5 Resep Ayam Goreng yang Sederhana Tapi Istimewa

Simpan ke bagian favorit

Wina|Februari 3, 2020

Mengolah ayam membutuhkan waktu yang cukup singkat dibandingkan daging sapi. Tak heran, jika ayam goreng masuk ke dalam daftar menu favorit para ibu di rumah. Namun, agar tak membosankan, tak ada salahnya kita berkreasi dalam mengolah bumbunya.

Ada beragam jenis variasi yang bisa kita pilih. Mulai dari dicampur tepung hingga tambahan lengkuas. Kamu bisa menyajikan sesuatu yang berbeda di rumah meski menggunakan bahan sehari-hari.

Berikut ini adalah lima rekomendasi resep untukmu!

1. Ayam Goreng Mentega

Meski sering hadir di restoran Chinese, ayam goreng mentega rupanya berasal dari peranakan Belanda. Mentega memang dibawa dari Eropa, meskipun banyak yang menggunakan margarin karena lebih terjangkau. Namun, beberapa sumber menyebut masakan dipopulerkan oleh seorang chef dari China.

Ciri khas sajian ini selain penambahan mentega adalah kehadiran kecap Inggris. Ditambah dengan kecap asin, kecap manis, dan merica membuat makanan ini cocok disantap dengan hidangan Chinese lainnya seperti cap cay ataupun tumisan sayur. Ikuti resep ayam mentega yang satu ini dan hidangkan untuk keluarga tercinta!

2. Ayam Goreng Tepung

Resep Ayam Goreng Crispy yang Tidak Bisa Dilewatkan
Resep ayam crispy yang tidak bisa dilewatkan. (Foto: MAHI)

Ayam goreng tepung juga tak kalah jadi favorit. Penambahan tepung yang crispy di bagian luar menyulap daging ayam jadi lebih spesial. Aygor tepung yang sering dijual di restoran fast food ini bisa kamu buat sendiri di rumah.

Biasanya, hidangan ini menggunakan ayam negeri agar dagingnya tebal dan empuk. Selain rasanya nikmat, masakan ini cukup ringkas untuk disantap. Untuk itu, kami merekomendasikan makanan ini untuk bekal atau acara kumpul keluarga. Resep ayam tepung ini bisa diikuti oleh pemasak pemula. Yuk, kita coba!

3. Ayam Goreng Lengkuas

ayam goreng lengkuas tersaji
Nikmatnya ayam dengan kremesan lengkuas. (Foto: MAHI)

Jika kamu menginginkan sajian yang lebih tradisional, ayam goreng lengkuas jawabannya. Ayam dengan parutan lengkuas yang crunchy punya rasa gurih. Tentunya sajian ini bakal susah ditolak!

Resep ayam lengkuas menggunakan bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Pilih ayam kampung atau ayam pejantan agar rasanya lebih gurih. Sajikan olahan ayam ini selagi hangat bersama nasi putih dan sambal.

4. Ayam Goreng Kremes

Selain parutan lengkuas, kita juga bisa menggunakan campuran tepung terigu dan bumbu spesial lainnya sebagai kremesan. Populer disajikan di rumah makan, kamu juga bisa menyajikan menu ini di rumah.

Cara membuat ayam goreng kremes tak jauh berbeda dengan ayam lengkuas. Kita menggunakan kunyit, bawang putih, dengan tambahan kemiri, serai, daun salam, dan jahe. Sisa bumbu ungkep ayam tersebut kita aduk dengan terigu, lalu goreng sebagai kremesan. Simak resep ayam kremes yang mudah diikuti ini!

5. Ayam Goreng Kalasan

Pada dasarnya ayam goreng kalasan menggunakan bumbu kuning seperti pada umumnya. Sajian yang berasal dari daerah Kalasan dekat Klaten ini menggunakan racikan kunyit, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Ada pula yang mengungkep ayam kalasan menggunakan air kelapa agar rasanya lebih gurih.

Tak hanya digoreng, ayam kalasan juga bisa dipanggang. Dengan bumbu yang kurang lebih sama, ayam yang telah diungkep dengan bumbu kita panggang. Untukmu yang ingin berkreasi dengan sajian ini, resep ayam kalasan berikut bisa jadi andalanmu. Disajikan dengan sambal terasi dan nasi hangat, ayam kalasan siap menggoyang lidahmu.

Dengan aneka resep ayam di atas, hidangan ayam tak lagi monoton. Memasak dengan waktu ringkas,  bisa menghasilkan sesuatu yang istimewa untuk keluarga. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.