Resep Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan - MAHI

Resep Asem-Asem Bandeng, Sajian Khas dari Kota Lamongan

Simpan ke bagian favorit

Satu lagi masakan khas Lamongan yang kamu harus coba yaitu resep Asem-Asem Bandeng yang menggugah selera. Simak cara masaknya berikut ini!

1jam
4 Porsi
Mudah
Rian Farisa|Juli 5, 2022

Kota Lamongan punya potensi kuliner yang cukup besar. Tak hanya Soto Lamongan saja, kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini juga punya segudang suguhan lainnya yang tak kalah istimewa. Kapan-kapan Masak Apa Hari Ini akan jajal semua, tapi sekarang, kamu perlu coba yang namanya resep Asem-Asem Bandeng. Begitu khas, rasanya unik dan lezat, serta mudah untuk diolah. Tapi sebelum memasak, simak cerita ini dulu, ya!

Kenalan Dulu dengan Masakan Khas Lamongan

Dulu mungkin ada sebagian di antara kamu yang suka menyempatkan ke kota Lamongan dalam perjalanan menuju Surabaya. Kalau sedang tour de Java saat mudik atau liburan, pasti pilihan rutenya ada tiga; utara, tengah, atau selatan. Kalau dari Jakarta, umumnya pasti lewat utara, bukan? Dari Semarang, kamu akan menapaki kota Demak, Kudus, Rembang, lalu masuk ke Jawa Timur dan berjumpa dengan Tuban dan Lamongan. Bagi yang lewat tengah atau selatan, pastinya peer lagi, deh, untuk sengaja ke memutar ke utara menuju kota ini.

Sayangnya sekarang sudah tersedia jalur tol mulus lancar dari Jakarta dan melewati rute tengah, sehingga kamu bisa tiba di Surabaya dalam hitungan kurang dari 12 jam. Tapi buat pencinta kulineran atau yang gemar pelesir mencoba tempat wisata dimanapun, pesona kota Lamongan nggak main-main, lho. Dipastikan kalau kamu ke sini, tidak akan lagi, deh, menyebut masakan khas Lamongan hanyalah Soto atau resep Asem-Asem Bandeng berikut ini. Di kota ini kamu akan berkenalan dengan Sego Boranan, atau nasi campur dengan bumbu merah dan ikan sili yang khas serta aneka lauk lainnya.

Kemudian ada juga Pecel Lele dan Tahu CampurYa, kamu tidak salah dengar karena rupanya kedua masakan merakyat ini punya akar sejarah dari Lamongan. Dan masih banyak lagi suguhan dari Kota Soto ini, dari camilan hingga minuman segar. No spoiler dulu, ya! Lebih baik kamu sempatkan main-main ke sana, deh.

Trik Memilih Ikan untuk Resep Asem-Asem Bandeng

Dari segi pengolahannya, resep yang satu ini terbilang mudah dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Jadi, buat kamu yang baru-baru saja hobi main di dapur, resep Asem-Asem Bandeng adalah satu masakan lokal yang praktis dan patut dicoba. Namun agar dapat dipastikan hasilnya lebih maksimal, maka satu trik yang paling penting adalah memastikan bahwa ikan bandeng yang kamu pilih haruslah segar dan berkualitas.

Pertama yang perlu kamu cek adalah baunya. Terciumnya bau tanah bukan berarti ikan tidak segar, hanya saja mungkin ada dari kamu yang tidak menyukainya. Meskipun bisa diakali, tapi lebih mudah untuk mencari yang tidak bau. Faktor kesegaran baru bisa dibuktikan saat kamu memeriksa kondisi insang maupun mata ikannya. Kondisi matanya yang masih menonjol dan insang yang masih merah adalah tanda ikan masih segar. Baru setelahnya kamu bisa memeriksa sisiknya yang masih mulus serta warna ikan yang masih terlihat segar serta dagingnya masih elastis.

Maka dengan demikian, kamu sudah siap mengolah resep Asem-Asem Bandeng yang istimewa. Lengkapi dengan bahan-bahan lainnya dan sajikan sebagai masakan spesial untuk keluarga di akhir pekan nanti. Selamat mencoba resepnya!

Bahan-bahan

  • 2 ekor (@300 g) ikan bandeng, siangi, potong 2 bagian
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1 L air
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 1 sdm asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air panas
  • 3 buah tomat hijau, potong 4 bagian
  • 1 buah tomat merah, potong 4 bagian
  • 100 g kemangi, ambil daunnya
  • 3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, iris
  • 3 cm kunyit
  • 1 sdt garam

Cara membuat

resep asem-asem bandeng lumur
1

Lumuri bandeng dengan air jeruk nipis. Sisihkan.

resep asem-asem bandeng rebus
2

Rebus air dalam panci di atas api sedang. Sisihkan.

resep asem-asem bandeng bumbu halus
3

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Tuang ke dalam panci berisi air.

resep asem-asem bandeng cabai
4

Tambahkan cabai rawit, belimbing wuluh, cabai merah, asam jawa, Bango Kecap Manis, dan Royco Kaldu Ayam. Masak sambil diaduk hingga mendidih.

resep asem-asem bandeng masak
5

Masukkan bandeng dan tomat. Masak hingga bandeng matang dan airnya sedikit menysut. Tambahkan daun kemangi, masak sebentar hingga layu. Angkat.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.