4 Aneka Olahan Daging Sapi Berkuah | Masak Apa Hari Ini?

4 Aneka Olahan Daging Sapi Berkuah Pelengkap Menu Idul Adha

Simpan ke bagian favorit

Rian Farisa|Juni 19, 2021

Tak hanya menu bakaran, hidangan-hidangan istimewa saat Idul Adha juga bisa berupa aneka olahan daging sapi berkuah. Dari gulai, tongseng, sop, dan macam-macam lainnya, Indonesia punya begitu banyak koleksinya. Sebagai masakan utama ataupun pendamping, menu berkuah selalu menggoda selera makan.

Tidak lupa tentunya, Idul Adha adalah momen yang tepat untuk berbagi. Setelah berkurban, bisa juga kita memasak yang istimewa tak hanya untuk keluarga, namun juga untuk tetangga serta mereka yang membutuhkan. Nah, ide apa saja nih untuk masakan berkuah dari daging sapi? Simak yang berikut ini, yuk!

1. Tongseng sapi tanpa santan, juara aneka olahan daging sapi berkuah

Tongseng sapi relatif mudah untuk dibuat. Mulai dari memilih kualitas daging yang baik, teliti dalam cara memasaknya, menyeimbangkan rasa kuahnya yang terdiri dari banyak bumbu, serta menambahkan Bango Kecap Manis yang legit. Hasilnya pasti tidak akan mengecewakan!

Bayangkan rasa daging yang telah meresap dengan bumbu dan kuah. Begitupun hadirnya bermacam sayur yang terdapat di dalam kuahnya. Wah, sudah tidak sabar lagi rasanya ingin memasak resep tongseng sapi tanpa santan ini untuk Idul Adha!

Bagaimana kalau kita bersama mencoba resep tongseng sapi ini?

2. Sop iga sapi, satu yang selalu menggugah selera

Meski mirip dengan sop buntut dari penampilan serta komposisinya, penggunaan iga memberikan sentuhan tersendiri yang berbeda. Sebagai bagian daging sapi yang memiliki harga tinggi, iga juga dikenal lezat dan juicy. Walaupun ada kesan sayang bila iga direbus begitu saja dan sepertinya lebih nikmati untuk dipanggang menjadi steak, tapi sop iga sarat akan nilai nostalgia sekaligus sakral sebagai makanan rumahan!

Setelah merebus iga hingga matang, siapkan kuah kaldu lezat dari Royco Kaldu Sapi serta berbagai potongan sayuran. Selanjutnya, bubuhkan sedikit Bango Kecap Manis dan jadi sudah hidangan istimewa untuk hari ini. Bagi kamu yang masih penasaran dengan berbagai jenis sop lainnya, jangan ragu mencoba resep sop konro ataupun sup ayam bening. Semuanya dijamin istimewa.

Nah, sekarang mari kita mempraktikkan resep sop iga sapi ini!

3. Buntut sapi kecap pedas, rasa lezat yang juga menantang

Berbeda dengan sup buntut pada umumnya namun tak kalah lezatnya. Dengan tambahan dua jenis jamur, secara penampilan dan rasa pastinya akan membuatmu penasaran!

Pertama-tama, olah terlebih dahulu jamur shiitake kering dengan direndam lama. Rebus buntut dan selebihnya kamu tinggal memasak bumbu dan kawan-kawannya. Tumis bawang dan jahe serta cabai kering hingga wangi. Tambahkan saus tiram bersama dengan jamur-jamurnya dan aduk rata hingga mendidih. Barulah terakhir bumbui dengan garam, merica, Bango Kecap Manis dan tambahkan buntut yang telah direbus tadi. Setelah matang, sajikan dengan pelengkap. Nikmat!

Cobain yuk resep buntut sapi kecap pedas untuk Idul Adha!

4. Semur hati sapi, tak kalah lezatnya dari daging

Bicara soal hati sapi, ini adalah bagian dari daging sapi yang perlu beberapa perhatian khusus. Pertama-tama, pilih hati sapi yang berwarna merah terang merata. Saat diraba, permukaan hati mulus tanpa ada benjolan. Tidak tercium aroma amis atau anyir yang menyengat dari hati.

Sebelum mengolahnya, sebaiknya kamu membersihkan hati sapi dengan air mengalir sampai darahnya hilang. Sebelum memasaknya dengan bumbu, kamu rebus terlebih dulu hati dengan daun salam dan jahe untuk meminimalisir aroma anyir. Rebus hati hingga setengah matang agar tidak cepat hancur saat dimasak kembali. Dimasak semur, tak kalah nikmatnya!

Inilah resep semur hati sapi untuk kamu coba!

Cukup lengkap bukan aneka olahan daging sapi berkuah untuk Idul Adha tahun ini? Jadikan momen istimewa ini untuk saling berbagi dan menikmati kebersamaan. Selamat mencoba!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.