Telur dadar tebal dalam piring saji putih

Cara Membuat Telur Dadar Tebal Gurih dan Matang Merata

Cara membuat telur dadar tebal yang gurih sekaligus trik supaya matang merata. Sajikan sebagai lauk praktis untuk sarapan, makan siang, atau ide bekal.
Telur dadar tebal dalam piring saji putih
Valentina Limbong | Feb 19, 2024

Ingin tahu cara membuat telur dadar tebal yang gurih dan matang merata? Yuk, baca artikel ini sebelum kamu memasak telur dadar tebal kesukaanmu! Lauk praktis seperti telur yang dimasak dengan cara di goreng sedikit minyak ini selalu jadi jawaban kalau sedang malas memasak. Cocok disajikan sebagai menu sarapan kilat atau bekal praktis.

Tips Membuat Telur Dadar Tebal Gurih dan Matang Merata

Salah satu kendala saat memasak lauk yang juga populer di dapur Minang ini adalah permukaannya sudah kecokelatan tapi bagian dalamnya masih basah. Agar lauk sederhana ini sesuai ekspektasi kamu, sebaiknya kamu membaca beberapa tips di bawah ini.

  1. Pastikan wajan benar-benar panas sebelum dituang telur supaya tidak lengket.
  2. Tuang telur, lalu kecilkan api. Bila terlalu panas, permukaan telur cenderung kecokelatan di luarnya tetapi bagian dalam masih basah.
  3. Saat dituang, masak selama beberapa detik, kemudian telur dapat diorak-arik sedikit. Cara ini membuat bagian dasar telur sudah matang ‘bergantian’ dengan bagian tengah. Dengan begitu telur jadi lebih cepat matang.
  4. Pilih wajan atau deep fry wok untuk mendapat tekstur tebal yang juga mudah matang dan mudah dibalikkan.
  5. Tambahkan Royco Kaldu Ayam ke dalam telur kocok supaya hasil akhirnya jadi lebih gurih dan lezat.
  6. Untuk membuat telur dadar versi crispy, gunakan volume minyak yang lebih banyak.

Yuk, segera praktikkan cara membuat telur dadar tebal ini untuk lauk hari ini! Selain jadi teman nasi putih, sajikan lauk praktis ini untuk pendamping nasi uduk, nasi goreng, mie goreng, atau nasi kuning.

Untuk inspirasi olahan telur a la Masak Apa Hari Ini lainnya, coba juga resep telur gulung sosis, martabak tahu telur, telur gulung, dan tumis telur tomat.

Bahan

2
Porsi

4
butir telur ayam
1
batang daun bawang, iris halus
5
butir bawang merah, iris tipis
2
buah cabai merah besar, cincang
½
sdt merica putih bubuk
5
sdm minyak

Cara membuat

1

Kocok lepas telur ayam bersama Royco Kaldu Ayam dan merica putih bubuk.

2

Masukkan daun bawang, bawang merah, dan cabai merah, aduk rata.

3

Panaskan wajan dadar atau fry pan ukuran 16 cm, tuang minyak.

4

Tuang telur, biarkan selama sekitar 10 detik, aduk bagian bawahnya supaya telur kocok yang masih mentah turun ke dasar wajan.

5

Kecilkan api, biarkan hingga telur setengah matang. Saat bagian dasar telur sudah cukup matang dan bisa dibalikkan. Balikkan telur, masak hingga telur matang. Angkat dan sajikan.

Produk

Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr