5 Makanan Sehat Para Atlet dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Simpan ke bagian favorit

Maddie|Agustus 27, 2018

Demi menjaga kebugaran, makanan sehat para atlet perlu dipertimbangkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tentunya kamu penasaran, apa saja makanan yang menjadi sumber gizi mereka agar tubuh tetap fit dan stamina tetap prima. Selain daftar makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak; para atlet juga gemar mengonsumsi makanan sehat ini untuk melengkapi kebutuhan gizi mereka. Inilah beberapa diantaranya:

Pisang

Selain mengandung karbohidrat, buah yang mengenyangkan ini membantu mengembalikan vitamin dan mineral yang hilang dalam tubuh setelah berolahraga. Pisang kaya akan potassium, mangan, dan vitamin B. Fungsi penting dari vitamin B adalah menumbuhkan energi dalam tubuh. Vitamin ini juga yang berjasa untuk menyembuhkan otot yang nyeri usai menguras keringat.

Kale

Sayuran hijau keluarga sawi ini sering didengungkan sebagai superfood karena begitu kaya manfaat – selain karena kandungan vitamin A, vitamin K, dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Kale juga mengandung anti oksidan, karoten, dan flavonoid yang sangat baik bagi tubuh. Meski sayuran ini belum mudah dijumpai di banyak tempat di Indonesia, kale kini dibudidayakan secara organik dan hidroponik. Selain dijadikan sebagai salah satu bahan salad, kale juga cocok dijadikan jus sayur.

makanan sehat para atlet
Kale sering disebut sebagai superfood. (Foto: Shutterstock)

Oatmeal

Olahan berbahan gandum ini selalu hadir dalam daftar ragam makanan sehat para atlet. Mereka kerap mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan atau makanan selingan. Biasanya bubur oatmeal disajikan bersama buah, dijadikan pudding, atau juga sebagai dessert sehat. Oatmeal berguna untuk menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal. Kaya serat dengan kandungan protein, magnesium, potassium, dan vitamin B1; oatmeal juga merupakan makanan kegemaran banyak atlet.

Chia Seed

Chia seed mengandung banyak serat, protein, antioksidan, dan lemak tak jenuh. Lebih penting lagi, chia seed juga bebas gluten dan baik untuk proses detoksifikasi karena kandungannya yang ampuh mengeluarkan racun dari empedu dan usus. Chia seed umum dijadikan bahan tambahan pada smoothies, overnight oatmeal, atau menambah tekstur pada roti atau kukis.

makanan sehat para atlet
Yuk, memasak makanan sehat dengan chia seed. (Foto: Shutterstock)

Yoghurt

Kalau ingin meniru camilan sehat atlet ini, hindari memilih rasa buah yang mengandung banyak gula ya! Di pasaran banyak terdapat yogurt dengan berbagai macam versi. Ada yang rasanya lebih creamy, rendah lemak, atau tanpa gula.  Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, yogurt bermanfaat untuk mencegah infeksi usus dan menghambat sel-sel kanker pada saluran pencernaan. Selain itu yogurt juga bisa mencegah darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hebat!

Artikel tersimpan di bagian favorit.
Artikel dibuang dari bagian favorit.