Mengenal Arti dan Manfaat dari Air Mineral Dalam Keseharian Kita

Simpan ke bagian favorit

Tim MAHI|November 30, 2018

“Saya pesan air mineral saja”. Begitu sahutnya kita saat mendatangi sebuah restoran dan memesan minuman di kala kita tidak menginginkan selain air. Tapi tahukah bahwa sebetulnya ada arti yang lebih mendalam dari hanya sebuah frase “air mineral”? Perlu dipahami tentunya bahwa air yang satu ini sejatinya berbeda dengan air putih biasa. Nah, berikut Tim MAHI ingin bercerita lebih lanjut.

Arti dari air mineral

“Mau pilih yang still atau sparkling?”, tanya sang waiter. Jawabannya tentu sesuka kita, tapi tentunya air begitu segar rasanya diminum dalam keadaan dingin. Ingin ada rasa yang lebih nyes? Pilihlah opsi sparkling yang berkarbonasi.

air mineral dituangkan ke gelas
Air mineral banyak manfaatnya untuk kesehatan. (Foto: Shutterstock)

Diartikan dengan frase ini yaitu karena berasal dari mata air yang mengandung berbagai mineral. Sejak dahulunya, mata air ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai sumber air minum, namun juga sebagai pemandian. Kandungan mineral inilah yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tapi tentunya, tidak sembarang air yang mengandung mineral ini langsung dilabeli begitu saja dengan frase “air mineral”. Asosiasi makanan dan obat-obatan di Amerika Serikat lebih jauh memberikan ukuran tersendiri mengenai hal tersebut.

Bermanfaat untuk kesehatan

Kandungan mineral yang terdapat dalam air ternyata bermacam-macam dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Berbagai macam mineral bermanfaat ini juga dapat ditemukan dalam makanan. Hanya saja terkadang kita tidak selalu mendapati dalam jumlah cukup. Kekurangan tersebut bisa didapatkan dari air bermineral dan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Berikut adalah di antaranya:

  • Klorida dan bikarbonat: Membantu memberikan keseimbangan pada sistem pencernaan
  • Zat besi: Membantu menghantarkan oksigen dalam sistem peredaran darah
  • Kalsium: Memperkuat tulang dan gigi
  • Magnesium: Memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh untuk relaksasi, dan menurunkan tekanan darah
  • Sulfat: Detoksifikasi tubuh

Selain ini, air mineral juga jelas bebas kalori dan membantu mengganti elektrolit dalam tubuh yang hilang setelah banyak beraktivitas. Menurut sebuah studi pada tahun 2004 bahkan menyebutkan kalau kandungan sodium dalam air mineral ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)!

Khusus untuk air yang mengandung silikon, satu studi menyebutkan bahwa ini bermanfaat untuk memperlambat penurunan kualitas kognitif bagi para penderita Alzheimer.

Kegunaan dari segi kuliner

Meski lebih lazim hanya digunakan sebagai air minum saja, ternyata ada juga satu penelitian mengenai penggunaan air mineral dalam kegiatan masak memasak. Studi ini menemukan bahwasanya memasak nasi dengan menggunakan air ini ternyata menjadikan nasi mengandung lebih banyak mineral ketimbang saat masih menjadi beras. Kandungan mineral yang naik di antaranya adalah kalsium, magnesium, serta potassium.

Manfaatkan juga nasi yang nanti dibuat dengan cara ini untuk dimasak menjadi resep-resep seperti Nasi Lengko, Nasi Bakar Ayam, ataupun Nasi Uduk. Pasti menarik hasilnya!

memasak nasi dengan air mineral
Nasi yang dimasak akan menyerap mineral yang dibawa oleh air, menurut satu penelitian. (Foto: Shutterstock)

Meskipun demikian belum banyak studi lainnya yang dilakukan untuk melihat efek sesungguhnya dari penggunaan air mineral untuk memasak. Dapur-dapur di Barat masih lazim menggunakan air keran ataupun air putih pada umumnya. Untuk air putih yang netral memang lebih disarankan karena tidak merubah rasa pada makanan, sementara air keran memiliki kandungan klorin lebih tinggi ataupun air mineral yang bisa jadi memiliki rasa lebih masam. Tapi ada satu cara menarik untuk memanfaatkan air putih adalah dengan menjadikannya sebagai infused water yang menambah nilai sehatnya.

Tapi setidaknya di sini kita bisa memahami kalau air bermineral sejatinya baik untuk kesehatan dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Harganya bisa jadi lebih mahal, tapi tentunya terasa esensial bila sesekali kita bisa berinvestasi untuk menjaga kesehatan keluarga.

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.