5 Menu Masakan Padang yang Mudah Dibuat di Rumah - MAHI

5 Menu Masakan Padang yang Mudah Kamu Bikin Sendiri di Rumah

5 Menu Masakan Padang yang Mudah Kamu Bikin Sendiri di Rumah
Rian Farisa |
Favorit:
Sebarkan:

Suka makan nasi Padang? Ternyata, menu Masakan Padang juga bisa dimasak sendiri di rumah karena Masakan Minang bukanlah jenis masakan yang mustahil untuk dikuasai. Betul, memang ada sekian masakan yang memerlukan usaha ekstra, tapi ada macam-macam Masakan Padang yang mudah sekaligus istimewa untuk keluarga tercinta. 

So, sudah siap menjajal kebolehan di dapur? Mulai dulu dari resep-resep Masak Apa Hari Ini berikut!

Ide Menu Masakan Minang Praktis

Apa saja bahan yang perlu dipersiapkan untuk resep-resep rekomendasi MAHI kali ini? Ternyata semuanya mudah untuk didapat. Telur, daging sapi, dan daun singkong pasti bisa dengan mudah kamu temukan di supermarket terdekat, kan?  Setelah siap bahan-bahannya, sekarang langsung lanjut untuk masak, yuk! 

1. Resep telur balado

Apa saja menu rumah makan Padang yang wajib ada di meja makan? Salah satunya adalah telur balado. Sajian nikmat yang bisa disantap di segala suasana. Menu ini bisa ditemukan pada saat makan pagi sebagai ‘teman’ nasi uduk ataupun nasi kuning. Nasi berkat ataupun nasi Padang sekalipun bakalan kurang tanpa kehadirannya. 

Cara membuatnya juga mudah banget. Pertama, rebus telur terlebih dahulu hingga matang, lalu goreng agar kulitnya menjadi kekuningan. Terakhir, masak sebentar bersama bumbu balado pedas gurih yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Langkah lengkapnya, coba cek resep telur balado ini, yuk! 

2. Resep telur dadar Padang 

Dari sekian menu masakan Padang yang enak seperti ayam pop hingga rendang, pasti kurang rasanya tanpa kehadiran telur dadar khas Minang yang tebal-tebal empuk. Tak harus masakan Padang, karena aneka masakan rumahan juga bakal makin meriah dengan kehadirannya. Jadi, wajib hukumnya bagi kamu untuk bisa resep yang satu ini! 

Langkah membuatnya cukup simpel, tumis bumbunya terlebih dahulu dan kocok bersama telur bebek serta aneka bahan lainnya. Goreng telur hingga matang di semua sisinya dan sajikan. Potong-potong seperti layaknya menikmati satu loyang pizza.

Coba resep telur dadar Padang, yuk! 

3. Resep asam padeh daging

Apa saja lauk masakan Padang yang cocok diolah menggunakan ikan ataupun daging? Jawabannya adalah asam padeh daging dengan cita rasa pedas asam. Meski biasanya menggunakan ikan tongkol, ternyata versi daging sapinya tak kalah lezat! 

Untuk membuatnya, tumis dahulu bumbu halus yang terdiri atas bawang putih, bawang merah, cabai merah, kunyit, lengkuas, kemiri, dan jahe. Setelahnya, tambahkan daun jeruk dan asam kandis. Setelah harum, baru masukkan daging dan masak hingga kaku. Di tahap ini barulah tuangkan air dan masak dahulu hingga mendidih. Setelahnya bumbu dengan garam dan gula, lalu lanjut masak hingga daging empuk. Terakhir, baru tuang santan, masak hingga meresap, dan tambahkan tomat. Selesai, deh! 

Simak cara lengkap mengolah resep asam padeh daging, yuk! 

4. Resep kalio daging

Tahukah kamu bahwa gulai, kalio, dan rendang berasal dari resep yang sama? Yang menjadi perbedaan adalah durasi memasaknya. Setelah dimasak sekian waktu, namun masih menyisakan banyak kuah dan berwarna kemerahan, maka inilah yang disebut gulai. Bedanya dengan kalio adalah, dari hasil masakan gulai tadi, dimasak lebih lama lagi. Maka, daging akan terlihat lebih dari matang, tapi kuahnya mulai surut serta berminyak. Warnanya masih kecokelatan, tapi tekstur daging sudah lebih lembut. Jika kalio dimasak lebih lama dan jadi menghitam, barulah itu disebut rendang. 

Penasaran mencobanya? Inilah resep kalio daging khas Minang! 

5. Resep gulai daun singkong

Masakan khas Minang apa lagi, ya, yang akan melengkapi semua hidangan di atas meja makan? Kalau kamu penggemar sayur, berarti tidak boleh ketinggalan mencoba gulai daun singkong yang legendaris. Agar maksimal rasa nikmatnya, pilihlah daun singkong yang masih muda, petiki daunnya, dan rebus agar getahnya hilang. Saat memasaknya, kuah santannya tidak perlu terlalu kental agar masih terasa ringan dan tidak bersaing dengan masakan lainnya.  

Lengkap sudah, deh, makan-makan Padang seru di rumah! Coba resep gulai daun singkong-nya, ya! 

Wah, aneka masakan Padang tadi dijamin akan menyibukkan kamu di dapur dan hasilnya bakal bikin surprise semua anggota keluarga. Sebelum memasak, mampir-mampir juga ke akun Instagram Masak Apa Hari Ini dan temukan inspirasi dunia masak seru lainnya. Pastikan untuk follow dan like juga, ya!

Artikel terbaru