Telur crispy enak di atas piring saji bulat.

Resep Telur Crispy Enak dan Ekonomis, Menu Hemat Untuk Tanggal Tua

Untuk masakan hemat selepas liburan, Masak Apa Hari Ini punya resep telur dadar crispy yang gurih dan enak. Selain ekonomis, cara membuatnya juga mudah dan tentu saja bahan-bahannya hampir selalu tersedia di kulkas.
Telur crispy enak di atas piring saji bulat.
Valentina Limbong | Jan 03, 2024

Ingin menu yang lebih murah tapi enak selepas liburan Tahun Baru? Yuk, coba resep telur crispy ini di rumah! Telur dadar yang digoreng dalam minyak banyak hingga garing ini memang bikin nagih apalagi kalau disantap bareng nasi hangat. Cocok banget buat kamu yang lagi cari masakan murah meriah untuk berhemat.

Cara Membuat Telur Crispy, Gurih, dan Sedap

Supaya lebih pede bikin telur dadar yang garing di bagian luarnya dan matang hingga ke bagian dalamnya, simak tips ini, ya! Proses mencampur adonan, suhu minyak, hingga menggoreng punya peran penting untuk menghasilkan telur dadar tebal namun garing. Pastikan kamu membaca beberapa langkahnya.

  1. Tambahkan tepung terigu ke dalam adonan telur untuk membuat telur lebih ‘kokoh’ dan teksturnya garing. Menambahkan sedikit tepung juga dapat membantu telur dadar mudah dibalikkan.
  2. Beri tambahan bahan lain yang dapat menambah rasa seperti bawang merah, daun bawang, bawang bombay, cabai, atau bahan lainnya. Selain sebagai penambah rasa jadi lebih sedap, bahan ini juga membuat tekstur telur jadi lebih kaya.
  3. Jangan lupa tambahkan Royco Kaldu Ayam untuk membuat telur garing ini jadi lebih gurih dan lezat.
  4. Agar lebih mudah dan hasilnya crispy, gunakan wajan atau deep wok untuk memasak telur dadar keriting ini. Bentuk wajan yang dalam atau cekung memudahkan proses membalikkan telur dan juga menghemat minyak.
  5. Gunakan minyak banyak dalam wajan yang cukup untuk membuat telur tergenang. Volume minyak yang cukup fungsinya untuk menghasilkan bagian pinggiran telur yang crispy atau garing.
  6. Pastikan minyak benar-benar panas sebelum menuang telur ke dalamnya untuk membuat telur kocok menjadi ‘bersarang’ dan hasil akhirnya garing.
  7. Masak telur hingga setengah matang atau cukup menyatu dan mudah dibalikkan.

Siapkan segera bahan resep telur crispy yang sederhana ini, ya! Bila suka lebih pedas, kamu bisa menambahkan jumlah cabai rawitnya. Selain disantap bareng nasi hangat, telur dadar tebal garing ini cocok menemani berbagai hidangan nasi goreng kesukaan. Untuk inspirasi olahan telur a la Masak Apa Hari Ini lainnya, kamu juga bisa mencoba resep martabak telur, telur pindang, dan tumis telur tomat.

Bahan

2
Porsi

3
butir telur
2
siung bawang putih, cincang
5
butir bawang merah, iris tipis
3
buah cabai rawit merah, iris
½
batang daun bawang, iris tipis
1
sdm tepung terigu
½
sdt merica putih bubuk
Minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

1

Kocok lepas telur, lalu masukkan tepung terigu, Royco Kaldu Ayam, dan merica, kocok hingga tepung larut.

2

Tambahkan bawang putih, bawang merah, cabai, dan daun bawang, aduk.

3

Panaskan minyak banyak dalam wajan penggorengan atau wok pan di atas api sedang.

4

Tuang setengah bagian telur ke dalam minyak panas. Biarkan hingga campuran membentuk seperti sarang.

5

Saat bagian bawahnya sudah matang dan berubah warna, balikkan telur. Goreng hingga garing. Angkat dan tiriskan. Ulangi proses serupa untuk telur kedua. Sajikan.

Produk

Kemasan 8 gr
Kemasan 8 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 100 gr
Kemasan 230 gr
Kemasan 230 gr