dipadatkan lalu gunakan larutan tepung sebagai lem supaya gulungan tertutup rapat. Susun berjarak di atas talenan. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.

5

Potong-potong gohyong dengan ketebalan 3-4 cm.

6

Goreng dalam minyak panas hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

7

Sajikan ayam gohyong dengan sausnya.

Produk

Kemasan 135 ml
Kemasan 135 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 275 ml
Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr