Resep Nasi Goreng Jawa Enak dan Praktis - MAHI

Resep Nasi Goreng Jawa, Makanan Rumahan yang Enak dan Praktis

Simpan ke bagian favorit

Untukmu yang sedang mencari menu rumahan yang praktis dan enak, resep nasi goreng Jawa ini wajib masuk ke dalam daftar. Yuk, intip resepnya!

45mnt
4 Porsi
Mudah
Dilla|April 27, 2022

Ah, resep nasi goreng Jawa! Salah satu menu makanan rumahan andalan yang kehadirannya selalu menggembirakan. Inilah resep yang jadi favorit mereka-mereka yang hobi masak di dapur. Mengapa? Karena dengan berbekal bahan-bahan sederhana yang selalu ada stoknya, kamu bisa menciptakan sebuah menu enak yang mudah dan cepat!

By the way, mungkin ada sebagian dari kamu yang bertanya-tanya, apakah yang menjadikannya disebut nasi goreng Jawa? Nah, mari bahas sedikit dulu sebelum mulai masak, ya!

Rahasia Kelezatan Resep Nasi Goreng Jawa

Bisa dibilang, standar nasi goreng Jawa adalah yang biasa kamu temui saat memesan dari abang-abang yang berkeliling dengan gerobak dan membunyikan suara “tek-tek” pada wajannya. Itulah asal mula istilah nasi goreng tek-tek dan bisa diidentikkan dengan nasi goreng Jawa atau nasi goreng kampung. Amunisi utamanya adalah bumbu halus yang merupakan paduan rasa gurih, sedikit pedas, dan aromatik dari cabai merah, kemiri, bawang putih dan bawang merah, serta pastinya yang paling wajib adalah terasi. Inilah rahasia utama kelezatan resep nasi goreng Jawa!

Lantas tambahannya apa lagi? Sesederhana kol dan sawi hijau atau caisim juga bisa, kok. Umumnya ditambahkan juga bakso sapi, ayam suwir, serta tentunya telur orak arik. Terakhir, berikan dekorasi irisan mentimun dan tomat, maka nasi goreng Jawa siap dinikmati! Karena begitu mudah diolah, jadi mulai sekarang, tak perlu selalu menanti abang-abang nasi goreng tek-tek dengan penuh pengharapan, ya. Kamu bisa, kok, memasaknya sendiri di rumah!

Ide Menu Makanan Rumahan Lainnya

Untuk menambah kemeriahan makan malam di rumah, kamu juga wajib mencoba resep-resep berikut selain resep nasi goreng Jawa di lain kesempatan!

1. Ayam kemangi goreng

Salah satu protein hewani yang cepat matang dan praktis diolah adalah daging ayam. Agar rasanya tidak membosankan, kamu bisa mencoba resep ayam kemangi goreng satu ini. Wangi kemangi memberikan sensasi segar yang berbeda dari ayam goreng biasanya. Kabar baiknya, proses membuatnya tidak butuh waktu lama. Menu makanan rumahan ini juga cocok dibuat oleh pemula!

2. Capcay sayur

Hidangan di meja tak lengkap tanpa sayuran. Kamu bisa memilih resep capcay sayur yang cukup mudah dibuat oleh pemula sekalipun. Hanya memerlukan beberapa jenis sayuran seperti wortel, kembang kol, buncis, dan brokoli. Menumisnya pun tak butuh waktu lebih dari 30 menit. Tambahkan bakso atau suwiran ayam untuk menambah rasanya.

3. Semur tahu

Jika kamu lebih memilih protein nabati, tahu jadi jawaban yang tepat. Tak hanya mudah didapatkan, tahu juga cukup fleksibel diolah menjadi ragam masakan. Salah satunya resep semur tahu ini. Secara garis besar, ada dua langkah pembuatan semur tahu. Pertama, goreng tahu terlebih dahulu. Selanjutnya tumis bumbu, tuangkan air, dan masukkan tahu serta topping lainnya. Semur tahu pun siap dalam waktu sekitar 30 menit saja. Praktis, bukan?

Demikian tiga menu makanan rumahan yang cepat dibuat tapi punya rasa yang tak kalah dengan menu restoran. Makanan yang dibuat di rumah tentunya lebih mudah untuk diawasi kebersihannya dan kandungan nutrisinya. Masih ingin mencoba menu makanan rumahan lainnya dan makanan khas Malang? Coba cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

  • 700 g nasi putih
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 150 g filet dada ayam, kukus hingga matang, suwir
  • 4 buah tomat, iris melintang
  • 150 g mentimun, iris serong
  • 10 buah bakso sapi, iris
  • 100 g kol putih, iris kasar
  • 100 g sawi hijau, potong 2 cm
  • 2 batang daun bawang, iris
  • 1 sdm garam
  • 5 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 4 buah cabai merah
  • 10 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 sdt terasi, bakar

Pelengkap

  • Bawang merah goreng
  • Kerupuk

Cara membuat

nasi goreng jawa orak arik
1

Panaskan 1 sdm minyak, masukkan telur. Buat telur orak arik. Angkat. Sisihkan.

nasi goreng jawa tumis bumbu
2

Panaskan sisa minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging ayam dan bakso, aduk rata.

nasi goreng jawa kecap
3

Masukkan nasi putih, bumbui dengan garam, Royco Kaldu Ayam, dan Bango Kecap Manis Hitam Gurih, aduk hingga rata.

nasi goreng jawa masuk sayur
4

Tambahkan kol, sawi, dan daun bawang, masak sambil diaduk terus hingga sayuran layu dan berasap. Tambahkan telur, aduk. Angkat.

nasi goreng jawa produk
5

Sajikan nasi goreng bersama tomat, mentimun, dan pelengkap.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.