Resep Nasi Goreng Jawa - MAHI

Resep Nasi Goreng Jawa, Menu Makanan Rumahan yang Enak dan Praktis

Simpan ke bagian favorit

Untukmu yang sedang mencari menu rumahan yang praktis dan enak, resep nasi goreng Jawa ini wajib masuk ke dalam daftar. Yuk, intip resepnya!

45mnt
3 Porsi
Mudah
Dilla|Januari 8, 2019

Resep nasi goreng Jawa merupakan salah satu menu makanan rumahan yang jadi andalan di kala para ratu dapur sedang tak punya waktu memasak atau tak punya bahan masakan di kulkas. Bahan-bahannya yang sederhana dan hampir selalu ada di setiap rumah membuat resep nasi goreng ini sangat mudah diaplikasikan kapan saja.

Sebagai masakan nasional kita yang dinikmati jutaan orang setiap harinya, tentunya perlu juga untukmu mengetahui resep nasi goreng Jawa yang satu ini. Sajian ini bakal melengkapi segala perbendaharaan kuliner nasi goreng yang selama ini telah kamu kumpulkan untuk dinikmati sehari-hari di rumah!

Praktisnya nasi goreng Jawa

Berbekal bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan, nasi goreng Jawa adalah solusi dari masalah lapar kamu – khususnya ketika malam datang menjemput. Betul, bisa jadi banyak tukang nasi goreng berseliweran di berbagai penjuru kompleks perumahanmu – tapi tidak ada yang mengalahkan hasil masak sendiri. Terlebih lagi ketika bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Protein yang dibutuhkan adalah ayam dan bakso sapi. Lengkapi kebutuhan seratmu dengan menambahkan kol dan caisim. Aduk semua agar bersatu dengan bumbu halus dan telur. Terakhir, cukup tambahkan Bango Kecap Manis, garam, merica, dan sedikit kecap asin.

Menu makanan rumahan lezat lainnya

Kapan-kapan jangan lupa coba menu makanan rumahan praktis lainnya. Mulai dari protein hewani hingga sayuran, tiga menu berikut bisa kamu coba di dapurmu!

1. Ayam kemangi goreng

Salah satu protein hewani yang cepat matang dan praktis diolah adalah daging ayam. Agar rasanya tidak membosankan, kamu bisa mencoba resep ayam kemangi goreng satu ini. Wangi kemangi memberikan sensasi segar yang berbeda dari ayam goreng biasanya. Kabar baiknya, proses membuatnya tidak butuh waktu lama. Menu makanan rumahan ini juga cocok dibuat oleh pemula.

2. Capcay sayur

Hidangan di meja tak lengkap tanpa sayuran. Kamu bisa memilih resep capcay sayur yang cukup mudah dibuat oleh pemula sekalipun. Kita hanya memerlukan beberapa jenis sayuran seperti wortel, kembang kol, buncis, dan brokoli. Menumisnya pun tak butuh waktu lebih dari 30 menit. Tambahkan bakso atau suwiran ayam untuk menambah rasanya.

3. Semur tahu

Jika kamu lebih memilih protein nabati, tahu jadi jawaban yang tepat. Tak hanya mudah didapatkan, tahu juga cukup fleksibel diolah menjadi ragam masakan. Salah satunya resep semur tahu ini. Secara garis besar, ada dua langkah pembuatan semur tahu. Pertama, goreng tahu terlebih dahulu. Selanjutnya kita tumis bumbu, tuangkan air, dan masukkan tahu serta topping lainnya. Semur tahu pun siap dalam waktu sekitar 30 menit saja. Praktis, bukan?

Demikian tiga menu makanan rumahan yang cepat dibuat tapi punya rasa yang tak kalah dengan menu restoran. Makanan yang dibuat di rumah tentunya lebih mudah kita awasi kebersihannya dan kandungan nutrisinya. Masih ingin mencoba menu makanan rumahan lainnya dan makanan khas malang? Coba cek Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak. Jangan lupa juga untuk follow dan like, ya!

Bahan-bahan

Bahan

  • 1600 g nasi putih
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 buah daging paha ayam atas bawah, potong agak tipis
  • 6 buah bakso sapi, iris
  • 5 lembar kol, buang tulang, iris kasar
  • 6 batang caisim, potong 3 cm
  • 1 sdt garam
  • sdt merica putih bubuk
  • 2 batang daun bawang, iris miring
  • 2 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 3 siung bawang putih, goreng
  • 4 butir kemiri, goreng
  • 6 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah besar
  • 5 butir ebi

Cara membuat

1

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan telur di tengah wajan. Aduk sampai berbutir.

2

Masukkan ayam, aduk hingga matang. Masukkan bakso sapi, aduk sebentar. Tambahkan kol dan caisim. Aduk sampai setengah layu.

3

Masukkan nasi. Aduk-aduk. Tambahkan Bango Kecap Manis, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, garam, dan merica. Aduk sampai matang.

4

Masukkan daun bawang. Aduk rata. Sajikan.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.