Cara Membersihkan Ikan Segar Untuk Pemula | MAHI

Cara Membersihkan Ikan Segar Buat Pemula yang Mudah Untuk Dicoba

Simpan ke bagian favorit

Valentina|Juni 6, 2022

Sering membeli ikan segar di supermarket atau market place secara online? Kamu yang biasa membeli ikan dalam keadaan sudah siap olah mungkin belum tahu cara membersihkan ikan sendiri. Bila berbelanja di pasar ikan segar atau pasar tradisional seringkali ikan segar dijual dalam keadaan utuh atau bagian insang dan isi perutnya masih berada dalam ikan. Supaya jadi lebih jago di dapur, kamu wajib baca artikel cara membersihkan ikan segar ini. Siapa tahu suatu saat kamu akan mendapati ikan segar yang belum dibersihkan.

Tips dan Cara Membersihkan Ikan Segar Lebih Mudah 

Sebelum kita membahas tentang cara membersihkan ikan, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat membeli ikan air laut atau air tawar. Pilih ikan segar yang ditandai dengan mata ikan yang bening, cembung, dan tidak kusam. Ketika disentuh, tekstur daging ikan kenyal dan tidak lembek. Begitu juga dengan bagian insang segar dan tidak kehitaman. Untuk ikan bersisik, kulit sisiknya masih utuh dan mengilap. Setelah mendapat ikan segar, yuk, kita bahas cara menyiangi protein hewani ini!

Siapkan pisau tajam dan talenan plastik. Pisau yang tajam akan memudahkan kamu untuk menyiangi ikan sekaligus memotong bagian badannya. Terutama saat memotong sirip dan bagian tulangnya. Pilih jenis pisau yang bentuk bilahnya memanjang  yang memudahkan kamu mengikis sisik, membelah perut ikan, dan memotong sirip. Sementara fish fillet knife membantu kamu lebih mudah bila hanya ingin mengambil bagian dagingnya saja. Bersihkan ikan di atas talenan berbahan plastik yang cenderung mudah dibersihkan.

Potong sirip ekor, sirip dada, dan sirip punggung. Hati-hati dalam memotong bagian tersebut karena dapat melukai tangan. Potong di bagian paling ujung atau bagian paling dekat dengan bagian badan ikan. Lakukan hal ini lebih dulu sebelum yang lain supaya sirip tak melukai tangan saat kamu menyisik atau membelah bagian perut ikan. Bisa juga menggunakan gunting dapur yang memudahkan kamu menggunting sirip di bagian dada dan punggung.

Menggunting sirip ikan.
Awali tahap cara membersihkan ikan dengan menghilangkan siripnya. (Foto: Shutterstock)

Keluarkan insang dari dalam kepala ikan. Buka kepala bagian penutup insang dan keluarkan insang dari dalamnya dengan cara menarik menggunakan jari tangan. Buang, kemudian cuci bagian dalamnya di bawah air mengalir.

Buang sisik ikan dengan salah satu tangan menahan di bagian ekor ikan. Kikis sirip menggunakan pisau dari bagian bawah atau dekat ekor ke arah kepala ikan. Miringkan pisau agar lebih mudah menjangkau sisik ikan. Kikis dengan ujung pisau bila masih ada sisik yang menempel di bagian pinggiran badan ikan.

Ikan dibuang sisiknya menggunakan pisau.
Posisi tangan saat proses membuang sisik ikan. (Foto: Shutterstock)

Buang isi perut ikan dan cuci bersih. Belah memanjang bagian bawah perut ikan kemudian keluarkan isi perutnya. Pastikan mengeluarkannya sekaligus agar kantung empedu tidak pecah dan justru membuat bagian perutnya jadi pahit. Cuci bersih di bawah air mengalir hingga ke bagian dalam perut ikan sambil dibersihkan sisa-sisa perut ikan yang masih menempel.

Salah satu tahap cara membersihkan ikan.
Belah bagian bawah perut untuk mengeluarkan isinya. (Foto: Shutterstock)

Lumuri ikan dengan air jeruk lemon atau air jeruk nipis. Bukan hanya untuk menyamarkan aroma khas ikan, melumuri dengan jeruk lemon atau jeruk nipis juga membuat cita rasa daging jadi lebih segar. Tambahkan garam, bawang putih halus, dan ketumbar bubuk bila ikan tersebut akan dikukus, digoreng, atau dibakar.

Nah, nggak susah kan, mempraktikkan cara membersihkan ikan segar a la Masak Apa Hari Ini? Coba praktikkan di rumah sebelum kamu memasak ikan bandeng bakar, pepes ikan mas, atau gurame saus asam manis.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.