Resep Tempe Mendoan Bumbu Kecap, Kudapan Sedap untuk Berbuka Puasa

Gorengan apa lagi ya yang kurang waktunya menikmati kudapan nanti? Bisa jadi resep tempe mendoan bumbu kecap yang satu ini malah yang belum. Yuk simak videonya dan kita buat bersama untuk buka puasa!

30mnt
4 Porsi
Mudah
Wina|Mei 20, 2018

Kehidupan orang Indonesia tak bisa lepas dari jajanan kaki lima. Mulai dari sekitar tempat tinggal sampai perkantoran di kota besar, jajanan kaki lima pasti menghiasi setiap sudutnya. Mau tahu jajanan yang sudah menjadi identitas orang Indonesia? Jawabannya adalah gorengan. Untuk menemani hidangan berbuka nanti, aku bagikan resep tempe mendoan bumbu kecap berikut.

Gorengan, mendengar namanya saja air liur sudah siap menetes. Wajar, aku orang asli Indonesia, jadi kegemaran terhadap gorengan sudah mendarah daging sedari kecil. Baik dari Aceh sampai Merauke, semuanya disatukan dengan kecintaan akan gorengan. Apa pun jenisnya, gorengan paling nikmat dimakan panas-panas setelah diangkat dari penggorengan.

Gorengan umumnya berbahan dasar pisang, ubi, tempe, tahu, hingga nangka. Setiap orang punya ‘jagoannya’ masing-masing untuk hal yang satu ini. Misalnya, pisang goreng adalah pilihan klasik dan wajib untuk cemilan di kantor. Rasa pisang yang manis dipadu dengan adonan tepung terigu yang gurih. Disantap bersama segelas teh manis hangat, rasanya tidak akan cukup makan satu buah.

Selain pisang goreng, tempe goreng juga menjadi pilihan wajib yang cocok dimakan bersama cabai rawit atau dicocol kecap manis. Di kota-kota besar, pedagang gorengan biasanya menjual tempe mendoan sebagai alternatif selain tempe goreng biasa. Dalam bahasa Jawa, kata “mendo” berarti “setengah matang”. Karenanya, tekstur tempe mendoan cenderung basah dan kulitnya sedikit garing. Secara bentuk, tempe mendoan lebih tipis dan lebar jika dibandingan dengan tempe goreng biasa.

Bingung mau menghidangkan apa untuk menu berbuka nanti? Resep tempe mendoan bumbu kecap ini bisa menjadi pilihan yang pas! Hidangkan bersama sambal kecap pedas, sup ayam, dan ikan goreng. Tidak repot kok, hanya perlu mencelup lembaran tempe mendoan ke dalam adonan tepung dan digoreng selama beberapa menit saja. Jika ingin kulit yang lebih garing, goreng tempe sedikit lebih lama saja.

Bahan-bahan

Royco Kaldu Rasa Ayam
Yang diperlukan:
Royco Kaldu Ayam
Lihat produk
Kecap Bango Manis
Yang diperlukan:
Bango Kecap Manis
Lihat produk

Bahan utama

  • 400 gram tempe, iris agak tipis dan beri keratan
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 sdm tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 400 ml air

Bahan kari ayam

  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 cm kencur

Bahan bumbu halus

  • 3 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat, iris dadu
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis

Cara membuat

Tempe Mendoan Bumbu Kecap
1

Lumuri potongan tempe dengan bumbu halus dan biarkan meresap selama 10-15 menit.

Tempe Mendoan Bumbu Kecap
2

Campur tepung terigu, tepung tapioka, daun bawang dengan air hingga rata.

Resep Tempe Mendoan Bumbu Kecap
3

Lapisi potongan tempe dengan adonan, masak di dalam wajan berminyak panas hingga setengah matang.

resep tempe mendoan bumbu kecap
4

Hidangkan dengan Kecap Bango Manis Pedas Gurih.

Lengkap sudah koleksi gorengan untuk berbuka puasa. Karena tempe mendoan selalu istimewa, pasti aku jamin bakal lebih cepat habis. Supaya cukup untuk semua, siapkan saja lebih banyak.

Kapan-kapan kamu juga bisa mencoba sajian-sajian pendamping tempe mendoan. Misalnya saja meniran yang gurih ataupun arem-arem yang diisikan dengan sayur dan daging cincang. Selain cocok dengan sambal kecap bisa juga kamu coba bereksperimen dengan sambal kacang. Wah, alamat lupa makan nasi nih ketika buka puasa. Maklum, perut sudah keburu kenyang dengan kudapan saja!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.